Konsep Smart City Harus Didorong Menjadi Smart Indonesia

April 21, 2021

RumahCom – Presiden Jokowi  menekankan pentingnya perencanaan dan proses pembangunan yang bukan sekadar build tapi harus build environment. Kegiatan pembangunan harus mengusung unsur penting yaitu menciptakan tempat kehidupan yang aman dan nyaman dengan melihat berbagai aspek pendukung lingkungan.

Pemerintah telah menetapkan sektor properti sebagai lokomotif ekonomi karena banyaknya sektor ikutan yang akan ikut bergerak seiring pergerakan sektor ini. Di sisi lain, perencanaan maupun pembangunan perumahan maupun gedung bukan sekadar hanya kegiatan pembangunan tapi yang lebih penting yaitu membangun tempat kehidupan yang nyaman bagi seluruh masyarakat.

Hal itu dipesankan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP). Menurut Jokowi, proses perencanaan bukan sekadar build building atau sekadar merancang bangunan tapi harus juga build environment.

“Perencanaan adalah membangun tempat hidup yang bisa memengaruhi kesehatan masyarakat, interaksi sosial, akar budaya, efisiensi ekonomi, dan kenyamanan hidup. Itu semua akan sangat memengaruhi kebahagiaan dan kreativitas warga apalagi saat ini dunia berubah begitu cepat dengan urbanisasi yang terus meningkat. Kebutuhan masyarakat makin kompleks sehingga tantangan yang dihadapi dalam membuat perencanaan dan pembangunan juga makin kompleks,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Jokowi, perencanaan harus mempertimbangkan banyak hal seperti aspek budaya, sejarah, struktur ekonomi masyarakat, hingga berbagai aspek lainnya. Perencanaan juga tidak boleh membuat masyarakat terasing di kampungnya sendiri apa lagi sampai memicu kemacetan hingga membuat biaya hidup mahal dan makin tidak sehat.

Perencanaan juga tidak boleh hanya silau dengan perkembangan teknologi yang tidak diintegrasikan dengan kebutuhan dasar masyarakatnya. Beberapa contoh yang dipaparkan Jokowi misalnya konsep kota pintar atau smart city maupun smart home yang kerap diartikan terkoneksi secara digtilat dengan melakukan banyak automasi menggunakan internet of things (IoT).

Berbagai kemudahan dengan konsep ini seperti membuka pintu, menyalakan perangkat elektronik, hingga memantau rumah dari jauh melalui perangkat gadget di tangan membuat masyarakat dimanjakan dengan perangkat dan sistem yang serba otomatis. Tapi yang lebih penting dari konsep smart city yaitu desainnya yang harus smart.

Karena itu konsep dari kota pintar sesungguhnya adalah desainnya yang pintar dan ditunjang dengan perangkat digital untuk meningkatkan kenyamanan warga. Hal ini kemudian harus didorong sesuai cakupan wilayah mulai smart city, smart province, hingga tingkat nasional menjadi smart Indonesia.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Desain yang smart ini harus mencakup berbagai hal dan tetap memiliki kekhasan tersendiri ketika dibuat perencanaan wilayah maupun kota. Untuk itu kita bisa belajar dari kota maupun negara lain kendati tidak bisa asal copy paste karena kita memiliki aspek lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi yang harus diperhitungkan dalam setiap perencanaan.

Karena itu membangun kota harus inklusif dan terbuka untuk seluruh warga termasuk di dalamnya merancang jalan yang aman bagi semua golongan: kendaraan, pesepeda, pejalan kaki, dan lainnya. Berbagai fasilitas juga harus bisa memadukan konsumen dari berbagai kelas termasuk kompleks hunian dan perknatoran yang tidakk terlalu jauh lokasinya.

“Kawasan perumahan yang menghadap sungai misalnya, itu harus tertuang dalam perencanaan. Kalau seperti ini saya yakin wilayah maupun kota yang dirancang dengan matang akan memberikan kontribusi besar terhadap kualitas hidup warga, lingkungan, serta kegiatan ekonomi, sosial, budaya, maupun citra Indonesia di mata masyarakat internasional,” beber Jokowi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Segmen Apartemen Mewah Tetap Bertahan Di Tengah Pandemi

RumahCom – Pengembang terus berupaya untuk menunjukan komitmen pengembangan produknya termasuk segmen apartemen mewah yang terkendala karena pandemi Covid-19. Apartemen mewah Saumata Suite menyediak

Lanjutkan membacaApril 20, 2021

Empat PP Tata Ruang Dan Pertanahan Berlaku, Atur Landbank Hingga Cegah Korupsi

RumahCom – Pemerintah menerbitkan empat PP sebagai aturan turunan dari UUCK sehingga bisa memberikan kejelasan aturan tata ruang dan pertanahan di lapangan. Keempat PP ini mengatur tata laksana yang

Lanjutkan membacaApril 21, 2021

Harga Turun Kualitas Tetap, Jadi Strategi Utama Saat Pandemi

RumahCom – Inovasi dan strategi terus diterapkan kalangan pengembang untuk mendapatkan hasil terbaik saat situasi bisnis sulit karena pandemi. Beberapa kalangan pengembang yang masih bisa membukukan

Lanjutkan membacaApril 21, 2021

Kasus Pengaduan Perumahan Terus Naik, Dari Batal Dibangun Hingga Sertifikat Tidak Keluar

RumahCom – Pengaduan kasus-kasus perumahan terus meningkat bahkan menjadi pelaporan utama ke BPKN dibandingkan kasus-kasus lainnya. Hingga April 2021 BPKN menerima 5.900 pengaduan dan 50 persennya d

Lanjutkan membacaApril 21, 2021

Manfaatkan Aset Tanah, Kementerian PUPR Terus Perbanyak Rusun ASN

RumahCom – Rusun untuk kalangan ASN menjadi salah satu program kerja Kementerian PUPR. Rusun dibangun dekat dengan tempat kerja sehingga memudahkan pekerja berhunian dan ke kantornya sehari-hari sep

Lanjutkan membacaApril 21, 2021

Masukan