Konsep Rumah Pintar Kian Digemari, Apa Saja Kemudahannya?

April 27, 2021

RumahCom – Smart home sejatinya merupakan cerminan rumah berbasis teknologi. Di mana teknologi yang disematkan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh, dari mana saja dan kapan saja. Pengaturan dilakukan tentunya dengan mengandalkan koneksi internet dengan perangkat seluler (smartphone) sebagai media/remotnya.

Oleh karenanya, sistem rumah pintar atau smart home system menghubungkan seluruh perangkat di rumah, sehingga memungkinkan penghuninya untuk mengontrol beragam fungsi. Mulai dari akses keamanan ke rumah, suhu ruangan, pencahayaan, mengaktifkan AC, mematikan TV bahkan home theater dari jarak jauh. Secara tampilan, rumah yang dilengkapi smart home system tidak berbeda dengan rumah konvensional.

Penggunaan sistem smart home memungkinkan pemilik rumah bisa mendapat keuntungan dari penghematan biaya yang signifikan. Paslnya peralatan dan elektronik dapat digunakan dengan lebih efisien, sehingga berimbas pada penurunan biaya listrik.

Hal itulah yang menjadi salah satu kelebihan smart home system, sehingga tak ada lagi ‘cerita’ lupa mematikan AC atau lampu saat penghuni sudah meninggalkan rumah.

Konsep rumah pintar kini banyak diadopsi oleh perumahan-perumahan di Tanah Air, salah satunya Synthesis Homes yang dikembangkan Synthesis Development. Berlokasi di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, perumahan yang berdiri di atas lahan seluas 4,7 hektare ini menyediakan 267 unit rumah tapak dua lantai.

Andreas Pangaribuan, Property Investment Advisor Synthesis Development menjelaskan, Synthesis Homes adalah hunian pertama di area Tangerang Selatan yang menerapkan konsep smart home.

“Penghuni hanya perlu menggunakan satu aplikasi di smartphone untuk mengontrol operasional dua unit CCTV di garasi dan ruang tamu, saklar utama listrik dan AC di kamar tamu dan kamar anak, serta panic button untuk melaporkan masalah keamanan. Tentu semua itu didukung dengan jaringan fiber optic dengan kecepatan transmisi optimal dan bebas hambatan,” ungkap Andreas. 

Dukungan jaringan internet yang optimal tentu membuat aktivitas work from home (WFH) akan menjadi lebih lancar dan nyaman. Selain itu, teknologi smart home juga membuat penggunaan energi menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Konsep Rumah Pintar di Tangerang Selatan

Embel ‘smart home’ acapkali mampu menjadi booster dalam menaikkan harga jual rumahnya. Wajar saja, sebab instalasi dalam pemasangan sistem rumah pintar tidak bisa dikatakan murah. Akan tetapi, bagi sebagian orang hal ini justru sepadan dengan apa yang akan didapat yakni kemudahan dan keamanan lebih mumpuni.

Unit di Synthesis Homes sendiri ditawarkan dengan harga mulai Rp1,1 miliaran. Ada empat tipe unit yang dihadirkan diantaranya Tipe Andesit (6X15m), Tipe Paras (6X10m), Tipe Candi A (6X12m), dan Tipe Candi B (6X12,5m). Proyek Synthesis Homes akan mulai melakukan serah terima unit secara bertahap pada bulan April 2021.

Tak hanya mengunggulkan konsep rumah pintarnya, kawasan perumahan Synthesis Homes juga memiliki sistem manajemen pengendalian air untuk mencegah banjir. “Kami memiliki kolam resapan dan sumur resapan untuk pembuangan air dengan metode deep well injection,” terang Andreas.

“Ketika hujan datang dengan intensitas tinggi, air akan ditampung di sumur-sumur resapan. Dan jika air di sumur penuh maka akan disuntikkan ke saluran air di dalam tanah sehingga tidak menggenang di permukaan,” tandasnya.

Alhasil, metode deep well injection yang diaplikasikan tidak hanya berfungsi untuk mencegah banjir, tapi juga untuk menjamin ketersediaan air ketika datang musim kemarau.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Siapkan 4.300 Hektare Kawasan Industri Terpadu Batang

RumahCom – Pemerintah terus mematangkan pengerjaan proyek Kawasan Industri Terpadu Batang yang akan mengakuisisi lahan seluas 4.300 ha. Tahap pertama tahun ini juga akan dibangun pabrik kaca yang te

Lanjutkan membacaApril 26, 2021

Smart Building Mutlak Diterapkan Saat Pandemi

RumahCom – Kesehatan menjadi faktor penting untuk diterapkan pada bangunan gedung. Ada banyak hal penunjang khususnya penggunaan teknologi tinggi untuk memastikan gedung menjadi lebih sehat dengan i

Lanjutkan membacaApril 26, 2021

Potensi Peningkatan Sektor Properti Di Australia Capai 25 Persen Hingga 2023

RumahCom – Australi merupakan salah satu negara yang cukup baik menangani berbagai kendala karena pandemi Covid-19. Memiliki fundamental ekonomi yang baik dan politik stabil, berbagai kalangan mempr

Lanjutkan membacaApril 27, 2021

Kolaborasi Pengembang-Perbankan Hadirkan Suku Bunga Khusus 2,5 Persen

RumahCom – Kalangan pengembang dan perbankan terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasinya untuk menghadirkan berbagai promo kemudahan sehingga bisa mendorong peningkatan transaksi properti. Jabab

Lanjutkan membacaApril 27, 2021

Masukan