Tanjung Priok-Pademangan-Kemayoran Sebentar Lagi Bakal Bebas Banjir

Mei 5, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR membangun mesin pompa di RE Martadinata, Jakarta Utara, dengan kapasitas 50 m3/detik. Mesin pompa ini bisa mengantisipasi banjir di tiga kecamatan yang mencakup luas 1.000 hektar di wilayah Tanjung Priok, Pademangan, dan Kemayoran.

Proyek untuk mengurangi risiko banjir di wilayah Jakarta dan daerah penyangganya (Bodetabek) terus dikebut oleh pemerintah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kalau proyek penanggulangan banjir tidak dilakukan hanya saat musim penghujan tapi terus dikerjakan secara berkala dan progresif.

Salah satunya proyek pembangunan pompa Sentiong untuk mengganti pompa lama di Ancol, Jakarta Utara. Proyek yang berlokasi di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara ini dikerjakan secara multiyear 2020-2022 dengan anggaran dari APBN mencapai lebih dari Rp437 miliar yang berfungsi untuk mendorong air dari daratan menuju laut yang posisinya sudah lebih tinggi dari daratan di wilayah Jakarta Utara.

“Proyek ini baru dimulai sehingga progresnya baru sekitar empat persen. Nantinya kapasitas pompa ini mencapai 50 m3/detik dan nanti kalau sudah beroperasi tiga kecamatan di Jakarta Utara yaitu Tanjung Priok, Pademangan, dan Kemayoran tidak akan banjir lagi. Tiga kecamatan ini mencakup luas 10 km2 atau 1.000 hektar,” ujar Andri Rachmanto, Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Kementerian PUPR Andri Rachmanto.

Menyinggung soal hanya tiga wilayah kecamatan yang diantisipasi, menurut Andri, proyek ini sekalipun bukan untuk menghilangkan banjir tapi mengurangi risiko banjir Jakarta. Penanganan banjir sendiri tidak bisa dilakukan sporadis tapi harus menyeluruh dari hulu hingga ke hilir yang melibatkan banyak pihak, pemerintah daerah, hingga lintas sektoral.

Konsep penanganan banjir ini sendiri diadopsi dari negara-negara maju yang cukup sukses menjaga kawasannya tetap kering dengan wilayah yang juga lebih rendah dari permukaan laut. Setidaknya, Pompa Sentiong ini akan bisa kembali mengalirkan air di Kali Ancol yang selama ini tidak bisa bergerak secara gravitasi karena permukaan daratan yang lebih rendah dari permukaan laut.

Jika berusaha pasti selalu ada jalan. Sama seperti perjuangan para pencari rumah ini untuk mendapatkan rumah idamannya. Simak perjalanan mereka untuk motivasinya!

Komprehensif maka penanganannya harus dilakukan dari hulu dengan penanaman kembali pohon dan perbaikan kawasan yang rusak, pelebaran maupun pengerukan kembali aliran sungai, hingga mendorong aliran air menggunakan pompa di wilayah-wilayah yang lebih rendah.

Kementerian PUPR juga menjalin komunikasi dan koordinasi sangat aktif dengan Pemprov DKI Jakarta khususnya untuk pembebasan lahan untuk dibangun lokasi pompa. Berbagai upaya ini dilakukan yang paling optimal dan fungsinya bisa langsung terasa karena untuk membangun proyek penanggulangan banjir biayanya sangat mahal.

“Koordinasi kami dengan Pemprov DKI Jakarta terkait lahan-lahan yang sudah dibebaskan nanti kami bangun misalnya dengan tanggul untuk menahan air laut ke darat dan di daratnya sendiri dibangun pompa untuk mendorong air ke laut. Pemprov DKI Jakarta juga sangat aktif membangun polder-polder hingga revitasilasi situ dan ini harus simultan termasuk edukasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah ke sungai,” jelas Andri.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

3.200 Akad Kredit Masal KPR Subsidi Syariah Dilakukan Secara Online

RumahCom – Penyaluran KPR bersubsidi FLPP kembali dilaksanakan secara masal oleh Bank BTN Syariah. Sebanyak 3.200 nasabah KPR FLPP di berbagai kota melaksanakan akad krdit dan dengan penyaluran ini

Lanjutkan membacaMei 4, 2021

Ada 45 PP dan 4 Perpres UU Cipta Kerja, Ini Dampaknya Untuk Penataan Ruang Hingga Investasi

RumahCom – Pemerintah telah menerbitkan berbagai aturan turunan dari UU Cipta Kerja baik PP maupun Perpres. Ada banyak terobosan yang diatur dalam berbagai aturan tersebut sehingga akan mempercepat

Lanjutkan membacaMei 4, 2021

Lagi, Pengembang-Perbankan Kolaborasi Hadirkan Bunga 2,5 Persen Hingga Tenor 30 Tahun

RumahCom – Kerja sama strategis kembali dilakukan kalangan pengembang dan perbankan untuk menghadirkan berbagai kemudahan bagi milenial. Jababeka Residence dan Bank UOB mengeluarkan program bunga ri

Lanjutkan membacaMei 4, 2021

Akad Kredit Masal KPR Senilai Rp2,5 Triliun Diselenggarakan Di Bali

RumahCom – Bank BTN kembali melaksanakan akad kredit masal yang dipusatkan di Bali untuk ikut mendorong perekonomian Pulau Dewata ini. Akad kredit masal yang dilakukan untuk sebanyak 15.500 debitur

Lanjutkan membacaMei 5, 2021

1.367 Unit Rumah Di Kalimantan Barat Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu bantuan PSU untuk rumah-rumah yang dibangun kalangan pengembang. Dengan PSU ini kawasan perumahan bisa memiliki jalan lingkungan dan ut

Lanjutkan membacaMei 5, 2021

Masukan