Senangnya Masyarakat Dapat Subsidi Bunga KPR, Cicilannya Langsung Turun Signifikan

April 11, 2021

RumahCom – Pemerintah mengeluarkan stimulus langsung kepada masyarakat berupa subsidi cicilan bunga KPR sehingga masyarakat debitur KPR bisa merasakan cicilan yang lebih ringan. Stimulus dikeluarkan hingga Rp2 jutaan yang dibagi untuk lima bulan dan insentif ini telah dirasakan oleh masyarakat.

Pemerintah terus mengeluarkan berbagai stimulus untuk mengurangi dampak buruk  perekonomian yang terpukul akibat pandemi Covid-19. Untuk sektor perumahan, stimulus diberikan untuk hampir semua segmen mulai kalangan pengembang, perbankan, hingga konsumennya langsung.

Salah satu program stimulus di sektor perumahan yang dikeluarkan pemerintah yaitu tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 138 Tahun 2020. Beleid ini mengatur tata cara pemberian subsidi bunga atau subsidi margin sehingga nasabah atau debitur KPR bisa membayar cicilan KPR-nya dengan lebih ringan.

Program ini dikeluarkan untuk mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dengan masyarakat diberikan subsidi selisih bunga seperti ini diharapkan beban ekonominya bisa berkurang dan menjadi tetap produktif untuk sektor lainnya karena untuk cicilan KPR-nya telah mendapatkan keringanan.

Tentu ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkan stimulus ini. Dalam PMK disebutkan, masyarakat yang mendapatkan insentif ini merupakan debitur KPR yang membeli rumah dengan tipe 70 m2 ke bawah dengan plafon kredit maksimal Rp10 miliar dan masuk dalam kategori kredit lancar hingga akhir Februari 2020.

Putut, salah satu nasabah Bank BTN yang membeli rumah di Perumahan Kalisuren Paradise, Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu debitur yang mendapatkan stimulus ini. Awalnya dia sendiri tidak menyadari karena tidak ada pemberitahuan, hanya potongan tabungan untuk cicilan KPR-nya menjadi lebih kecil sehingga akhirnya ia mengecek ke pihak bank.

“Ternyata saya mendapatkan program bantuan subsidi bunga KPR itu. Tenor kredit saya 15 tahun dengan cicilan Rp1,1 juta per bulan, tiba-tiba cicilan KPR saya jadi hanya Rp600 ribuan. Pihak bank menjelaskan kalau saya mendapatkan subsidi potongan bunga ini totalnya Rp2 jutaan yang pemberiannya dibagi selama lima bulan,” ujarnya.

Jadi dari subsidi bunga KPR yang didapatkan oleh Putut sebesar Rp2 juta itu telah disalurkan pada bulan Mei 2020 sebesar Rp524.820. Kemudian bulan berikutnya pada Juni diberikan lagi Rp505.643, bulan Juli Rp520.069, Agustus Rp310.572, dan September Rp299.233. Total dana subsidi bunga yang diberikan pemerintah melalui Bank BTN yang diterima Putut mencapai Rp2.160.337.

“Jadi per Oktober 2020 lalu pembayaran cicilan KPR saya kembali normal, tadinya saya pikir masih terus berlanjut karena dampak pandemi masih sangat berat. Tapi tentunya untuk program ini sangat bagus dan saya memberikan apresiasi  karena stimulus ini langsung diberikan per rekening,” katanya.

Pengalaman lain dikemukakan oleh Hanafi, juga nasabah Bank BTN yang membeli rumah di Greenland Forest Park, Depok. Dengan tenor 15 tahun, cicilan yang harus dibayarkan Hanafi mencapai Rp2,3 juta per bulan dan sejak awal tahun ini potongan tabungan untuk pembayaran KPR-nya menjadi lebih kecil.

“Saya jadi membayar KPR sekitar Rp1,8-Rp1,9 juta dari biasanya Rp2,3 juta. Tadinya saya pikir kesalahan teknis, ternyata saya mendapatkan stimulus subsidi potongan bunga KPR. Hingga pembayaran cicilan bulan Maret saya masih mendapatkan pemotongan bunga itu, semoga program ini bisa lebih panjang setidaknya diberikan selama setahun,” pungkasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Rehan Andreas
May 22, 2021
Apakah bisa di ambil tunai bila memang dapat subsidi perumahan itu ? Trs bagaimana caranya?
BP Masbro
May 09, 2021
Tetangga saya dapet subsidi bunga dari April, kenapa saya tidak, harus kmana saya Komplain...?
RANG TANJUANG
Apr 20, 2021
Kenapa saya cek di link tidak terdaftar sebagai penerima subsidi bunga kpr
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Gambir Bukan Cuma Stasiun, Gandaria Bukan Hanya Mal, Ini Pohon Lokal Yang Jadi Nama Kawasan Di Jakarta

RumahCom – Jakarta sebagai ibukota negara menggunakan banyak nama pohon untuk menandakan kawasannya. Jakarta juga menjadi kota yang menggunakan nama pohon sebagai penanda kawasannya dan hal ini perl

Lanjutkan membacaApril 8, 2021

Relaksasi Pemerintah Bagus Tapi Banyak Syaratnya

RumahCom – Relaksasi maupun stimulus pemerintah untuk sektor properti dinilai sangat baik untuk mendorong pergerakan sektor yang memiliki industri terkait mencapai 174 sektor turunan. Beberapa masuk

Lanjutkan membacaApril 8, 2021

Tahun Ini KPR Bersubsidi Akan Dihabiskan Hingga Oktober

RumahCom – PPDPP sebagai lembaga penyalur KPR bersubsidi FLPP terus mendorong bank pelaksana untuk lebih cepat merespon calon nasabah dan menyalurkan KPR FLPP untuk MBR. Tahun ini anggaran KPR FLPP

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Sesuai Zonasi, Pembiayaan Tapera Bisa Untuk Yang Bergaji Mulai Satu Jutaan

RumahCom – BP Tapera akan menjadi institusi utama yang akan memberikan pembiayaan untuk kalangan pekerja. Setiap pekerja dengan penghasilan paling minimal sekalipun bisa difasilitasi oleh Tapera den

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Pengembang Bisa Dapat Dana Talangan Dari Koperasi

RumahCom – Asosiasi  perusahaan pengembang Apersi akan  membentuk koperasi dengan sistem kerja dari dan untuk anggota. Dengan koperasi ini pengembang yang kesulitan biaya untuk mengurus perizinan

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Masukan