Ada Aplikasi Pendataan Bencana, Bantuan Perumahan Bisa Lebih Cepat

Mei 10, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR mengembangkan Rutena, sebuah aplikasi untuk pendataan bencana. Dengan aplikasi ini hunian yang rusak atau terdampak bencana bisa lebih cepat didata dan diberikan bantuan hunian pengganti bagi masyarakat terdampak.

Berbagai sistem aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi terus dikembangkan termasuk untuk pendataan hunian yang terdampak bencana. Karena itu Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan Sistem Informasi Pendataan Rumah Terdampak Bencana (Rutena) untuk membantu masyarakat yang huniannya rusak atau terdampak bencana alam.

Menurut Sekretaris Ditjen Perumahan M. Hidayat, pemerintah hadir dan ikut bertanggung jawab terhadap perlindungan masyarakat yang terdampak bencana alam salah satunya dengan proses pendataan yang lebih baik sehingga data rumah yang terdampak bencana bisa segera diketahui.

“Untuk mengantisipasi hal ini Ditjen Perumahan telah membuat mekanisme yang efektif untuk membantu warga yang terdampak bencana dalam hal perumahan dan pemukiman. Melalui mekanisme ini, masyarakat yang rumahnya rusak karena bencana alam bisa segera terbantu untuk huniannya,” ujarnya.

Bimbingan Teknik (Bimtek) mengenai Kebencanaan Bidang Perumahan Wilayah ini juga terus disosialisasikan khususnya untuk wilayah Jawa dan Bali untuk diberlakukan secara nasional. Berbagai koordinasi juga dilakukan misalnya dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas terkait dan instansi lainnya sehingga proses penanganan bencana bisa lebih cepat dan terpadu.

Salah satu upaya yang disiapkan untuk membantu warga terdapak bencana yaitu dengan pengembangan Rutena. Aplikasi ini menjadi pintu awal bagi Ditjen Perumahan dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana sehingga data yang masuk bisa lebih cepat dan lebih cepat pula pemeriksaan hingga penyaluran bantuan untuk bidang hunian.

Pengembangan sistem Rutena ini karena dilatarbelakangi berbagai rangkaian peristiwa bencana yang terjadi beberapa waktu terakhir di Indonesia. Terlebih bencana yang terjadi juga bukan disebabkan oleh faktor alam saja tapi juga faktor non alam maupun faktor manusia yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan akhirnya berbagai bencana yang menimbulkan banyak kerusakan hingga korban jiwa dan material yang tidak kecil.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Sistem informasi Rutena sendiri bisa diakses melaui website resmi Kementerian PUPR. Sistem tersebut telah dilengkapi dengan informasi jenis bencana, media untuk melakukan pendataan cepat, media untuk pendataan mendalam yang akurat, hingga penilaian tingkat kerusakan rumah secara otomatis.

Sistem informasi Rutena ini sementara akan digunakan oleh Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (P2P) Ditjen Perumahan dan pemerintah daerah. Dengan begitu bisa cepat dilakukan pendataan apabila di suatu daerah terjadi bencana. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas kamera 360 derajat sebagai penyampai pesan informasi bencana, jejak digital, dan penilaian kerusakann sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Kami berharap dengan dirilisnya aplikasi Rutena ini maka data yang ada di lapangan bisa disampaikan dengan baik dan lebih cepat kepada para pengambil kebijakan dan bisa memberikan kontribusi yang lebih maksimal untuk seluruh unit organisasi dalam membantu warga yang terdampak bencana,” beber Hidayat.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bukan Hanya Diskon, Konsep Produk Juga Penting Untuk Daya Tarik Penjualan

RumahCom – Berbagai cara dilakukan kalangan pengembang untuk terus meningkatkan transaksi penjualannya. Bukan hanya kemudahan pembelian dengan program diskon maupun kemudahan lainnya, konsep juga me

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Suplai Apartemen Jakarta Q1 2021 Naik Tipis

RumahCom – Penjualan unit apartemen di Jakarta masih cukup berat namun pada periode awal tahun 2021 ini mencatatkan kinerja yang lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Keseriusan peme

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Relaksasi Pemerintah Buka Peluang Bagi Developer dan Konsumen

RumahCom – Di awal tahun 2021, pemerintah menggelontorkan banyak insentif dan relaksasi bagi sektor properti agar industri yang memiliki lebih dari 150 industri turunan ini tetap dapat bertahan dari

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Tidak Bisa Mudik, Ini Empat Pilihan Hotel Di Tangerang Untuk Staycation

RumahCom – Ketimbang tidak bisa mudik karena mengikuti anjuran pemerintah guna menghindari penyebaran virus, kegiatan staycation bisa dijadikan alternatif mengisi liburan keluarga. Beberapa rekome

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Aman Beli Properti, Ini Tip Dari Pengembang

RumahCom – Kasus-kasus jual beli produk properti yang bermasalah terus meningkat dan dibutuhkan pemahaman yang dalam bila kita ingin terhindar dari permasalahan ini. Sebagai konsumen harus terus men

Lanjutkan membacaMei 10, 2021

Masukan