750 Unit Rumah Tidak Layak Huni Di Provinsi Riau Kini Sudah Lebih Baik

Mei 27, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR kembali melaksanakan program bedah rumah untuk rumah-rumah yang tidak layak huni di Provinsi Riau. Di wilayah ini program bedah rumah dilaksanakan untuk 750 unit rumah di dua desa dengan anggaran mencapai Rp20 juta untuk setiap unit rumah.

Program pembenahan rumah tidak layak huni (RTLH) terus dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kali ini sebanyak 750 unit RTLH di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau akan dibedah supaya lebih layak huni dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau program bedah rumah.

Pelaksanaan program bedah rumah ini menggunakan dana Rp15 miliar yang dilakukan secara swadaya antar masyarakat penerima program bantuan. Bentuk pelaksanaannya juga bersifat bantuan langsung tunai sehingga sekaligus untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Menurut Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Zubaidi, sebanyak 750 unit RTLH yang akan dibedah ini tengah dilakukan monitoring kegiatan penyaluran program BSPS. Program ini dilaksanakan di Desa Similinyang dan Desa Sahilan Darussalam, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah sifatnya stimulan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hunian masyarakat. Jumlah bantuan yang diberikan sebesar Rp20 juta dengan perincian Rp17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang,” ujarnya.

Adapun beberapa syarat untuk masyarakat untuk menerima program bantuan ini antara lain, rumahnya dimiliki sendiri yang dibuktikan dengan legalitas dan tidak dalam status sengketa. Syarat lainnya belum pernah menerima program bantuan perumahan dari pemerintah dan memiliki penghasilan di bawah Rp4 juta setiap bulannya.

“Setiap rumah yang mendapatkan program bantuan ini untuk mewujudkan hunian yang lebih sehat. Kualitas bangunan juga menjadi hal yang utama khususnya pada sisi konstruksi maupun ketahanan strukturnya dengan menyediakan luas minimal per kapita standar PBB yaitu 9 m2 per orang dan ketersediaan akses air bersih dan sanitasi,” imbuh Zubaidi.

Ratna Dewi, salah satu penerima program bantuan bedah rumah dari Desa Similinyang menyampaikan penghargaan dan apresiasinya dengan program bantuan perumahan ini. Dengan penghasilan keluarganya selama ini tidak pernah bisa mewujudkan untuk hunian yang lebih baik dari yang saat ini ditempati.

“Dulu rumah kami sering bocor dan tergenang air kalau hujan, selama ini kami menabung bertahun-tahun baru terkumpul Rp4,5 juta untuk perbaikan rumah ini. Makanya kami sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini sehingga rumah kami sekarang sudah lebih baik,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bank Gandeng Penghuni Dan Pengurus Apartemen, Ini Berbagai Kemudahan Yang Ditawarkan

RumahCom – Pengurus dan penghuni apartemen disasar kalangan perbankan untuk kemudahan berbagai jasa maupun layanan perbankan. Bank DKI menggandeng pengurus dan penghuni Apartemen Taman Rasuna dengan

Lanjutkan membacaMei 25, 2021

Indeks Harga Apartemen Turun, Rumah Tapak Naik Tipis, Saat Bagus Beli Properti

RumahCom – Periode Q1 2021 mencatatkan penurunan indeks harga properti dan kenaikan suplai yang membuat harga menjadi terkoreksi. Rangkuman Review Property Market Q1 2021 dari Rumah.com ini menjadi

Lanjutkan membacaMei 25, 2021

Kampung Pelangi Semarang yang Ikonik Dipercantik Ulang

RumahCom -  Kampung Pelangi Semarang memang bukan kampung sembarang, setiap sudutnya yang dicat warna-warni sehingga kaya visual warna membuat kampung yang berada di Jalan DR. Sutomo Nomor 89, Randus

Lanjutkan membacaMei 26, 2021

Insentif PPN Digabung Promo Pengembang, Ini Kemudahan Beli Apartemen Yang Ditawarkan

RumahCom – Insentif pembebasan PPN dan berbagai kemudahan yang ditawarkan pengembang menjadi waktu tepat untuk memberli produk properti saat ini. Bundling insentif dan promo pengembang ini akan mer

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Pemda Digandeng Untuk Mencari Alternatif Pembiayaan Rumah Rakyat

RumahCom – PPDPP terus mencari alternatif pendanaan KPR subsidi FLPP dari saat ini porsinya 75:25 antara PPDPP dan bank pelaksana. Salah satunya inisiasi kerja sama dengan pemda seperti Provinsi Jaw

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Masukan