Masyarakat Terdampak Bencana Dapat Bantuan Perumahan

Mei 3, 2021

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu relokasi untuk kawasan terdampak bencana. Di Provinsi NTT yang terkena bencana banjir bandang dan longsor masyarakat direlokasi ke kawasan baru dengan rumah instan Risha beranggaran Rp338 miliar.

Berbagai program perumahan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) bukan hanya terkait pembiayaan, pembangunan, maupun revitalisasi kawasan tapi juga program bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana alam.

Bencana alam bajir bandang dan longsor di Adonara dan Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu, telah membuat banyak masyarakat kehilangan rumahnya karena tersapu banjir maupun longsor. Kementerian PUPR bergerak cepat untuk memastikan lokasi relokasi untuk dibangun pembangunan rumah bagi warga yang terdampak bencana.

Menurut Ketua Satgas Penanganan Bencana Kementerian PUPR di NTT dan NTB Widiarto, Kementerian PUPR telah menghitung perkiraan kebutuhan biaya untuk program pembangunan perumahan dengan model rumah instan sederhana sehat (Risha). Untuk keperluan ini telah dianggarkan dana sebesar Rp338 miliar yaitu Rp236 miliar untuk tahun 2021 dan Rp102 miliar program tahun 2022.

“Anggaran ini untuk membangun sebanyak seribu unit Risha dengan pembangian 700 unit di Lembata dan 300 unit di Adonara. Terkait angka anggaran ini juga masih akan terus berkembang dan bisa berubah karena kami masih melakukan survei detil yang melibatkan juga pihak pemda dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Terkait lokasi penerima bantuan juga masih bisa bertambah karena saat ini ada empat lokasi tambahan usulan baru dari pemerintah daerah terkait bencana di NTT ini. Lokasi lainnya yaitu di Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Kabupaten Alor, dan Kabupaten Ndao dengan rumah yang terdampak puluhan hingga ratusan unit rumah.

Saat ini untuk lokasi Adonara telah ditetapkan dua alternatif lokasi yang disiapkan sementara di Lembata juga telah disiapkan tanah milik pemda. Lokasi ini juga masih terus dikomunikasikan dengan masyarakat setempat supaya bisa bersiap dan tidak kaget karena pindah lokasi seperti  ini juga terkait dengan masalah sosial lainnya.

“Relokasi perlu dilakukan karena pemukiman masyarakat yang terkena bencana ini berada di jalur debris aliran sungai yang sudah dipenuhi bebatuan sehingga sangat berisiko kalau kembali tinggal di sini. Kami akan terus melakukan komunikasi kalau syarat lokasi hunian itu harus aman dari risiko bencana,” jelas Widiarto.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kementerian ATR/BPN-Kemenag Akan Integrasikan Data Tanah Wakaf

RumahCom – Kementarian ATR/BPN dan Kemenag akan mengintegrasikan data tanah-tanah wakaf. Integrasi ini juga diharapkan bisa mempercepat pendaftaran dan pensertifikatan tanah-tanah wakaf yang selama

Lanjutkan membacaApril 30, 2021

Maksimal Satu Tahun Rumah Subsidi Harus Langsung Dihuni

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP PPDPP Kementerian PUPR menjalin kerja sama dengan penyedia listrik PLN untuk memantau keterhunian rumah bersubsidi. PLN bisa menyalurkan listrik untuk ru

Lanjutkan membacaApril 30, 2021

Pengembang Terus Berupaya Tunjukan Progres Pengembangan Proyek Saat Pandemi

RumahCom – Untuk menunjukan komitmennya, pengembang tetap melaksanakan prosesi topping off saat pandemi seperti pada proyek JKT Living Star. Berbagai kendala yang dihadapi tapi namun tetap bisa menj

Lanjutkan membacaApril 30, 2021

Setahun Pandemi, Pengembang Mulai Catatkan Peningkatan Bisnis

RumahCom – Berbagai adaptasi dan penerapan strategi bisnis terbaik terus dilakukan kalangan pengembang untuk menghadapi kendala karena pandemi Covid-19. Setelah setahun pandemi kita lalui pengembang

Lanjutkan membacaApril 30, 2021

Banyak Kemudahan, Promo Suku Bunga Ringan Bisa Lebih Panjang

RumahCom – Kalangan pengembang terus mengeluarkan promo kemudahan pembiayaan perumahan. Bank CIMB Niaga mengeluarkan promo suku bunga ringan 6 persenan dengan masa fixed lebih panjang selama 6 tahun

Lanjutkan membacaApril 30, 2021

Masukan