Tol Cisumdawu Dikebut, Pangkas Waktu Tempuh Bandung-Ketrajati Hanya Sejam

April 7, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pekerjaan jalan tol Cisumdawu untuk mengejar target operasional akhir tahun ini. Jalan tol ini akan menjadi kesatuan sehingga memudahkan akses kawasan seperti ke Bandara Kertajati hingga kawasan Rebana.

Pemerintah terus mengebut pekerjaan proyek infrastruktur jalan tol khususnya menjelang bulan puasa hingga hari raya Lebaran tahun ini. Salah satu proyek jalan tol yang menjadi prioritas yaitu pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat.

Jalan tol Cisumdawu memiliki panjang mencapai 60,1 km dan akan terkoneksi dengan jalan tol akses Bandara Kertajati. Jalan tol Cisumdawu ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021 ini dan akan menjadi akses utama untuk mendukung fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, semua pihak yang terlibat pada proyek infrastruktur ini harus terus meningkatkan koordinasi dan khususnya pembebasan lahan untuk penyelesaian proyek jalan tol ini sesuai dengan target akhir tahun 2021.

“Untuk masalah pembebasan lahan ini saya minta dikeroyok supaya progres konstruksi jalan tol ini bisa cepat bergerak. Konstruksi bisa bergerak cepat hanya kalau lahan sudah tersedia, saya sudah minta kepada Bina Marga untuk terus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang, Kementerian ATR/BPN, dan instansi lainnya,” ujarnya.

Terkait pembebasan lahan, mekanisme yang dilakukan telah sesuai prosedur dan bila terjadi ketidaksepakatan harga lahan maka akan ditetapkan oleh penilai independen dengan dilakukan konsinyasi atau titip uang ganti rugi di pengadilan.

Hingga saat ini, untuk Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 km progres konstruksinya telah mencapai 71,59 persen dengan progres lahan 97,74 persen. Seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,35 km konstruksinya telah mencapai 91,13 persen dengan capaian lahan 95,93 persen.

Seksi III dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen kemudian disusul Seksi IV Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km. Sementara Seksi V dari Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 km saat ini telah memulai pekerjaan site clearing dengan progres lahan masing-masing 39,71 persen dan 38 persen.

Jalan tol Cisumdawu ini akan terdiri dari enam seksi yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Dari enam seksi, seksi 1-2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi jalan tol. Kemudian seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Karya Jabar Tol dengan investasi mencapai Rp8,41 triliun.

Di mana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

 

Jalan tol Cisumdawu ini juga sekaligus akan mendukung pengembangan kawasan segitiga Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan baru. Tol ini juga akan menjadi jalan tol dengan pemandangan yang indah seperti tol Bawen-Salatiga karena menyuguhkan panorama pegunungan.

“Nanti dengan telah beroperasinya seluruh ruas jalan tol Cisumdawu dan terhubung dengan tol akses BIJB Kertajati akan mengurangi waktu tempuh dari Bandung yang tadinya tiga jam menjadi hanya satu jam. Konektivitas kawasan yang semakin baik ini akan meningkatkan kompetitif kita sebagai bangsa,” tandas Basuki.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Andi Ya
May 07, 2021
Mantul....
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

15 Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah Per Juni 2021

RumahCom – Di bulan Juni 2021, ada beberapa bank yang menawarkan suku bunga KPR rendah. Bagi Anda yang berencana membeli rumah dengan KPR, kesempatan bagus ini tentu sayang jika dilewatkan begitu s

Lanjutkan membacaJuni 7, 2021

Bocoran Pengembang Bisa Tetap Laris Jualan Saat Pandemi

RumahCom – Beberapa pengembang tetap bisa membukukan penjualan yang baik saat situasi bisnis sulit karena pandemi. Ciputra Group misalnya, cukup sukses memasarkan dua klaster di township CitraRaya T

Lanjutkan membacaApril 6, 2021

Dapat Pinjaman Sindikasi Rp3,28 Triliun, Tol Serpong-Balaraja Segera Beroperasi

RumahCom – Jalan tol Serpong-Balaraja mendapatkan suntikan kredit sindikasi senilai triliunan rupiah untuk pembangunan jalan tol yang akan memudahkan akses kawasan Tangerang Selatan, Tangerang, hing

Lanjutkan membacaApril 7, 2021

Beberapa Negara Yang Berlakukan Layanan Pertanahan Elektronik Seperti Indonesia

RumahCom – Layanan pertanahan terus didorong dengan menerapkan aplikasi teknologi untuk menjamin kecepatan, keamanan, serta transparansi. Beberapa negara telah menerapkan layanan elektronik untuk bi

Lanjutkan membacaApril 7, 2021

Ada Bantuan Puluhan Juta Untuk Rumah yang Rusak Karena Bencana, Bantuan Sewa Juga Ada

RumahCom – Pemerintah akan memberikan bantuan untuk rumah-rumah yang rusak karena bencana alam. Bantuan yang diberikan mencapai puluhan juta untuk setiap unit rumah ditambah bantuan dana tunggu hari

Lanjutkan membacaApril 7, 2021

Masukan