Tahun Ini KPR Bersubsidi Akan Dihabiskan Hingga Oktober

April 11, 2021

RumahCom – PPDPP sebagai lembaga penyalur KPR bersubsidi FLPP terus mendorong bank pelaksana untuk lebih cepat merespon calon nasabah dan menyalurkan KPR FLPP untuk MBR. Tahun ini anggaran KPR FLPP cukup besar dan itu akan diselesaikan pada bulan Oktober.

Penyalur KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahana (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan anggaran KPR FLPP pada tahun ini mencapai Rp19,1 triliun untuk membiayai 157.500 unit rumah bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Target sebesar ini terus didorong khususnya oleh bank penyalur yang telah bekerja sama dengan PPDPP agar mempercepat penyaluran KPR FLPP. Saat ini ada 39 bank pelaksana yang menyalurkan KPR FLPP dengan total penyaluran hingga pekan pertama April 2021 mencapai 22.750 unit senilai Rp2,475 triliun atau 14,44 persen dari target penyaluran tahun ini.

Karena itu Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin terus mendorong kalangan perbankan untuk mempercepat penyaluran KPR FLPP. Perbankan diharapkan bisa segera melakukan penyesuaian untuk bergerak cepat dan optimal terkait penyaluran KPR FLPP sehingga kalangan MBR bisa semakin cepat mendapatkan akses pembiayaan perumahannya.

“Saat ini belum semua bank pelaksana pencapaian target penyaluran KPR FLPP-nya sesuai dengan target yang ditetapkan. Makanya kita harap bisa  segera dilakukan penyesuaian-penyesuaian supaya bisa lebih cepat penyalurannya. Kami ingin target penyaluran tahun ini bisa selesai 100 persen pada bulan Oktober jadi tidak perlu menunggu hingga Desember,” ujarnya.

Untuk itu PPDPP juga cukup rajin menyelenggarakan rapat koordinasi dengan kalangan perbankan maupun institusi keuangan lainnya yang menyalurkan FLPP. Pada pekan ini juga telah diselenggarakan rapat koordinasi yang dihadiri 11 bank  pelaksana dan sisanya secara daring.

Selain terus mendorong untuk percepatan penyaluran FLPP, PPDPP juga memaparkan berbagai parameter untuk seberapa cepat bank pelaksana merespon antrian Sistem Informasi KPR Bersubsidi (SiKasep) sebagai transparansi untuk kepatuhan penyampaian berkas asli untuk realisasi FLPP.

Beberapa parameter lainnya yaitu sosialisasi dan edukasi, ketepatan penyaluran dana FLPP, tindak lanjut surat peringatan, penyiapan stiker atau plat KPR sejahtera sesuai format yang ada. Kemudian hal lainnya yaitu kecepatan dan keakuratan terkait perubahan data debitur, penyediaan seluruh data penyaluran FLPP, penyampaian data debitur aktif, penyampaian rekening koran tepat waktu, jadwal angsuran, dan sebagainya.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Bank pelaksana juga dituntut untuk melakukan follow up terhadap calon debitur yang telah terdaftar di aplikasi SiKasep pada tahun 2020. Semakin cepat bank merespon akan ada poin nilai yang menentukan seberapa cepat respon bank melakukan follow up. Begitu juga kecepatan untuk mengetahui calon nasabah yang tidak memenuhi syarat sehingga bisa langsung digantikan dengan nasabah lain yang lebih layak.

“Sosialisasi dan edukasi terkait FLPP dari bank pelaksana juga menjadi penting dan ini menjadi bagian dari perjanjian antara bank pelaksana dengan PPDPP. Perlu dilakukan terobosan untuk sosialisasi dan edukasi ini agar lebih efektif dan masyarakat mengetahui nilai tambah yang didapatkannya dengan progam KPR FLPP ini. Masyarakat harus tahu mengenai hak-haknya dan menyadari kalau pemerintah hadir untuk sektor perumahan,” pungkas Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Bantuan Puluhan Juta Untuk Rumah yang Rusak Karena Bencana, Bantuan Sewa Juga Ada

RumahCom – Pemerintah akan memberikan bantuan untuk rumah-rumah yang rusak karena bencana alam. Bantuan yang diberikan mencapai puluhan juta untuk setiap unit rumah ditambah bantuan dana tunggu hari

Lanjutkan membacaApril 7, 2021

Tol Cisumdawu Dikebut, Pangkas Waktu Tempuh Bandung-Ketrajati Hanya Sejam

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pekerjaan jalan tol Cisumdawu untuk mengejar target operasional akhir tahun ini. Jalan tol ini akan menjadi kesatuan sehingga memudahkan akses kawasan sepe

Lanjutkan membacaApril 7, 2021

Hingga April, KPR Bersubsidi FLPP Tersalurkan 21.228 Unit

RumahCom – Penyaluran KPR bersubsidi FLPP terus meningkat dan pada kuartal ketiga tahun ini telah mencapai 21.228 unit senilai Rp2,311 triliun. Di sisi lain, target penyaluran FLPP yang besar tahun

Lanjutkan membacaApril 7, 2021

Gambir Bukan Cuma Stasiun, Gandaria Bukan Hanya Mal, Ini Pohon Lokal Yang Jadi Nama Kawasan Di Jakarta

RumahCom – Jakarta sebagai ibukota negara menggunakan banyak nama pohon untuk menandakan kawasannya. Jakarta juga menjadi kota yang menggunakan nama pohon sebagai penanda kawasannya dan hal ini perl

Lanjutkan membacaApril 8, 2021

Relaksasi Pemerintah Bagus Tapi Banyak Syaratnya

RumahCom – Relaksasi maupun stimulus pemerintah untuk sektor properti dinilai sangat baik untuk mendorong pergerakan sektor yang memiliki industri terkait mencapai 174 sektor turunan. Beberapa masuk

Lanjutkan membacaApril 8, 2021

Masukan