Anggaran Kementerian PUPR 2022 “Hanya” Rp100,46 Triliun, Untuk Apa Saja?

Juni 4, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR dan Komisi V DPR menyepakati anggaran indikatif Kementerian PUPR tahun 2022 sebesar Rp100,46 triliun. Anggaran ini akan diprioritaskan untuk meneruskan program pembangunan infrastruktur tahun sebelumnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan dan Komisi V DPR telah membahas mengenai pagu anggaran indikatif Kementerian PUPR untuk tahun anggarann (TA) 2022 yang ditetapkan Rp100,46 triliun. Pagu indikatif Kementerian PUPR 2022 ini telah ditetapkan bersama Menteri Keuangan dan Menteri BPN/Bappenas dengan usulan Kementerian PUPR yang sebesar Rp176 triliun.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dengan pagu indikatif ini akan dibagi untuk masing-masing unit organisasi antara lain di bidang Sumber Daya Air Rp41,05 triliun, Bina Marga Rp39,7 triliun, Cipta Karya Rp12,5 triliun, Perumahan Rp5 triliun, dan dukungan manajemen dan tugas teknis lainnya Rp2,22 triliun.

“Untuk prioritas pekerjaan di tahun 2022 nanti akan fokus pada pemanfaatan dan meneruskan pembangunan infrastruktur yang sudah terbangun. Hal ini sejalan dengan rencana kerja pemerintah tahun 2022 yang bertemakan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural,” ujarnya.

Basuki juga mengatakan, kendati anggaran kementeriannya lebih sedikit tahun depan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, alokasi anggaran untuk program-program berbasis masyarakat akan diupayakan tidak dikurangi seperti program padat karya maupun bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).

Ketua Komisi V DPR Lasarus menyampaikan, selanjutnya Komisi V DPR bersama Kementerian PUPR akan memperjuangkan kenaikan anggaran untuk membiayai program-program prioritas nasional dan program berbasis masyarakat sesuai mekanismi pembahasan RUU tentang APBN di DPR.

“Hasil rapat kerja kami dengan Kementerian PUPR dan rapat dengar pendapat antara Komisi V dengan Ditjen di Kementerian PUPR akan terus diupayakan untuk mempertajam kegiatan yang diusulkan pada TA 2022 dan sesuai hasil kunjungan kerja Komisi V,” katanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Harga Properti Residensial Catat Kenaikan

RumahCom – Bank Indonesia merilis survei harga properti untuk segmen residensial yang mencatatkan kenaikan. Periode awal tahun 2021 ini kenaikannya mencapai hampir 14 persen dibandingkan periode yan

Lanjutkan membacaJuni 3, 2021

Lalu Lintas Jabodetabek Bakal Lebih Lancar Saat Tol Cimanggis-Cibitung Beroperasi

RumahCom – Jalan tol Cimanggis-Cibitung merupakan salah satu ruas yang terus dikebut pembangunannya untuk memperlancar akses kawasan Jabodetabek. Kementerian PUPR menargetkan dua ruas jalan tol ini

Lanjutkan membacaJuni 3, 2021

Rumah Khusus Untuk Warga Terdampak Bendungan Kuningan Siap Digunakan

RumahCom – Kementerian PUPR terus mengebut pembangunan hunian untuk relokasi masyarakat terdampak pembangunan proyek Bendungan Kuningan, Jawa Barat. Saat ini rumah khusus untuk 419 warga terdapak te

Lanjutkan membacaJuni 3, 2021

51.000 Unit Rumah Program Tapera Siap Didistribusikan

RumahCom – BP Tapera menggandeng Bank BTN dan Perumnas untuk akses perumahan kalangan ASN untuk program perdana Tapera bagi kalangan pekerja. Sebanyak 51 ribu unit rumah siap disalurkan sepanjang ta

Lanjutkan membacaJuni 3, 2021

Masukan