Program Bedah Rumah Gunakan Teknologi Lapisan Ferosemen Untuk Rumah Lebih Tahan Gempa

Mei 10, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR menerapkan teknologi lapisan ferosemen untuk perbaikan rumah dalam program BSPS atau bedah rumah. Teknologi ini memperkuat bagian dinding dengan sistem wiremesh yang lebih efisien namun dengan hasil lebih cepat dan kuat hingga rumah yang dibedah lebih tahan terhadap gempa.

Berbagai program bantuan perumahan dari pemerintah untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga diikuti dengan penggunaan teknologi alternatif khususnya untuk penggunaan material bahan bangunan. Hal ini untuk terus mencari pola-pola pembangunan yang efektif, efisien, dan murah.

Salah satunya seperti pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program yang kerap disebut sebagai bedah rumah ini menggunakan teknologi lapisan ferosemen untuk menguatkan struktur rumah yang dibedah.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, pemanfaatan teknologi lapisan ferosemen untuk rumah yang dibedah ini diharapkan bisa lebih memenuhi persyaratan layak huni khususnya dari segi keselamatan bangunan, meminimalisir kerusakan bangunan, dan keselamatan penghuni terhadap dampak bencana alam yang terjadi.

“Kami akan terus mendorong pelaksanaan program BSPS di seluruh wilayah Indonesia bukan hanya untuk meningkatkan hunian yang tidak layak huni menjadi layak huni tapi juga dengan penerapan teknologi yang bisa meningkatkan kualitas, proses pembangunan yang lebih efisien, hingga produk terbaik yang bisa dihasilkan,” ujarnya.

Pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan jumlah bantuan program BSPS yang hasilnya sangat nyata di lapangan karena bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Bahkan jumlah bantuannya pun ditingkatkan dari Rp17,5 juta pada tahun lalu menjadi Rp20 juta per unit rumah. Peruntukannya, Rp17,5 juta untuk material bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Alwi Mahdali menambahkan, program BSPS yang dilaksanakan di Provionsi Gorontalo pada tahun ini telah menggunakan teknologi lapisan ferosemen tersebut dan hasilnya rumah-rumah masyarakat yang dibangun kualitasnya lebih baik.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

 

“Total alokasi program BSPS di Gorontalo sebanyak 1.260 unit Provinsi Gorontalo dann 750 unit di Kabupaten Gorontalo dan semuanya telah menggunakan teknologi lapisan ferosemen. Bangunan bisa terlihat lebih kokoh dan masyarakat penerima bantuan juga senang karena rumahnya lebih rigid,” katanya.

Sebagai informasi, teknologi lapisan ferosemen merupakan metode perkuatan bangunan rumah berupa pasangan kawat (wiremesh) sebagai lapisan perkuatan pada dinding pasangan bata dan untuk menambah kekuatan struktur serta mengurangi atau menghilangkan tulangan baja. Metode ini juga bisa mendukung kekuatan bangunan terhadap gempa.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Suplai Apartemen Jakarta Q1 2021 Naik Tipis

RumahCom – Penjualan unit apartemen di Jakarta masih cukup berat namun pada periode awal tahun 2021 ini mencatatkan kinerja yang lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Keseriusan peme

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Relaksasi Pemerintah Buka Peluang Bagi Developer dan Konsumen

RumahCom – Di awal tahun 2021, pemerintah menggelontorkan banyak insentif dan relaksasi bagi sektor properti agar industri yang memiliki lebih dari 150 industri turunan ini tetap dapat bertahan dari

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Tidak Bisa Mudik, Ini Empat Pilihan Hotel Di Tangerang Untuk Staycation

RumahCom – Ketimbang tidak bisa mudik karena mengikuti anjuran pemerintah guna menghindari penyebaran virus, kegiatan staycation bisa dijadikan alternatif mengisi liburan keluarga. Beberapa rekome

Lanjutkan membacaMei 7, 2021

Aman Beli Properti, Ini Tip Dari Pengembang

RumahCom – Kasus-kasus jual beli produk properti yang bermasalah terus meningkat dan dibutuhkan pemahaman yang dalam bila kita ingin terhindar dari permasalahan ini. Sebagai konsumen harus terus men

Lanjutkan membacaMei 10, 2021

Ada Aplikasi Pendataan Bencana, Bantuan Perumahan Bisa Lebih Cepat

RumahCom – Kementerian PUPR mengembangkan Rutena, sebuah aplikasi untuk pendataan bencana. Dengan aplikasi ini hunian yang rusak atau terdampak bencana bisa lebih cepat didata dan diberikan bantuan

Lanjutkan membacaMei 10, 2021

Masukan