Aman Beli Properti, Ini Tip Dari Pengembang

Mei 10, 2021

RumahCom – Kasus-kasus jual beli produk properti yang bermasalah terus meningkat dan dibutuhkan pemahaman yang dalam bila kita ingin terhindar dari permasalahan ini. Sebagai konsumen harus terus meningkatkan wawasan dan pemahaman terkait produk properti seperti yang dipaparkan langsung oleh pengembang.

Membeli produk properti bagi sebagian besar masyarakat membutuhkan effort yang luar biasa karena membutuhkan dana yang besar. Karena itu membeli properti perlu dilakukan dengan cermat dan ekstra hati-hati terlebih berbagai masalah masih kerap dialami oleh masyarakat sebagai konsumen saat membeli produk properti.

Berbagai masalah seperti produk yang tidak sesuai spesifikasi, jadwal pembangunan hingga serah terima molor, legalitas yang belum rapi, hingga proyek yang batal dibangun atau pengembangnya hilang entah ke mana. Bila ini yang terjadi impian memiliki hunian malah bisa menjadi bencana.

Berdasarkan data Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), kasus-kasus yang terjadi seputar permasalahan perumahan terus meningkat sejak empat tahun terakhir. Berbagai permasalahan maupun pengaduan yang masuk telah dimulai saat tahap perencanaan proyek, land clearing, pelepasan hak, sertifikasi, progres pembangunan, penjualan, hingga proses serah terima.

Menurut Ketua Bidang Perumahan Syariah DPP Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Hadiana Sopandi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan produk properti yang kita beli aman dan bukan malah menyusahkan di kemudian hari.

“Pertama wajib melakukan cek status lahan dan sebagai konsumen jangan sungkan-sungkan untuk banyak bertanya terkait legalitas proyek. Tidak perduli developer besar atau kecil, yang kita beli itu produknya maka tenaga marketing harus bisa menjelaskan mengenai status maupun legalitas proyeknya,” katanya.

Beberapa hal lain yang juga harus diperinci antara lain, sudah sejauh mana pengurusan sertifikat dan developer atau pelaku usaha yang baik harus bisa menjelaskan itu. Hal kedua yaitu proses perizinan dan sebagai konsumen harus bisa dilihat dengan mata sendiri di lapangan seperti apa kondisinya.

Ketika sudah memutuskan beli rumah, penting untuk perhatikan pengembang perumahan tersebut. Seperti apa pengembang yang terpercaya? simak di video berikut ini!

Kita juga jangan mudah percaya dengan tagline syariah maupun berbagai dogma agama. Sama seperti proses jual-beli yang lain, produk properti itu juga proses jual-beli biasa karena itu yang terpenting adalah produknya harus jelas dan bukan dogma agama dibawa-bawa karena kalau mau aman, yang harus dipegang dan dipercaya itu apa yang kita lihat. Sekali lagi jangan ragu kendati proyek yang ditawarkan dari pengembang besar atau ada tokoh besar yang mengiklankannya.

Sebaliknya bila penawaran datang dari pengembang kecil dengan kantor yang sederhana, tapi bisa menunjukan berbagai legalitas maupun progresnya. Produk yang ditawarkan oleh pengembang seperti ini justru lebih aman dan terjamin ketimbang dari pengembang besar atau ada tokoh di belakangnya tapi masih berupa janji-janji.

“Tentu kita tidak bisa pukul rata semuanya, sama seperti di jalanan itu ada yang celaka tapi lebih banyak yang selamat. Kalau kita kebetulan pernah mengalami yang celaka untuk urusan beli properti, tentu sangat tepat bertanya juga kepada yang selamat. Jadi kita juga harus introspeksi, kenapa kita kemarin bisa celaka, mungkin ada cara yang salah,” beber Hadiana.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Masyarakat Kalimantan Barat Apresiasi Program Bedah Rumah

RumahCom – Masyarakat penerima bantuan program bedah rumah berharap program ini terus dilanjutkan karena anggaran program juga ditingkatkan dari Rp17,5 juta menjadi Rp20 juta per unit rumah. Dampakn

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Bukan Hanya Diskon, Konsep Produk Juga Penting Untuk Daya Tarik Penjualan

RumahCom – Berbagai cara dilakukan kalangan pengembang untuk terus meningkatkan transaksi penjualannya. Bukan hanya kemudahan pembelian dengan program diskon maupun kemudahan lainnya, konsep juga me

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Suplai Apartemen Jakarta Q1 2021 Naik Tipis

RumahCom – Penjualan unit apartemen di Jakarta masih cukup berat namun pada periode awal tahun 2021 ini mencatatkan kinerja yang lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Keseriusan peme

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Relaksasi Pemerintah Buka Peluang Bagi Developer dan Konsumen

RumahCom – Di awal tahun 2021, pemerintah menggelontorkan banyak insentif dan relaksasi bagi sektor properti agar industri yang memiliki lebih dari 150 industri turunan ini tetap dapat bertahan dari

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Tidak Bisa Mudik, Ini Empat Pilihan Hotel Di Tangerang Untuk Staycation

RumahCom – Ketimbang tidak bisa mudik karena mengikuti anjuran pemerintah guna menghindari penyebaran virus, kegiatan staycation bisa dijadikan alternatif mengisi liburan keluarga. Beberapa rekome

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Masukan