Efek Pembebasan PPN, Produk Apartemen Ready Stock Laris Manis

Mei 6, 2021

RumahCom – Pengembang mulai merasakan dampak pembebasan PPN yang diberlakukan pemerintah untuk produk siap huni. Pengembang Jaya Real Property mencatatkan kenaikan penjualan untuk produk-produk siap huni di empat proyek apaertemennya sepanjang bulan Maret lalu.

Pemerintah mengeluarkan stimulus pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk produk properti yang siap diserahterimakan (ready stock) seharga di bawah Rp2 miliar dan diskon PPN 50 persen untuk produk seharga di atas hingga maksimal RP5 miliar. Stimulus ini berlaku hingga akhir Agustus 2021.

Belied ini telah membuahkan hasil meningkatnya penjualan untuk produk-produk ready stock. Pengembang PT Jaya Real Property Tbk misalnya, saat ini tengah memasarkan empat proyek apartemen siap huni yaitu Bintaro Plaza Residence, Emerald Bintaro, The Accent yang berlokasi di township Bintaro Jaya dan satu proyek Silk Town di Graha Raya, Tangerang Selatan, Banten.

Menurut GM Highrise PT Jaya Real Property Tbk Arum Prasasti, jumlah keempat apartemen ready stock yang dipasarkannya ini total ada sekitar 600-an unit. Harganya berkisar Rp300 jutaan untuk tipe studio di Emerald Bintaro, Rp400 jutaan di Bintaro Plaza dan Silk Town, Bintaro Plaza Residence Rp405 juta, serta di atas Rp1 miliaran untuk The Accent karena tinggal menyisakan tipe besar.

“Dampak kebijakan pembebasan PPN untuk produk ready stock telah meningkatkan penjualan unit apartemen kami hingga 70 persen sejak bulan Maret 2021 lalu. Mayoritas konsumen membeli dengan tunai keras atau pembiayaan bank (KPA) dengan depe yang diangsur pendek,” ujarnya.

Pembebasan PPN, sebut Arum, bisa memangkas harga unit apartemen yang dipasarkan menjadi berkurang signifikan. Misalnya tipe studio di Emerald Bintaro yang price list mencantumkan harga termurah Rp328 juta, ditambah diskon empat persen harganya menjadi Rp286 jutaan.

Masih bingung apa bedanya KPR Syariah dengan Properti Syariah? simak video berikut ini untuk tahu bedanya!

Untuk proyek yang lain seperti di Bintaro Plaza Residence dan Silk Town potongannya bisa lebih besar lagi hingga mencapai 15 persen dan nantinya ditambah pembebasan PPN 10 persen. Hal ini tentunya menjadi kesempatan yang sangat baik untuk masyarakat bisa membeli produk hunian yang siap huni dilengkapi berbagai fasilitasnya yang lengkap.

Peningkatan penjualan akibat berbagai stimulus ini juga berdampak pada pengurangan unit ready stock. Di Bintaro Plaza Residence dan Emerald Bintaro stok unitnya saat ini sudah hampir habis. Hal ini juga tidak terlepas dari lokasi apartemen yang dekat dengan Stasiun Sudimara dan Pondok Ranji ditambah dukungan infrastruktur jalan tol.

“Saat ini stok terbanyak kami ada di Apartemen Silk Town mencapai 300-an unit. Di sini penyerapannya agak lambat karena pesaingnya cukup banyak berbeda dengan Bintaro Plaza Residence maupun Emerald Bintaro. Total sejak ada insentif pembebasan PPN ini kami telah menjual sebanyak lebih dari 300 unit apartemen,” imbuh Arum.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Akad Kredit Masal KPR Senilai Rp2,5 Triliun Diselenggarakan Di Bali

RumahCom – Bank BTN kembali melaksanakan akad kredit masal yang dipusatkan di Bali untuk ikut mendorong perekonomian Pulau Dewata ini. Akad kredit masal yang dilakukan untuk sebanyak 15.500 debitur

Lanjutkan membacaMei 5, 2021

1.367 Unit Rumah Di Kalimantan Barat Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu bantuan PSU untuk rumah-rumah yang dibangun kalangan pengembang. Dengan PSU ini kawasan perumahan bisa memiliki jalan lingkungan dan ut

Lanjutkan membacaMei 5, 2021

Tanjung Priok-Pademangan-Kemayoran Sebentar Lagi Bakal Bebas Banjir

RumahCom – Kementerian PUPR membangun mesin pompa di RE Martadinata, Jakarta Utara, dengan kapasitas 50 m3/detik. Mesin pompa ini bisa mengantisipasi banjir di tiga kecamatan yang mencakup luas 1.00

Lanjutkan membacaMei 5, 2021

Ada 126 Juta Bidang Tanah, Ini Tahapan Percepatan Pensertifikatannya

RumahCom – Kementerian ATR/BPN memiliki target untuk mensertifikatkan 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia. Untuk mempercepat proses pendataan ini telah dimulai program PTSL baik dari pemerint

Lanjutkan membacaMei 6, 2021

Tol Cibitung-Cilincing Segera Beroperasi, Lalu Lintas Jabodetabek Bakal Lebih Lancar

RumahCom – Proyek jalan tol yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) terus dikebut pengerjaannya. Salah satunya tol Cibitung-Cilincing yang tersambung dengan ruas tol JORR 2 yang bila semua ru

Lanjutkan membacaMei 6, 2021

Masukan