2.631 Unit Rumah Khusus Dibangun Untuk MBR Nelayan Hingga Korban Bencana

April 15, 2021

RumahCom – Salah satu bagian program perumahan Kementerian PUPR yaitu pembangunan rumah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari berbagai kalangan termasuk korban bencana alam. Tahun ini pemerintah akan membangun sebanyak 2.631 unit rumah khusus.

Rumah layak huni merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia selain pangan dan sandang. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengupayakan terciptanya rumah layak huni khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sekaligus untuk mengatasi kawasan kumuh.

Salah satu bagian dari program pembangunan sejuta rumah yang diluncurkan sejak April 2015 lalu yaitu rumah khusus. Program pembangunan rumah khusus ditujukan unutk kebutuhan khusus seperti hunian bagi kalangan nelayan, pegawai pemerintahan, TNI-Polri, guru, kalangan pelajar, hingga pemukiman unutk korban bencana atau pengungsi.

“Pada tahun 2021 ini Kementerian PUPR menargetkan untuk membangun rumah khusus sebanyak 2.631 unit rumah. Target ini telah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun 2020 sebesar 1.575 unit. Peruntukannya dimaksimalkan untuk masyarakat yang paling membutuhkan termasuk untuk hunian di kawasan perbatasan negara,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pada tahun ini, program rumah khusus akan dibangun salah satunya untuk masyarakat di Kelurahan Orang Kayo Hitam yang rumahnya rusak karena tergerus aliran Sungai Batanghari, Provinsi Jambi. Kementerian PUPR telah meminta kepada Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk segera melaksanakan pendataan jumlah penduduk serta menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan rumah khusus tersebut.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menambahkan, pemerintah akan terus hadir untuk membantu penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat. Salah satunya melalui penyediaan rumah khusus untuk masyarakat yang terdampak relokasi akibat pembangunan sempadan sungai seperti di Batanghari.

“Makanya kami berharap Pemkab Batanghari bisa segera mengirimkan data rumah yang mengalami kerusakan dan bisa menyediakan lahan sesuai dengan RT/RW agar lokasinya benar-benar sesuai dengan peruntukan dengan bukti legalitas kepemilikan tanah serta data calon penerima bantuan rumah khusus ini,” katanya.

Saat ini Pemkab Batanghari tengah mengajukan usulan rumah khusus untuk relokasi 120 kepala keluarga yang tinggal di Keluarahan Orang Kayo Hitam. Untuk lokasinya juga telah disiapkan area seluas 3,44 ha untuk pembangunan rumah khusus tersebut.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Banyak Kemudahan Saat Bulan Ramadhan, Saat Tepat Beli Rumah

RumahCom – Bulan Ramadhan dijadikan momen bagi pengembang untuk menebar promo kemudahan. Perumahan Gardens at Grha Candi di Depok menawarkan kemudahan dp, pembebasan biaya, hingga gratis voucher bel

Lanjutkan membacaApril 14, 2021

Penanganan Pandemi Baik, Di Australia Bisnis Ritel Terus Berkembang

RumahCom – Dengan penanganan yang baik, bisnis properti yang mencakup sektor hunian dan fasilitas ritel bisa tetap berkembang di Australia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai antisipasi yang terus

Lanjutkan membacaApril 14, 2021

Keren, Rusun ASN Di Kalimantan Barat Dikonsep Waterfront City

RumahCom – Pembangunan rusun untuk kalangan ASN bukan hanya mengejar fungsi bangunan. Kementerian PUPR membangun rusun untuk ASN di Kalimantan Barat dengan konsep Waterfront City yang sangat estetis

Lanjutkan membacaApril 14, 2021

Triwulan Pertama, Program Sejuta Rumah Capai 164.071 Unit

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan sejuta rumah yang diluncurkan sejak tahun 2015 lalu. Kendati situasi pandemi Covid-19, capaian sejuta rumah masih terus meningkat dan hingga t

Lanjutkan membacaApril 14, 2021

Baru Merger, Bank Syariah Ini Laksanakan Akad Kredit Masal KPR FLPP di 17 Provinsi

RumahCom – Pihak perbankan kembali melaksanakan penandatanganan akad krdit masal untuk KPR FLPP bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kali ini Bank BSI melaksanakan akad kredit masal untuk 1.

Lanjutkan membacaApril 15, 2021

Masukan