Kolaborasi Pengembang Lokal Dan Asing Bersiap Bangun Township Smart TOD

April 13, 2021

RumahCom – Pasar yang besar membuat berbagai kalangan terus berupaya mengembangkan proyek baru berksala township. Pengembang Sinar Mas Land kembali menggandeng pengembang asing untuk membangun proyek TOD seluas 100 ha di township BSD City.

Kolaborasi antar pengembang dari berbagai negara kembali terjadi. Mitbana, perusahaan konsorsium milik Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong bersama Sinar Mas Land (SML) melalui anak perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk mengumumkan kerja sama untuk pengembangan proyek pertamanya.

Proyek yang dikembangkan ini mengusung konsep transit oriented development (TOD) dan akan menjadi pengembangan pertma di kawasan Jabodetabek yang akan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi. Proyek ini juga menjadi yang pertama untuk Mitbana di Indonesia dan sebagai bagian dari kerja sama yang berkelanjutan dengan SML.

Pengembangan kawasan TOD ini akan berlokasi di kawasan intermodal BSD City, Tangerang, Banten, yang merupakan township seluas 6.000 ha yang dikembangkan oleh SML. Kolaborasi ini akan mengembangkan sebuah proyek smart mixed use untuk mendukung berbagai fasilitas yang sudah dibangun SML.

Kawasan Intermoda BSD City sendiri telah beroperasi sejak tahun 2019 lalu dan telah memberikan akses langsung ke beberapa moda transportasi publik seperti bus, kereta listrik komuter, dan fasilitas park and ride untuk efisiensi perjalanan serta mengurangi kemacetan dalam perjalanan antara Jakarta dann BSD City.

Salah satu keunggulan TOD Intermoda adalah koneksi langsung ke Stasiun Cisauk yang akan memudahkan warga untuk ke pusat bisnis (CBD) Sudirman yang bisa ditempuh satu jam. Stasiun Cisauk juga telah direnovasi oleh SML bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Stasiun ini terkoneksi dengan skybridge yang menyediakan berbagai fasilitas termasuk terminal bus, Pasar Modern Intermoda, dan sebagainya.

Kolaborasi SML dan Mitbana ini juga akan melengkapi kawasan intermoda dengan peningkatan layanan bus umum untuk memberikan kenyamanan bagi warga dan pengalaman bertransportasi yang lebih baik. Hal ini juga akan menambah pilihan moda transportasi selain commuter line melalui Stasiun Cisauk dan jalan tol Serpong-Balaraja Seksi 1A yang akan beroperasi akhir tahun ini.

“Mitbana sangat antusias untuk bekerja sama dengan SML dalam membangun proyek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di BSD City. Kami melihat adanya potensi di kawasan Intermoda yang akan terus menambah berbagai fitur yang makin memudahkan. Kami sendiri memiliki visi untuk mengembangkan kawasan urban baru dengan layanan yang modern, transportasi publik yang mudah di akses demi kehidupan yang berkesinambungan,” ujar Gareth Wong, Chief Executive Officer Mitbana.

Konstruksi TOD Intermoda yang baru ini akan dikembangkan beberapa tahap mulai tahun 2022 dengan nilai pengembangan mencapai Rp2 triliun. Kedua perusahaan sepakat untuk mentransformasi lahan seluas 100 hektar di BSD City menjadi proyek TOD dengan apartemen, area komersial, pusat gaya hidup, dan ragam moda transportasi publik.

Mitbana sendiri akan menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 60 persen untuk proyek ini dan akan memberikan keahliannya di bidang pengembangan berskala urban yang terbaik dari Jepang dan Singapura untuk proyek ini.

Chief Operating of Mitbana Hidetoshi Suzuki mengatakan, Mitbana akan memberikan keahliann Mitsubishi Corporation dalam pengembangan urban dan Surbana Jurong dalam bidang teknis perancangan urban untuk proyek TOD yang smart, efisien, dan efektif bagi segenap warga.

“Karena itu kami membutuhkan rekan kerja yang bisa memberikan pandangan tentang keadaan setempat untuk memberikan solusi dan produk yang terbaik pada kelasnya namun dengan harga yang tetap terjangkau. Bersama SML kami hendak memberikan pengembangan berkesinambungan yang smart dan unggul untuk segala lapisan masyarakat di BSD City,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sesuai Zonasi, Pembiayaan Tapera Bisa Untuk Yang Bergaji Mulai Satu Jutaan

RumahCom – BP Tapera akan menjadi institusi utama yang akan memberikan pembiayaan untuk kalangan pekerja. Setiap pekerja dengan penghasilan paling minimal sekalipun bisa difasilitasi oleh Tapera den

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Pengembang Bisa Dapat Dana Talangan Dari Koperasi

RumahCom – Asosiasi  perusahaan pengembang Apersi akan  membentuk koperasi dengan sistem kerja dari dan untuk anggota. Dengan koperasi ini pengembang yang kesulitan biaya untuk mengurus perizinan

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Senangnya Masyarakat Dapat Subsidi Bunga KPR, Cicilannya Langsung Turun Signifikan

RumahCom – Pemerintah mengeluarkan stimulus langsung kepada masyarakat berupa subsidi cicilan bunga KPR sehingga masyarakat debitur KPR bisa merasakan cicilan yang lebih ringan. Stimulus dikeluarkan

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

20 Ribu Bidang Tanah Senilai Rp6,3 Triliun Milik Perusahaan Listrik Berhasil Disertifikatkan

RumahCom – Perusahaan BUMN penyedia listrik PLN meneken perjanjian kerja sama dengan Kementerian ATR/BPN untuk program pensertifikatan aset tanah PLN. Sejak tahun 2019, aset tanah milik PLN yang ber

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Tanah Bukan Sekadar Bumi Tempat Berpijak Tapi Sakral Hingga Sebagai “Ibu”

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus meningkatkan pelayanan khususnya dengan teknologi digital untuk percepatan, kemudahan, serta transparansi layanan. Hingga saat ini berbagai layanan akan terus di

Lanjutkan membacaApril 11, 2021

Masukan