Pembiayaan KPR-KPA Syariah Kian Menarik, Tenor Bisa Capai 30 Tahun

April 20, 2021

RumahCom – Pembiayaan perumahan dengan skema syariah semakin menarik dengan margin yang makin ringan dan tenor semakin panjang yang cocok untuk kalangan milenial. Di tengah berbagai kendala karena pandemi, pembiayaan syariah masih mencatatkan pertumbuhan yang baik.

Kepercayaan masyarakat untuk pembiayaan perumahan dengan sistem syariah terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pembiayaan perumahan yang disalurkan oleh Bank Syariah Indonesia (Bank BSI) pada triwulan pertama tahun ini. Bank BSI merupakan merger dari tiga bank syariah BUMN yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah.

Pada periode Januari-Maret 2021, Bank BSI telah menyalurkan pembiayaan perumahan untuk produk Griya Hasanah bersubsidi dan non subsidi mencapai Rp38 triliun. Capaian ini meningkat hingga 13,93 persen secara tahunan (year on year/yoy) atau dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Griya Hasanah merupakan produk pembiayaan untuk rumah dan apartemen dengan margin khusus dan tenor panjang mencapai 30 tahun. Menurut Direktur Utama Bank BSI Hery Gunardi, pembiayaan perumahan dengan konsep syariah telah terbukti tahan banting di tengah situasi perekonomian yang naik-turun termasuk saat pandemi Covid19.

“Makanya saat berbagai kendala karena pandemi, penyaluran pembiayaan KPR-KPA kami justru bisa tumbuh double digit hampir 14 persen. Tren pertumbuhan KPR syariah juga masih sangat kuat karena adanya fasilitas KPR subsidi yang ditopang dengan berbagai stimulus pemerintah,” ujarnya.

Berbagai stimulus dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah akhirnya membuat berbagai pihak menjadi lebih optimistis menjalani bisnis pada tahun ini. Terlebih program vaksinasi juga terus berjalan yang membuat kondisi pasar semakin yakin kalau pandemi ini akan bisa diatasi dan bisnis kembali berjalan seperti biasa.

Karena itu untuk terus mendorong pasar, berbagai kemudahan dan promo terus dikeluarkan. Bank BSI misalnya, mengeluarkan produk pembiayaan perumahan dengan tenor panjang mencapai 30 tahun yang cocok untuk kalangan milenial. Besarnya potensi di sektor perumahan membuat Bank BSI terus meningkatkan target penyaluran khususnya untuk sektor pembiayaan perumahan.

“Hal ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi di level 4,5-5,3 persen pada tahun 2021. Makanya kami menargetkan pertumbuhan dari Griya Hasanah ini mencapai Rp39,8 triliun dan untuk itu kami tengah menyiapkan berbagai program spesial untuk menarik minat masyarakat menggunakan produk syariah khususnya generasi muda yang pasarnya sangat besar,” beber Hery.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Hingga April, Bank Ini Telah Salurkan KPR Bersubsidi Lebih Dari 31 Ribu Unit

RumahCom – Semua pihak didorong untuk terus meningkatkan kinerja di sektor properti untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian nasional. Bank BTN misalnya, telah menyalurkan KPR bersubsidi FLPP menc

Lanjutkan membacaApril 19, 2021

1.400 Unit Rumah Di Kampung Inggris Akan Dibedah

RumahCom – Kampung Inggris, Kediri, yang merupakan kawasan Eduwisata akan direvitalisasi oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Sebanyak 1.400 unit rumah akan dibedah melalui program BSPS sehingga

Lanjutkan membacaApril 19, 2021

Sasar Milenial Pengembang Ini Luncurkan Flathouse, Apa Itu?

RumahCom – Berbagai strategi terus dikembangkan untuk menyasar segmen besar dari kalangan milenial. Pengembang SML meluncurkan produk rumah kompak flathouse yang dirancang untuk kebutuhan milenial s

Lanjutkan membacaApril 19, 2021

Hunian Perkotaan Modern Itu Kawasan TOD

RumahCom – Konsep hunian perkotaan masa depan harus mengintegrasikan hunian dengan sarana transportasi publik. Karena itu Perumnas terus didorong untuk memperbanyak suplai hunian yang terintegrasi d

Lanjutkan membacaApril 20, 2021

Infrastruktur Makin Lengkap, Makin Banyak Penawaran Proyek Premium Di Sawangan

RumahCom – Perkembangan sebuah kawasan tidak terlepas dari keberadaan sarana maupun fasilitas infrastruktur. Pengembangan proyek jalan tol hingga saat ini telah memutar mengelilingi kawasann Jabodet

Lanjutkan membacaApril 20, 2021

Masukan