Masyarakat Kalimantan Barat Apresiasi Program Bedah Rumah

Mei 7, 2021

RumahCom – Masyarakat penerima bantuan program bedah rumah berharap program ini terus dilanjutkan karena anggaran program juga ditingkatkan dari Rp17,5 juta menjadi Rp20 juta per unit rumah. Dampaknya dirasakan langsung untuk rumahnya yang lebih baik dan layak huni.

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan apresiasi dari masyarakat di Kalimantan Barat (Kalbar). Program ini telah berhasil mewujudkan hunian yang lebih layak bagi masyarakat sekaligus mengurangi rumah tidak layak huni di daerah.

“Kami sangat berterima kasih karena pemerintah memiliki Program BSPS yang manfaatnya sangat kami rasakan. Kami berharap program seperti ini bisa terus dilanjutkan karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan perumahan seperti program bedah rumah ini,” ujar Hampase, salah seorang penerima program BSPS di Desa Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

Hampase mendapatkan bantuan program bedah rumah pada tahun 2020 lalu. Dulu rumahnya berukuran 4×6 m dengan dinding dari papan kayu dan atap yang sering bocor ketika hujan turun. Setelah didata oleh pihak desa dan lolos administrasi dan verifikasi lapangan dari Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat, dirinya dinyatakan berhak menerima bantuan program BSPS.

“Sekarang rumah saya sudah berdinding batako dan disemen sehingga lebih rapi, tertata, dan yang penting tidak bocor lagi. Saya dan keluarga juga lebih nyaman tinggal di rumah sekarang makanya saya sangat berterima kasih kepada pemerintah karena kalau untuk merenovasi sendiri keluarga kami tidak memiliki dana,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Sungai Ambawang Satuki yang mewakili para penerima program BSPS di daerahnya. Satuki menyebut sangat bersyukur banyak warganya yang menerima bantuan ini karena kebanyakan masyarakat memang tidak bisa untuk melakukan renovasi sendiri.

“Program ini sangat pro rakyat dan dampaknya benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat penerima. Masyarakat dengan pendampingan dari Kementerian PUPR bisa melakukan renovasi rumahnya secara swadaya sehingga menjadi lebih nyaman dan lingkungannya juga tertata,” katanya.

Sementara itu Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, tahun 2021 ini Kementerian PUPR akan menyalurkann bantuan sebanyak 8.115 unit  RTLH di Provinsi Kalimantan Barat. Jumlah bantuan yang diberikan sebesar Rp17,5 juta dan pada tahun ini ditingkatkan menjadi Rp20 juta berupa bahan material bangunan dan upah jasa tukang.

“Tahun ini Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar RP162,3 miliar  untuk program BSPS di Kalbar. Melalui program ini kami ingin meningkatkan kualitas rumah menjadi layak huni sekaligus membuka lapangan pekerjaan melalui program padat karya tunai. Di lapangan program ini juga mendorong semangat gotong royong dan saling bantu untuk membuat rumah yang layak huni,” bebernya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Saat Pandemi Promo Itu Dari Pengembang, Perbankan, Hingga Stimulus Pemerintah

RumahCom – Kalangan pengembang terus memberikan berbagai kemudahan untuk merangsang masyarakat membeli properti saat pandemi ini. Sinar Mas Land mengeluarkan promo Ketupat Lebaran yang memberikan be

Lanjutkan membacaMei 6, 2021

Produk Komersial Juga Laris Saat Pandemi, Dijual Secara Online

RumahCom – Penjualan produk  komersial berupa ruko cukup sukses dipasarkan dengan cara online pada masa pandemi ini. Summarecon Serpong sukses meluncurkan ruko seharga Rp3 miliar yang dipasarkan hi

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Hati-Hati, Begini Praktik Mafia Tanah Yang Umum Terjadi

RumahCom – Ada banyak modus dan berbagai aktivitas lainnya terkait praktik mafia tanah. Kementerian ATR/BPN terus melakukan edukasi berbagai praktik mafia tanah, upaya pencegahan, hingga mekanisme p

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Seperti Ini Kolaborasi Penanganan Kawasan Kumuh Dan Rumah Tidak Layak Huni

RumahCom – Program penataan kawasan kumuh dan rumah tidak layak huni menjadi lebih cepat dengan kolaborasi antara SMF, Kementerian PUPR, dan pemerintah daerah. Program penataan kawasan juga sangat s

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Masukan