Kabupaten Tangerang Siap Untuk Pengembangan Perumahan Skala Besar

Mei 28, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR terus mencari cara untuk pengembangan perumahan berskala besar salah satunya di wilayah-wilayah satelit Jakarta. Kabupaten Tangerang telah menyatakan kesiapannya untuk pengembangan hunian bersakal besar khususnya dengan populasi tinggai dan peningkatan urbanisasi.

Kebutuhan hunian khususnya di kawasan perkotaan terlebih wilayah-wilayah satelit Jakarta terus meningkat. Hal ini menuntut adanya pengembang pembangunan perumahan berskala besar dan untuk itu dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang perumahan, maupun masyarakat untuk mewujudkann hunian yang layak.

Wilayah Kabupaten Tangerang, Banten misalnya, merupakan salah satu kawasan yang kebutuhan huniannya sangat besar dan terus meningkat. Untuk itu dilakukan audiensi antara Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Pemkab Tangerang.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, pemerintah menilai pengembangan perumahan berskala besar di Kabupaten Tangerang sangat mendesak untuk segera dilakukan dan karena itu harus menjadi fokus kerja pemerintah khususnya melalui program sejuta rumah selain mendorong masyarakat untuk bisa menempati rumah yang layak.

“Kawasan Tangerang sebagai salah satu wilayah penyangga ibukota memiliki lahan yang cukup luas untuk dijadikan pilot project pengembangan perumahan skala besar. Untuk mewujudkan ini kami membutuhkan dukungan dari pemda, pengembang, dan masyarakat untuk menjadi perhatian kalau proyek ini sangat penting untuk mewujudkan pembangunan kawasan semakin tertata,” ujarnya.

Karena itu Ditjen Perumahan juga cukup kerap melakukan kunjungan ke lapangan khususnya di sejumlah daerah di Kabupaten Tangerang. Pengembangan perumahan berskala besar ini juga sekaligus untuk menata masih banyaknya kawasan kumuh di wilayah Kabupaten Tangerang.

Khalawi berharap untuk mewujudkan pengembangan perumahan skala besar ini setidaknya Pemkab Tangerang bisa menguatkan komitmennya khususnya melalui peruntukan lahan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) hingga penyediaan lahannya.

“Pengembangan perumahan berskala besar ini juga supaya penataan hunian di Kabupaten Tangerang bisa berjalan dengan baik. Kami dari Kementerian PUPR akan memberikan dukungan infrastruktur dalam pembangunan perumahan berskala besar ini sesuai dengan kebutuhan dari Pemkab Tangerang,” imbuhnya.

Bupati Tangerang Zaki Iskandar mengatakan, saat ini Kabupaten Tangerang bisa disebut sebagai miniaturnya indonesiia dengan jumlah populasi penduduk yang mencapai empat juta jiwa dan tentunya sangat membutuhkan hunian. Meskipun banyak daerah di Tangerang yang sudah cukup maju namun tidak menutup masih ada daerah-daerah khususnya di pesisir pantai yang memerlukan bantuan dari pemerintah pusat.

“Tentunya kami siap untuk mendukung pengembangan perumahan berskala besar di Kabupaten Tangerang karena saat ini urbanisasi di daerah juga akan menambah kebutuhan hunian masyarakat. Kami juga mengajukan usulan penyediaan air baku untuk kawasan pesisir untuk itu dibutuhkan juga dukungan dengan Ditjen Bina Marga, Cipta Karya, Sumber Daya Air, hingga Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW),” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

750 Unit Rumah Tidak Layak Huni Di Provinsi Riau Kini Sudah Lebih Baik

RumahCom – Kementerian PUPR kembali melaksanakan program bedah rumah untuk rumah-rumah yang tidak layak huni di Provinsi Riau. Di wilayah ini program bedah rumah dilaksanakan untuk 750 unit rumah di

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

BI: Sektor Properti Digas Pol

RumahCom – Banyaknya sektor terkait yang akan ikut berkembang saat bisnis properti maju membuat pemerintah fokus pada sektor riil ini. Bank Indonesia (BI) ikut mendukung perbaikan di sektor properti

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Batal Mudik, Maksimalkan THR Untuk Beli Properti

RumahCom – Pandemi memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa membeli produk properti dengan banyak kemudahan. Seperti yang ditawarkan di LRT City Ciracas, ada program diskon, subsidi, full

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Hunian TOD Cocok Diterapkan Di Kawasan Perkotaan, DPR Mengapresiasi

RumahCom – Konsep hunian TOD atau yang mengintegrasikan dengan transportasi publik semakin aktual diterapkan di kawasan perkotaan. Karena itu DPR mengapresiasi kolaborasi antar kementerian dan perus

Lanjutkan membacaMei 28, 2021

Asosiasi Pengembang Dorong Pemerintah Tambah Enam Bulan Pemberlakuan Insentif PPN

RumahCom – Asosiasi pengembang Himperra mendorong pemerintah untuk memperpanjang stimulus pembebasan PPN hingga enam bulan ke depan. Hal ini untuk semakin memperbesar dampak ikutan dari stimulus ini

Lanjutkan membacaMei 28, 2021

Masukan