1.400 Unit Rumah Di Kampung Inggris Akan Dibedah

April 19, 2021

RumahCom – Kampung Inggris, Kediri, yang merupakan kawasan Eduwisata akan direvitalisasi oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Sebanyak 1.400 unit rumah akan dibedah melalui program BSPS sehingga kawasannya lebih tertata dan lebih baik sebagai kawasan Eduwisata.

Program bedah rumah atau pengentasan rumah tidak layak huni (RTLH) terus dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kali ini program untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini dilaksanakan di Kabupaten Kediri khususnya di Kampung Inggris untuk mendorong kawasan tersebut menjadi lebih tertata.

Kampung Inggris  Kediri merupakan kawasan Eduwisata yang akan didorong untuk menjadi daerah tujuan wisata khususnya bagi kalangan milenial belajar bahasa Ingris yang baik dan benar. Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, saat ini banyak daerah yang ingin mengentaskan masalah rumah tidak layak huni di wilayahnya.

“Kami di Kementerian PUPR khususnya Ditjen Perumahan siap untuk menjalankan program revitalisasi kawasan kumuh untuk mengurangi RTLH melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS),” ujarnya saat beraudensi dengan Bupati Kediri Hanindhito Pramana di Kantor Kementrian PUPR beberapa waktu lalu.

Salah satu bantuan perumahan yang bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk menata kawasan khususnya untuk mengurangi jumlah RTLH memang dengan program BSPS ini. Rumah yang tidak layak huni nantinya akan mendapatkan bantuan dana stimulan dari pemerintah sebesar Rp20 juta per unit rumah. Dana ini bisa digunakan untuk menerima bantuan pembelian bahan material dan upah tukang.

Dalam program BSPS ini Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga melibatkan masyarakat secara berkelompok untuk membangun rumah tidak layak huni dengan dana stimulan tadi. Dana sebesar Rp20 juta tersebut perinciannya Rp17,5 juta untuk pembelian bahan material bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Setiap orang pasti punya rumah idaman yang diinginkan. Lalu bagaimana cara cerdas agar bisa temukan rumah idaman? Nonton video berikut ini untuk tau caranya, yuk!

Bupati Hanindhito mengatakan, setiap kepala daerah pasti membutuhkan bantuan serta program dari pemerintah pusat yang salah satunya adalah program yang paling krusial dan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat adalah program BSPS ini.

“Makanya kami merasa sangat penting untuk melakukan audiensi dengan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Tahun ini di Kabupaten Kediri membutuhkan program BSPS sebanyak lebih dari 1.400 unit dan ini sudah disetujui oleh Ditjen Perumahan. Tentunya ini menjadi berita gembira untuk masyarakat Kediri,” katanya.

Terlebih lagi kawan yang akan direvitalisasi yaitu Kampung Inggris yang merupakan tempat Eduwisata dan kawasan pariwisata. Penataan perlu dilakukan sehingga kawasan dan perumahan masyarakat bisa lebih baik salah satunya untuk menyambut pendatang yang ingin berwisata.

Di Kampung Inggris sendiri tata kelola dan lainnya sudah tertata cukup baik namun masih ada beberapa kawasan maupun hunian masyarakat yang belum layak huni. Selain bantuan dari program BSPS dibutuhkan juga penataan untuk sumber daya air untuk kualitas air yang lebih baik.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Berdampak Positif, Pemerintah Didorong Keluarkan Lagi Stimulus Properti

RumahCom – Berbagai kalangan mengapresiasi stimulus yang diberikan pemerintah untuk sektor properti. Konsultan properti JLL mendorong agar pemerintah mengeluarkan lagi relaksasi maupun stimulus untu

Lanjutkan membacaApril 16, 2021

Dry Dam Ini Untuk Pengendali Banjir Jakarta Sekaligus Ecotourism Park

RumahCom – Bendungan kering atau dry dam yang saat ini tengah dibangun Kementerian PUPR akan memiliki multifungsi sebagai pengendali banjir, perlindungan ekosistem, kawasan konservasi, hingga tempat

Lanjutkan membacaApril 16, 2021

Suku Bunga Acuan Turun Empat Kali Selama Pandemi, Begini Respon Pengembang

RumahCom – Berbagai relaksasi dan stimulus untuk sektor properti yang dikeluarkan pemerintah direspon kalangan pengembang dengan berbagai cara. Salah satunya kolaborasi PP Properti dan Grahabuana Ci

Lanjutkan membacaApril 16, 2021

Berhunian Di Kawasan TOD Fasilitasnya Diantar Jemput Kereta

RumahCom – Pemerintah terus mendorong pembangunan hunian vertikal yang terintegrasi dengan sarana transportasi publik seperti di proyek TOD Samesta Mahata Serpong yang terintegrasi dengan Stasiun Ra

Lanjutkan membacaApril 19, 2021

Hingga April, Bank Ini Telah Salurkan KPR Bersubsidi Lebih Dari 31 Ribu Unit

RumahCom – Semua pihak didorong untuk terus meningkatkan kinerja di sektor properti untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian nasional. Bank BTN misalnya, telah menyalurkan KPR bersubsidi FLPP menc

Lanjutkan membacaApril 19, 2021

Masukan