Penyaluran KPR Subsidi FLPP Terus Meningkat, Bulan Oktober Bisa Habis

Boy LeonardMei 11, 2021

KPR FLPP

RumahCom – PPDPP terus meningkatkan kinerja penyaluran KPR FLPP hingga saat ini telah mencapai hampir 30 persen dari target penyaluran pada tahun ini. Dengan progres kinerja seperti ini, diprediksi penyaluran KPR FLPP akan habis pada bulan Oktober 2021.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mencatatkan peningkatan penyaluran KPR subsidi fasilitas likuditas pembiayaan perumahan (FLPP). Hingga pekan pertama bulan Mei 2021, PPDPP telah menyalurkan sebanyak 46.947 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, hunian sebanyak hampir 47 ribu unit tersebut menghabiskan dana senilai Rp5,10 triliun. Pencapaian ini artinya telah memenuhi 29,81 persen dari target penyaluran KPR FLPP oleh PPDPP yang ditetapkan sebanyak 157.500 unit pada tahun ini.

“Total dengan pencapain kami hingga bulan Mei 2021 ini, sejak PPDPP menyalurkan program KPR subsidi FLPP pada tahun 2010 lalu, total yang telah kami salurkan mencapai 811.802 unit rumah. Angka ini ekuivalen dengan dana subsidi mencapai Rp60,7 triliun,” ujarnya.

Dengan pencapaian yang sangat baik bahkan di tengah situasi pandemi Covid-19, Arief menyebut seluruh target penyaluran KPR FLPP pada tahun ini diprediksi akan habis tidak sampai akhir tahun 2021. Diperikirakan, angggaran FLPP akan habis terserap pada bulan Oktober 2021.

Karena itu Arief berharap bank maupun lembaga keuangan lain yang menyalurkan KPR FLPP kepada MBR harus terus meningkatkan kinerja bisnisnya untuk bisa menyesuaikan dengan target yang telah ditetapkan dan bisa mengejar percepatan penyaluran yang saat ini terus meningkat.

Saat ini ada 39 bank pelaksana yang telah bekerja sama dengan PPDPP dalam menyalurkan KPR FLPP. Mayoritas pembiayaan dengan KPR FLPP ini digunakan untuk rumah tapak (landed house) dan hingga saat ini baru satu proyek rumah susun (apartemen) yang disalurkan FLPP yaitu di Rusun Bandar Kemayoran.

“Sejauh ini Bank BTN masih menempati posisi tertinggi untuk penyaluran KPR FLPP yaitu sebbanyak 25.797 unit. Kedua tertinggi disalurkan oleh Bank BTN Syariah (5.579 unit), Bank BRI (2.530 unit), Bank BJB (1.497 unit), Bank BSI (1.035 unit), Bank Sulselbar (475 unit), Bank Sumsel Babel (369 unit), Bank Kalsel Syariah (346 unit), dan Bank Jambi (331 unit),” beber Arief.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lembaga Penyalur KPR Bersubsidi Ini Siapkan Tanda Tangan Digital Untuk Proses Aplikasi Yang Lebih Mudah

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP, tengah mempersiapkan dan menguji penerapan tanda tangan digital. Dengan penerapan ini proses pengajuan KPR subsidi FLPP bisa lebih cepat dan muda

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2020

Kementerian PUPR Serap Anggaran Rp41,17 Triliun

RumahCom - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat realisasi penyerapan Tahun Anggaran (TA) 2020. Dari catatan kementerian, realisasi serapan anggaran mencapai 48,13 persen ata

Lanjutkan membacaSeptember 1, 2020

Lembaga Penyalur KPR Bersubsidi Siapkan Aplikasi Untuk Menjamin Kualitas Perumahan

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP terus memperkuat layanannya dengan berbasis teknologi. Setelah aplikasi SiKasep dan SiKumbang, PPDPP tengah mempersiapkan aplikasi  SiPetruk untu

Lanjutkan membacaSeptember 7, 2020

Penyaluran KPR Subsidi FLPP Bisa Tembus 105,72 Persen

RumahCom – Lembaga penyalur KPR FLPP, PPDPP, pencatatkan penyaluran yang pesat saat situasi pandemi. Dengan tren penyaluran seperti ini, hingga akhir tahun PPDPP akan bisa menyalurkan KPR subsidi me

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2020

Ini Bank Pertama Yang Menyalurkan KPR Bersubsidi Tahun 2021

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP, terus mempercepat penyaluran KPR FLPP dengan 38 bank penyalur yang telah digandeng sejak tahun lalu. Bank BRI menjadi bank pertama yang menyalurk

Lanjutkan membacaFebruari 9, 2021

Masukan