Hunian TOD Cocok Diterapkan Di Kawasan Perkotaan, DPR Mengapresiasi

Mei 28, 2021

RumahCom – Konsep hunian TOD atau yang mengintegrasikan dengan transportasi publik semakin aktual diterapkan di kawasan perkotaan. Karena itu DPR mengapresiasi kolaborasi antar kementerian dan perusahaan BUMN yang mewujudkan kawasan TOD di berbagai stasiun.

Komisi V DPR mengapresiasi sinergi antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait konsep pembangunan rumah susun berbasis transit oriented development (TOD). Salah satunya di proyek Apartemen Samesta Mahata Serpong yang terintegrasi Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Banten, yang dikembangkan oleh Perumnas dann PT Kereta Api Indonesia (KAI).

“Kami sangat mengapresiasi pembangunan TOD karena masyarakat sangat membutuhkan hunian yang dekat dengan sarana transportasi. Makanya konsep TOD seperti di proyek Perumnas dan KAI ini sangat tepat dan harus terus diperbanyak di wilayah lain,” ujar Sri Rahayu, Anggota Komisi V DPR.

Hunian dengan konsep TOD, lanjut Sri, bisa menjadi solusi untuk hunian perkotaan yang optimal. Terlebih dengan sinergi beberapa kementerian dan perusahaan BUMN yang harus terus ditingkatkan sehingga bisa memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat banyak khususnya di perkotaan.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro mengatakan, konsep TOD di Stasiun Rawa Buntu ini merupakan proyek sinergi BUMN di mana lahan disediakan oleh KAI dan pengembangan proyek dilakukan Perumnas dengan kontraktor perusahaan BUMN lain yaitu PT Adhi Karya.

“Lahan yang digarap luasnya mencapai 2,4 ha yang akan dibangun sebanyak enam tower apartemen sebanyak 3.632 unit. Tahap pertama ini dibangun sebanyak 1.816 unit yang terbagi menjadi 330 unit hunian subsidi dan 1.486 unit non subsidi. Selain itu akan ada fasilitas lain sehingga penghuni di sini akan dimudahkan dengan akses transportasi menggunakan kereta dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan semuanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki,” katanya.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur menambahkan, konsep hunian TOD merupakan upaya pengembangan perkotaan yang menuntut keterpaduan antar pola dan struktur ruang wilayah mulai perumahan, sarana komersial, hingga ruang rekreasi dengan sarana transportasi umum yang dijangkau dengan berjalan kaki.

“Salah satu keuntungan tinggal di kawasan TOD yaitu masyarakat diantar jemput dengan kereta api saat melakukan mobilisasi dari tempat tinggal ke tempat kerjanya. Jadi ada integrasi antara hunian dengan transportasi masal commuter line. Selain TOD Mahata Serpong yang juga sedang dikembangkan yaitu TOD di Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Pondok Cina, hingga di Stasiun MRT Lebak Bulus,” jelasnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Insentif PPN Digabung Promo Pengembang, Ini Kemudahan Beli Apartemen Yang Ditawarkan

RumahCom – Insentif pembebasan PPN dan berbagai kemudahan yang ditawarkan pengembang menjadi waktu tepat untuk memberli produk properti saat ini. Bundling insentif dan promo pengembang ini akan mer

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Pemda Digandeng Untuk Mencari Alternatif Pembiayaan Rumah Rakyat

RumahCom – PPDPP terus mencari alternatif pendanaan KPR subsidi FLPP dari saat ini porsinya 75:25 antara PPDPP dan bank pelaksana. Salah satunya inisiasi kerja sama dengan pemda seperti Provinsi Jaw

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

750 Unit Rumah Tidak Layak Huni Di Provinsi Riau Kini Sudah Lebih Baik

RumahCom – Kementerian PUPR kembali melaksanakan program bedah rumah untuk rumah-rumah yang tidak layak huni di Provinsi Riau. Di wilayah ini program bedah rumah dilaksanakan untuk 750 unit rumah di

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

BI: Sektor Properti Digas Pol

RumahCom – Banyaknya sektor terkait yang akan ikut berkembang saat bisnis properti maju membuat pemerintah fokus pada sektor riil ini. Bank Indonesia (BI) ikut mendukung perbaikan di sektor properti

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Batal Mudik, Maksimalkan THR Untuk Beli Properti

RumahCom – Pandemi memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa membeli produk properti dengan banyak kemudahan. Seperti yang ditawarkan di LRT City Ciracas, ada program diskon, subsidi, full

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Masukan