Profesi Insinyur Harus Terlibat Dalam Pembangunan Infrastruktur Dan Perumahan

14 Apr 2021

RumahCom – Kalangan profesi insinyur dituntut untuk ikut mendukung program perumahan dan infrastruktur dengan profesi, keahlian, dan keilmuannya. Tantangan pembangunan khususnya sektor perumahan yang besar membutuhkan keterlibatan berbagai keahlian khususnya dari kalangan teknis seperti profesi insinyur.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak kalangan insinyur di Indonesia untuk mendukung program pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat khususnya program sejuta rumah yang dicanangkan sejak bulan April 2015 lalu. Kalangan insinyur diharapkan sumbangsih pemikiran maupun hasil kerjannya untuk ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus daya saing Indonesia dengan negara lain.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, sumbangsih dan dukungan untuk bidang infrastruktur dan perumahan dibutuhkan dari berbagai kalangan terlebih insinyur yang memiliki kapasitas keilmuan terkait dengan sektor infrastruktur dan perumahan.

“Dalam program sejuta rumah, peran insinyur dibutuhkan untuk mewujudkan hunian yang layak dengan struktur dan konstruksi bangunan yang baik. Para insinyur juga harus mampu mengawasi pelaksanaan pembangunan dengan baik karena itu insinyur Indonesia tidak boleh kalah dengan insinyur dari luar negeri,” katanya.

Profesi insinyur, jelasnya, merupakan sebagai salah satu profesi penting dalam bidang pembangunan infrastruktur dan perumahan. Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 11 Tahun 2011 tentang rumah susun. Profesi insinyur merupakan pengakuan kompetensi sebagai sarjana teknik agar bisa berkiprah lebih baik dan meningkatkan daya saing baik di tingkat nasional maupun global.

Saat ini ada sekitar 260 ribu lulusan insinyur dengan kiprah lokal hingga ke manca negara. Berbagai kendala maupun permasalahan di bidang perumahan Indonesia juga harus dijadikan tantangan bagi profesi ini khususnya untuk penerapan berbagai keahlian dan bidang keilmuan yang dimiliki.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Tantangan perumahan kita juga masih sangat besar dengan angka defisit (backlog) perumahan yang masih di atas 7,8 juta unit. Belum bicara mengenai masih banyaknya kawasan-kawasan hunian yang sangat tidak layak huni dan menyebabkan banyaknya kawasan kumuh.

“Karena itu kami meminta para insinyur untuk mewujudkan inovasi khususnya di bidang pembangunan dan senantiasa memegang teguh integritas, martabat profesi, dan terus meningkatkan kemampuannya untuk ikut berpartisipasi dalam bidang infrastruktur dan perumahan,” imbuhnya.

Pada kesempatan lain, Rektor Universitas Parahyangan Mangandar Situmorang mengatakan, pihak kampus siap menjalin kerja sama dengan kementerian maupun lembaga lain untuk terus meningkatkan kompetensi para insinyur melalui Program Profesi Insinyur. Adanya pengakuan di bidang akademik ini juga bisa menjadi salah satu hal untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing.

“Kami berharap para insinyur bisa menunjukan kemampuannya untuk membaktikan diri pada bidang pembangunan di Indonesia. Kita juga masih menghadapi tantangan pembangunan yang lebih berat dengan tuntutan mempersatukan dan membangun ribuan pulau di Indonesia sekaligus untuk ikut mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Aplikasi Pemantauan Rumah Bersubsidi Mulai Diujicoba

RumahCom – PPDPP mulai melakukan uji coba untuk aplikasi terbarunya, SiPetruk, guna menjamin produk rumah bersubsidi yang dibangun kalangan pengembang telah sesuai dengan persyaratan. Uji coba ini j

Lanjutkan membaca13 Apr 2021

Stimulus PPN Bikin Penjualan Ready Stock Naik Ratusan Persen

RumahCom – Relaksasi pembebasan dan diskon PPN 10 persen telah terbukti meningkatkan penjualan khususnya untuk segmen ready stock. Pemerintah diharapkan memperluas relaksasi ini untuk produk indent

Lanjutkan membaca13 Apr 2021

Untuk Properti, Koridor Barat-Timur Sama-Sama Menguntungkan

RumahCom – Dari sekian banyak instrumen investasi, produk properti dianggap yang potensial terlebih selain menjadi instrumen investasi properti juga bisa digunakan atau dihuni. Saat situasi bisnis y

Lanjutkan membaca14 Apr 2021

Promo Ramadhan, Bank Ini Berikan Bunga Ringan 5 Persen Hingga Kemudahan Lain

RumahCom – Memasuki bulan Ramadhan kalangan perbankan kembali memberikan berbagai kemudahan. Bank BTN memberikan bunga ekstra ringan, bunga fixed panjang, hingga kemudahan syarat aplikasi kredit plu

Lanjutkan membaca14 Apr 2021

Seribu Unit Rumah Tidak Layak Huni Di Kendal Dibedah

RumahCom – Kementerian PUPR melakukan program bedah rumah untuk seribu unit rumah tidak layak huni di wilayah Kendal, Jawa Tengah. Program ini sangat menarik karena selain membuat rumah menjadi laya

Lanjutkan membaca14 Apr 2021

Masukan