Tanah Bukan Sekadar Bumi Tempat Berpijak Tapi Sakral Hingga Sebagai “Ibu”

April 11, 2021

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus meningkatkan pelayanan khususnya dengan teknologi digital untuk percepatan, kemudahan, serta transparansi layanan. Hingga saat ini berbagai layanan akan terus didorong untuk mengatasi berbagai permasalahan pertanahan, tata ruang, hingga wilayah perbatasan negara.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus meningkatkan mutu pelayanan sebagai wujud visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kepastian hukum ruang dan tanah. Mutu pelayanan yang terus ditingkatkan antara lain pelayanan dan evaluasi sistem dengan berbagai program revolusioner.

Menurut Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra, sebagai instansi yang bertanggung jawab penuh pada tanah dan ruang di Indonesia, esensi tanah dan ruang tidak hanya pada soal materil semata tapi juga sangat erat kaitannya dengan perkara-perkara soal sense of belonging hingga emosional.

“Tentu kita memahami ada begitu banyak masyarakat khususnya di beberapa wilayah yang menganggap tanah lebih dari sekadar bumi tempat berpijak tapi juga diposisikan sebagai sesuatu yang sakral, prestise, hingga sebagai ibu. Karena itu persoalan tanah ini tidak bisa dianggap main-main,” ujarnya.

Karena itu dibutuhkan pengelolaan, pengaturan, hingga regulasi yang jelas terkait pertanahan maupun pengaturan tata ruang. Terlebih Indonesia merupakan wilayah kepulauan dengan batas-batas perairan yang sangat luas hingga membutuhkan penanganan maupun regulasi khusus.

Perairan Karang Unarang di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara misalnya, merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Wilayah darat Indonesiia akhirnya juga menentukan wilayah laut dan wilayah udaranya dan Kementerian ATR/BPN merupakan salah satu pihak yang mengambil bagian untuk menjaga kedaulatan negara tersebut.

Saat ini ada 111 pulau kecil yang posisinya merupakan kawasan terluar di wilayah perbatasan. Untuk itu Kementerian ATR/BPN terus mengembangkan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) khususnya untuk wilayah-wilayah perbatasan. Hal ini juga sebagai bentuk pengakuan sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Untuk mempercepat dan memudahkan proses ini, program PTSL dan layanan lainnya terus diupayakan dengan berbasis digital. Saat ini tengah disusun beberapa standar operasional prosedur (SOP) terkait teknis pekerjaan untuk memudahkan pekerjaan di daerah dan karena itu dibutuhkan kolaborasi antar instansi.

“Seluruh pihak di Kementerian ATR/BPN maupun kantor wilayah dan kantor pertanahan punya tanggung jawab besar sebagai penjaga aset masyarakat dan negara. Ada 34 ribu pekerja di Kementerian ATR/BPN dan kami akan terus mendorong peningkatan pelayanan maupun standar kualiitas PTSL khususnya untuk mencegah, menangani, dan mengelola sengketa pertanahan, tata ruang, hingga pengendalian pertanahan,” beber Surya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tahun Ini KPR Bersubsidi Akan Dihabiskan Hingga Oktober

RumahCom – PPDPP sebagai lembaga penyalur KPR bersubsidi FLPP terus mendorong bank pelaksana untuk lebih cepat merespon calon nasabah dan menyalurkan KPR FLPP untuk MBR. Tahun ini anggaran KPR FLPP

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Sesuai Zonasi, Pembiayaan Tapera Bisa Untuk Yang Bergaji Mulai Satu Jutaan

RumahCom – BP Tapera akan menjadi institusi utama yang akan memberikan pembiayaan untuk kalangan pekerja. Setiap pekerja dengan penghasilan paling minimal sekalipun bisa difasilitasi oleh Tapera den

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Pengembang Bisa Dapat Dana Talangan Dari Koperasi

RumahCom – Asosiasi  perusahaan pengembang Apersi akan  membentuk koperasi dengan sistem kerja dari dan untuk anggota. Dengan koperasi ini pengembang yang kesulitan biaya untuk mengurus perizinan

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Senangnya Masyarakat Dapat Subsidi Bunga KPR, Cicilannya Langsung Turun Signifikan

RumahCom – Pemerintah mengeluarkan stimulus langsung kepada masyarakat berupa subsidi cicilan bunga KPR sehingga masyarakat debitur KPR bisa merasakan cicilan yang lebih ringan. Stimulus dikeluarkan

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

20 Ribu Bidang Tanah Senilai Rp6,3 Triliun Milik Perusahaan Listrik Berhasil Disertifikatkan

RumahCom – Perusahaan BUMN penyedia listrik PLN meneken perjanjian kerja sama dengan Kementerian ATR/BPN untuk program pensertifikatan aset tanah PLN. Sejak tahun 2019, aset tanah milik PLN yang ber

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Masukan