Harga Properti Masih Meningkat Saat Pandemi

April 28, 2021

RumahCom – Berbagai kendala yang terjadi pada sektor properti saat pandemi nyatanya tidak membuat harga produk properti menjadi turun. Riset yang dilakukan Bank BTN menyebut, rumah-rumah tipe 70 m2 ke bawah masih mencatatkan kenaikan bahkan beberapa tipe kenaikannya lebih tinggi saat sebelum ada pandemi.

Pandemi Covid-19 telah memukul sektor properti yang ditunjukan dengan anjloknya transaksi sektor ini seperti yang dialami perusahaan developer. Namun begitu pasar yang besar tetap membuat sektor properti bisa bertahan dan itu salah satunya ditunjukan dengan tetap terjadinya peningkatan untuk harga properti selama masa pandemi ini.

Menurut riset Housing Finance Center (HFC) Bank BTN, harga rumah tipe 70 m2 ke bawah secara nasional masih menunjukan peningkatan mencapai 5,24 persen secara tahunan (year on year/yoy). Bank BTN merupakan bank dengan fokus pembiayaan perumahan (KPR) khususnya untuk segmen menengah ke bawah dan rumah subsidi.

Menurut Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo, kenaikan harga rumah tipe tersebut secara nasional tercatat dalam BTN House Price Index (HPI) yang dipantau secara berkala khususnya dari rumah-rumah yang dibiayai oleh Bank BTN. Kondisi pandemi tidak menghilangkan kebutuhan hunian terlebih ada berbagai perubahan pola hidup masyarakat yang melakukan lebih banyak kegiatan dari rumah.

“Berbagai perubahan terkait pandemi ini justru menjadi peluang besar untuk sektor perumahan tetap tumbuh positif setelah satu tahun bergulat dengan penaganan pandemi. Sejalan dengan kebutuhan rumah yang mendesak,  berjalannya program vaksinasi, infrastruktur yang terus dibangun, hingga stimulus pemerintah di sektor perumahan justru memperkuat ekosistem pasar properti untuk terus terakselerasi,” ujarnya.

Winang Budoyo, Investor Relations and Research Division Head Bank BTN menambahkan, merinci HPI nasional yoy yang mencatatkan kenaikan dari 170,12 di bulan Maret menjadi 179,02 pada bulan yang sama tahun ini. Kenaikan harga rumah nasional per Maret 2021 ini ditopang oleh peningkatan yang signifikan untuk rumah tipe 70 m2 sebesar 5,49 persen yoy dari 153,4 menjadi 161,82 per triwulan pertama 2021.

“Peningkatan untuk tipe ini bahkan lebih tinggi dibandingkan peningkatan yang terjadi sebelum adanya pandemi yaitu sebesar 4,86 persen pada bulan Desember 2019. Program vaksinasi yang telah dijalankan memberikan kepastian kondisi ekonomi sehingga masyarakat mulai percaya diri untuk kembali melakukan aksi pembelian rumah,” katanya.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

Riset HFC juga mencatat rumah tipe 36 m2 dan 45 m2 secara konsisten ikut  menunjukan peningkatan. Rumah tipe 36 terpantau naik 5,54 persen per Maret 2021 dibandingkan pada Desember 2020 yang sebesar 4,26 persen. Kenaikan ini juga disebut Winang sebagai pertumbuhan yang mendekati sebelum pandemi atau sebesar 5,55 persen pada Desember 2019.

Sementara rumah tipe 45 mengalami kenaikan sebesar 4,51 persen dibandingkan Maret 2020 sebesar 3,97 persen. Kenaikan tipe 45 ini juga bisa disebut sebagai indikator kalau masyarakat mulai bersiap untuk masuk ke dalam iklim investasi yang lebih baik.

“Untuk wilayah yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi tetap dipegang oleh kawasan Jabodetabek sebesar 5,88 persen yoy. Untuk kawasan provinsi, Sulawesi Utara menempati nomer satu untuk pertumbuhan harga rumah yang mencapai 8,95 persen yoy pada bulan Maret 2021,” jelas Winang.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kolaborasi Pengembang-Perbankan Hadirkan Suku Bunga Khusus 2,5 Persen

RumahCom – Kalangan pengembang dan perbankan terus meningkatkan kerja sama dan kolaborasinya untuk menghadirkan berbagai promo kemudahan sehingga bisa mendorong peningkatan transaksi properti. Jabab

Lanjutkan membacaApril 27, 2021

Pengembangan Hunian di Koridor Timur Jakarta Masih Menjanjikan

RumahCom – Koridor timur Jakarta memiliki potensi dengan makin masifnya kehadiran pengembang besar ke wilayah ini. Sejalan, sejak beberapa tahun lalu pemerintah juga fokus menggencarkan sejumlah pro

Lanjutkan membacaApril 27, 2021

Konsep Rumah Pintar Kian Digemari, Apa Saja Kemudahannya?

RumahCom – Smart home sejatinya merupakan cerminan rumah berbasis teknologi. Di mana teknologi yang disematkan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh, dari man

Lanjutkan membacaApril 27, 2021

Usung Hunian Sehat, Pengembang Ini Tawarkan Rumah Semi Detached

RumahCom – Pengembang terus melakukan penyesuaian terkait konsep produk untuk menyesuaikan dengan situasi pandemi. Ciputra Group mengembangkan rumah murah berkonsep semi detached di Citra Maja Raya

Lanjutkan membacaApril 27, 2021

Proyek TOD Ini Hadirkan Spot Ngabuburit Yang Hype

RumahCom – Salah satu upaya pengembang untukk menunjukan progres proyeknya yaitu mengadakan berbagai event di site proyek. Seperti proyek TOD LRT City Ciracas yang mengadakan Urban Culinary Festival

Lanjutkan membacaApril 28, 2021

Masukan