Pentingnya Informasi, Koordinasi, Hingga Pengaduan Program Perumahan

Mei 28, 2021

RumahCom – Ditjen Perumahan Kementerian PUPR terus meningkatkan pelayanan, koordinasi, hingga SOP untuk program perumahan salah satunya dengan penerapan aplikasi  teknologi. Sibaru misalnya, bisa memudahkan usulan program perumahan dari pemerintah daerah hingga pengaduan di sektor perumahan.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan koordinasi, evaluasi, hingga pengawasan untuk kegiatan pelayanan di sektor perumahan khususnya standar operasional prosedur (SOP) serta inovasi pelayanan publik di bidang perumahan.

Menurut Sekretariat Ditjen Perumahan Kementeriann PUPR M. Hidayat, program perumahan maupun kepentingan di bidang perumahan harus dibarengi dengan pelayanan publik yang baik dan harus terus ditingkatkan khususnya koordinasi antar unit kerja, SOP, hingga inovasi pelayanan publik termasuk mempermudah akses informasi bidang perumahan.

“Kebutuhan informasi dan layanan publik di bidang perumahan khususnya di masa pandemi Covid-19 ini harus terus ditingkatkan. Terlebih perumahan merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh masyarakat yang harus dipenuhi dan itu merupakan tanggung jawab pemerintah dan kita semua,” ujarnya.

Karena itu pelayanan publik di Ditjen Perumahan ke depan harus lebih ditingkatkan dan dilaksanakan dengan baik bukan hanya di lingkup internal tapi juga harus bisa menjangkau masyarakat secara luas. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi dan memanfaatkan perkembangan media sosial yang bisa diakses secara luas dan mudah oleh masyarakat.

Sumber daya di bidang perumahan juga harus terus ditingkatkan termasuk berbagai sarana dan prasarannan yang harus dipenuhi untuk mendukung pelayanan publik Ditjen Perumahan dan perlu diadakan SOP pelayanan publik khusus di bidang perumahan karena sektor ini sangat penting.

Ditjen perumahan sendiri telah mengupayakan berbagai aplikasi untuk memudahkan seluruh stakeholder perumahan. Misalnya dengan Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru) sehingga melalui aplikasi ini pemerintah daerah bisa mengusulkan bantuan perumahan baik rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, maupuan program perumahan lainnya secara online melalui website resmi maupun berbagai media sosial Kementerian PUPR.

Bukan hanya usulan berbagai program perumahan, tapi dengan berbagai aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pelaporan maupun pengaduan di sektor perumahan. Dengan begitu berbagai kendala maupun hambatan di sektor perumahan bisa dilaporkan lebih cepat dan dilakukan pula solusi secara lebih cepat dan terpadu.

“Tentunya ini juga harus diikuti dengan peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dan harus bisa diintegrasikan dengan seluruh sistem informasi yang ada untuk mempermudah masyarakat maupun stakeholder lainnya mengakses informasi dan memberikan pelayanan yang prima,” pungkas Hidayat.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

BI: Sektor Properti Digas Pol

RumahCom – Banyaknya sektor terkait yang akan ikut berkembang saat bisnis properti maju membuat pemerintah fokus pada sektor riil ini. Bank Indonesia (BI) ikut mendukung perbaikan di sektor properti

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Batal Mudik, Maksimalkan THR Untuk Beli Properti

RumahCom – Pandemi memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa membeli produk properti dengan banyak kemudahan. Seperti yang ditawarkan di LRT City Ciracas, ada program diskon, subsidi, full

Lanjutkan membacaMei 27, 2021

Hunian TOD Cocok Diterapkan Di Kawasan Perkotaan, DPR Mengapresiasi

RumahCom – Konsep hunian TOD atau yang mengintegrasikan dengan transportasi publik semakin aktual diterapkan di kawasan perkotaan. Karena itu DPR mengapresiasi kolaborasi antar kementerian dan perus

Lanjutkan membacaMei 28, 2021

Asosiasi Pengembang Dorong Pemerintah Tambah Enam Bulan Pemberlakuan Insentif PPN

RumahCom – Asosiasi pengembang Himperra mendorong pemerintah untuk memperpanjang stimulus pembebasan PPN hingga enam bulan ke depan. Hal ini untuk semakin memperbesar dampak ikutan dari stimulus ini

Lanjutkan membacaMei 28, 2021

Kabupaten Tangerang Siap Untuk Pengembangan Perumahan Skala Besar

RumahCom – Kementerian PUPR terus mencari cara untuk pengembangan perumahan berskala besar salah satunya di wilayah-wilayah satelit Jakarta. Kabupaten Tangerang telah menyatakan kesiapannya untuk pe

Lanjutkan membacaMei 28, 2021

Masukan