Pengembangan Kota Mandiri Untuk Tukang Bangunan Disiapkan

Mei 24, 2021

RumahCom – Asosiasi tenaga tukang bangunan yang tergabung di DPN Perkasa menjajaki pembangunan Kota Mandiri Tukang Indonesia dengan Kementerian PUPR dan PPDPP. Pengembangan kota mandiri ini bisa memenuhi kebutuhan hunian para tukang sekaligus meningkatkan capaian program sejuta rumah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penjajakan untuk pengembangan Kota Mandiri Tukang Indonesia di Desa Tajur, Citereup, Bogor, Jawa Barat. Hal ini tengah dibahas antara Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan, Ditjen Pembiayaann Infrastruktur, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), dan Pengurus Bedeng Pusat Perkumpulan Tukang Bangunan Indonesia Dewan Pertukangan Nasional (PBP DPN Perkasa).

Menurut Direktur RUK Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur, rencana pembangunan Kota Mandiri Tukang Indonesia secara langsung akan membantu meningkatkan pembangunan hunian masyarakat khususnya program sejuta rumah secara nasional.

“Salah satu upaya Kementerian PUPR untuk terus mendukung pembangunan Kota Mandiri Tukang Indonesia yaitu insentif kepada pengembang berupa bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU). Tentunya bantuan PSU ini diberikan dengan harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Adanya sinergi program perumahan antara Kementerian PUPR dengan DPN Perkasa juga diharapkan bisa meningkatkan sinergi perumahan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sehingga bisa terus menambah jumlah pembangunan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2015 lalu.

“Untuk program bantuan PSU yang akan disalurkan Kementerian PUPR akan diberikan setelah sudah ada sekitar 30 persen rumah yang terbangun. Bantuan yang diberikan antara lain jalan lingkungan, saluran air, hingga tempat penampungan sampah terpadu. Para tukang yang mendapatkan bantuan juga harus memenuhi persyaratan perbankan bila ingin mendapatkan program pembiayaan perumahan bersubsidi,” imbuhnya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

 

Untuk diketahui, DPN Tukang Bangunan Indonesia telah dilantik oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sejak bulan September 2019 lalu. DPN Tukang Bangunan Indonesia didirikan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para tukang di indonesia sekaligus mensukseskan program pembangunan infrastruktur dan perumahan di indonesia.

Ketua DPN Tukang Bangunan Indonesia M. Kuswandi mengatakan, saat ini DPN Tukang Bangunan Indonesia telah memiliki cabang 34 DPD Tukang Bangunan Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia dan selalu siap bersinergi dengan Kementerian PUPR untuk melaksanakan sertifikasi tukang dengan Balai Jasa Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi. Di sisi lain, DPN Tukang Bangunan Indonesia juga terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para tukang salah satunya dengan penyediaan hunian bersubsidi.

“Kami telah menyiapkan lahan lebih dari 30 ha di Desa Tajur, Citereup, Bogor, untuk dibangun tiga ribuan unit rumah dan pihak DPN Tukang Bangunan Indonesia juga terus mengurus proses perizinan lahan ke pemerintah daerah. Lokasi kami juga sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Pabrik Indocement dan pihak koperasi Indocement juga telah menyatakan dukungan untuk rencana pengembangan Kota Mandiri Tukang setelah mengkoordinir para tukang yang terdaftar di PT Indocement,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kelebihan Jalur Pansela Dibandingkan Pantura, Panoramic Road Hingga Kawasan Wisata

RumahCom – Kementerian PUPR terus meningkatkan kualitas jalan di jalur Pantai Selatan atau Pansela yang selama ini kalah populer dari jalur Pantura. Ada banyak kelebihan seperti panoramic road di ja

Lanjutkan membacaMei 22, 2021

Pembebasan PPN Sukses Kurangi Stok Apartemen Pengembang

RumahCom – Stimulus pembebasan PPN yang dikeluarkan pemerintah cukup sukses meningkatkan penjualan produk properti ready stock. Apartemen Emerald Bintaro sukses memasarkan dua tower salah satunya di

Lanjutkan membacaMei 22, 2021

Pemerintah Terus Dorong Program Reforma Agraria Untuk Pendaftaran Hingga Pemerataan Akses Tanah

RumahCom – Kementerian ATR/BPN mendorong pelaksanaan program reforma agraria yang melibatkan semua kementerian dan instansi. Hal ini untuk mempercepat proses pendaftaran 126 juta bidang tanah hingga

Lanjutkan membacaMei 22, 2021

Sukses Pasarkan SOHO Di Surabaya, Pengembang Optimistis Bisnis Properti Membaik

RumahCom – Berbagai indikasi perbaikan bisnis properti mulai terlihat dengan kesuksesann penjualan produk komersial di kawasan Surabaya Barat. Pengembang Intiland menuai sukses untuk pemasaran produ

Lanjutkan membacaMei 22, 2021

Biro Arsitek Indonesia Rancang Bangunan Ikonik Untuk Industri Digital Di Afrika

RumahCom – Biro arsitektur Indonesia MorphAsia merancang bangunan MediaCity Mauritius di Afrika yang akan digunakan untuk mendorong industri digital dan kreatif di benua Afrika. Ada beberapa ciri ma

Lanjutkan membacaMei 22, 2021

Masukan