E-Catalogue Properti Bisa Jadi Trigger Penjualan

Mei 25, 2021

RumahCom – Digital marketing menjadi andalan bagi pengembang untuk memasarkan produk propertinya saat pandemi Covid-19. Kendati belum bisa bertransaksi langsung menggunakan sistem online, keberadaan e-catalogue misalnya, membuat potensi penjualan yang terjadi mencapai lebih dari 50 persen.

Pandemi Covid-19 telah memunculkan beragam perubahan maupun lifestyle atau kerap disebut kenormalan baru (new normal). Di sektor properti, pemasaran dengan memanfaatkan marketing digital telah diterapkan oleh hampir seluruh pengembang dan salah satu penerapan dari digital marketing yaitu adanya e-catalogue.

Dengan e-catalogue masyarakat dimudahkan untuk melihat berbagai keunggulan mulai dari lokasi, fasilitas, konsep pengembangan, harga, dan hal lainnya dari produk properti yang ditawarkan. E-catalogue bisa menjadi informasi awal sebelum melihat produk maupun show unit di lokasinya langsung.

Di sisi lain, e-catalogue seperti ini untuk sektor properti belum bisa mendongkrak langsung tingkat penjualan yang bisa dibukukkan pengembang. Menurut Managing Director Strategic Business & Servicees Sinar Mas Land (SML) Alim Gunadi, perangkat marketing tools seperti e-catalogue masih membutuhkan sosialisasi dan edukasi karena berbeda dengan produk e-commerce lainnya, produk properti membutuhkan biaya yang besar sehingga tetap harus dilihat secara langsung.

“Di sisi lain keberadaan e-catalogue itu bisa men-trigger penjualan produk properti kendati tetap harus melihat barangnya secara langsung. Paling tidak e-catalogue sudah bisa mendorong orang untuk melakukan explore terkait produk yang diincarnya dan nanti tinggal di prospek oleh awak marketing untuk sales closing-nya,” ujarnya.

Kelebihan lain dari adanya e-catalogue, jelas Alim, bisa mendorong orang untuk lebih mudah melakukan eksplorasi terkait produk yang diincarnya. Gambarannya begini, orang yang tinggal di Balikpapan dan tertarik dengan produk perumahan di township BSD City, Tangerang, Banten, bisa mendapatkan informasi awal dari e-catalogue.

E-catalogue ini semacam aktivitas window shopping di mal atau pusat perbelanjaan tapi dilakukan untuk produk properti melalui e-catalogue. Sebelum ada pandemi, window shopping untuk produk properti dilakukan dengan berkeliling kawasan melihat berbagai fasilitas maupun sarana sebelum masuk ke dalam kantor marketing.

“Sekarang dengan e-catalogue ini calon konsumen sudah mendapatkan informasi yang cukup bahkan sudah mengontak awak marketing. Kami perkirakan potensi yang telah melihat produk melalui e-catalogue ini mencapai  lebih dari 50 persen yang akhirnya closing atau membeli. Jadi opportunity-nya cukup besar karena sudah di atas 50 persen yang datang pasti jadi membeli,” pungkasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Biro Arsitek Indonesia Rancang Bangunan Ikonik Untuk Industri Digital Di Afrika

RumahCom – Biro arsitektur Indonesia MorphAsia merancang bangunan MediaCity Mauritius di Afrika yang akan digunakan untuk mendorong industri digital dan kreatif di benua Afrika. Ada beberapa ciri ma

Lanjutkan membacaMei 22, 2021

Pengembangan Kota Mandiri Untuk Tukang Bangunan Disiapkan

RumahCom – Asosiasi tenaga tukang bangunan yang tergabung di DPN Perkasa menjajaki pembangunan Kota Mandiri Tukang Indonesia dengan Kementerian PUPR dan PPDPP. Pengembangan kota mandiri ini bisa mem

Lanjutkan membacaMei 24, 2021

Tokoh Perumahan Itu Berpulang, Ini Berbagai Warisan Untuk Perumahan Rakyat

RumahCom – Tokoh perumahan Budi Prayitno berpulang meninggalkan kesan mendalam khususnya berbagai pemikiran di sektor perumahan rakyat. Semasa hidupnya, Budi telah banyak memberikan masukan kepada K

Lanjutkan membacaMei 24, 2021

Ada Banyak Promo Pembiayaan Properti, Simak Kemudahannya

RumahCom – Berbagai kendala akibat pandemi Covid-19 tidak memengaruhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan hunian. Hal ini mendorong kalangan perbankan terus memberikan berbagai kemudahan pembiayaan

Lanjutkan membacaMei 24, 2021

Masih Banyak Kemudahan Yang Ditawarkan Pengembang, Ada Promo Rp11 Juta Langsung Huni

RumahCom – Pengembang terus memberikan berbagai kemudahan untuk menarik minat pasar dan menyegerakan pembelian produk propertinya. Pengembang Metland memberikan kemudahan dengan hanya membayar Rp11

Lanjutkan membacaMei 24, 2021

Masukan