Inovasi Pengembang Tak Terbatas Pada Hunian, Kelengkapan Kawasan Turut Diindahkan

Mei 31, 2021

RumahCom – Pada kawasan hunian berskala kota alias township, fasilitas umum dan sosial yang kompleks tentu menjadi syarat mutlak agar kehidupan dan aktivitas warga bisa berjalan maksimal. Oleh karenanya, di samping permukiman, pengembangan juga harus mencakup adanya ruang ritel, pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, kesehatan, hingga sarana rekreasi.

Bertempat tinggal di lingkup township sendiri mulai jadi pilihan kaum urban dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, hunian yang berada di dalam perumahan berskala kota menjanjikan efektivitas dan efisiensi untuk berbagai aspek kehidupan.

Bagaimana tidak, jika pada hunian di area klaster, penghuni hanya disuguhkan oleh fasilitas standar seperti clubhouse, maka tinggal di perumahan dalam skala kota punya level yang jauh lebih tinggi. Penghuni alias warga dimungkinkan untuk bekerja, berekreasi, bersekolah, hingga berbisnis tanpa perlu keluar dari kawasan. Sebab semuanya sudah tersedia lengkap dalam radius pendek sekitar perumahan.

Membahas definisinya, ide township sendiri punya makna berbeda di setiap negara. Merujuk Merriam Wesbter, township diartikan sebuah unit pemerintahan lokal di beberapa negara bagian tengah, timur laut, dan utara. Khusus di Republik Afrika Selatan, township adalah sebuah wilayah yang dipisahkan di bawah apartheid untuk ditempati oleh orang-orang keturunan non-Eropa.

Lain lagi, di Inggris township adalah unit administrasi kuno di daerah identik dengan atau divisi paroki. Sementara di Amerika Serikat, township merupakan pembagian wilayah yang terdiri dari jarak sejauh 36 mil persegi (sekitar 93 kilometer persegi).

Sedangkan di Indonesia, hampir di sejumlah kawasan penyangga Ibukota maupun di luar Pulau Jawa, pengembangan ‘kota di dalam kota’ sudah lazim ditemui. Dari sekian banyak nama, Kota Jababeka yang terletak di koridor Timur Jakarta ialah salah satunya. Kota Jababeka sendiri memulai pengembangan kawasan industri sejak tahun 1989.

Kini, Kota Jababeka telah bertransformasi menjadi suatu destinasi bisnis dan hunian yang terintegrasi dengan lahan seluas 5600 hektare. Sejumlah inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak pun konsisten dilakukan guna menjadikan Kota Jababeka sebagai Smart Township Ecosystem di Indonesia.

Demi merealisasikan tujuan tersebut, berbagai pembaruan terus dikerjakan diantaranya yang teranyar adalah menggandeng Starvo, perusahaan penyedia stasiun pengisian kendaraan listrik nasional terbesar untuk menghadirkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU/EVCS; Electronic Vehicle Charging Station) di kawasan Kota Jababeka Cikarang.

Kerjasama tersebut mencakup pengadaan, penjualan dan pemasangan SPKLU/EVCS yang difokuskan di kawasan Kota Jababeka, meliputi gedung-gedung komersial, smart manufactures, smart homes serta pembangunan stasiun mandiri SPKLU di area umum dan terbuka.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Kota Jababeka sebagai Smart Township Ecosystem, kerjasama tersebut juga dilakukan guna mendukung Program Percepatan Mobil Listrik yang dicanangkan Pemerintah.

Direktur Starvo Global Energi, Rachman Elly mengungkapkan, “ Tidak hanya sebatas pengadaan, penjualan dan pemasangan EVCS, namun kerjasama ini juga turut serta memberikan edukasi kepada khalayak atau calon pembeli properti baik perumahan dan pergudangan dengan menyusun program edukasi elektrifikasi bersamaan dengan tim pemasaran properti Jababeka grup”.

Ia menambahkan, “Dengan ditandatanganinya MOU ini, maka kedua perusahaan juga turut merespon kebijakan yang telah dibuat pemerintah didalam program percepatan kendaraan listrik dalam negeri”.

Sementara itu, President Director PT. Grahabuana Cikarang, Sutedja S. Darmono menuturkan, “Dengan terwujudnya kerjasama baik ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan baru bagi warga di Kota Jababeka, sekaligus menjadi salah satu langkah awal kami dalam mewujudkan Smart Township yang siap menyambut datangnya era industry 4.0 dan society 5.0.”

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

PropertyGuru akan mengakuisisi iProperty dan thinkofliving Thailand serta menyambut REA Group sebagai pemegang saham strategis

Yang Terhormat Pelanggan Utama/ Pengembang/ Perusahaan/ Agen/ dan Asosiasi Industri di Indonesia,Semoga Anda berada dalam keadaan baik dan sehat.Saya senang untuk membagikan beberapa berita menarik. H

Lanjutkan membacaMei 31, 2021

Proyek Mixed Use Ini Mulai Proses Serah Terima Saat Pandemi

RumahCom – Sangat penting bagi pengembang untuk tetap menunjukan komitmen terhadap proyeknya. Untuk itu Triniti Dinamik terus melanjutkan pengembangan proyek mixed use The Smith dan saat ini tengah

Lanjutkan membacaMei 31, 2021

Rumah Sehat Kian Dicari Saat Pandemi Oleh Kalangan Biasa Hingga Atlet

RumahCom – Konsep rumah sehat yang menawarkan desain rumah hingga fasilitas yang bisa meningkatkan kesehatan penghuni terus dicari saat pandemi Covid-19. Bukan hanya masyarakat biasa, kalangan atlet

Lanjutkan membacaMei 31, 2021

Tol Cijago Seksi 3 Mulai Dibangun, Ini Dampaknya saat Beroperasi Awal Tahun Depan

RumahCom – Jalon tol Cijago 3 di ruas Kukusan-Cinere mulai dibangun yang akan melengkapi infrastruktur tol Cijago 1-2 yang telah beroperasi. Dengan semakin banyaknya seksi tol ini dampak langsungnya

Lanjutkan membacaMei 31, 2021

Pengembang Siap Kolaborasi Dengan Tapera

RumahCom – Berbagai kolaborasi antar stakeholder perumahan terus dilakukan untuk mempercepat realisasi program perumahan. Asosiasi pengembang Apersi menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dengan

Lanjutkan membacaMei 31, 2021

Masukan