Mau Investasi Properti Dengan Mudah, Bisa Dimulai Dari Rumah Seken

Juni 10, 2021

RumahCom – Tidak perlu ragu untuk memulai investasi properti, salah satunya dengan mencari rumah seken yang harganya murah, renovasi kecil, dan dijual kembali. Keuntungan 20-30 persen bisa diraih dalam waktu yang relatif cepat dan yang pasti aman karena ada fisik properti yang harganya akan selalu naik.

Properti telah teruji sebagai salah satu instrumen investasi yang andal salah satunya dengan ciri harga yang relatif stabil di tengah situasi perekonomian seburuk apapun. Karena itu tidak heran setiap orang kaya pasti memiliki properti sebagai salah satu instrumen investasi yang ikut membiakkan kekayaannya.

Tentu ada berbagai macam maupun tip untuk memulai investasi di sektor properti baik dengan modal besar maupun minim semuanya tetap bisa dilakukan. Kita bisa memulai dengan mencari tahu tentang berbagai produk properti maupun perkembangan kawasan yang terkait langsung dengan kenaikan nilai properti.

Salah satu cara mudah untuk memulai investasi properti bisa kita mulai dari rumah seken. Kita juga bisa memanfaatkan situasi saat ini di mana banyak orang yang ingin menjual propertinya karena butuh uang (BU) sehingga kita bisa mendapatkan harga properti terbaik dan memperbesar kemungkinan untung yang bisa diraih.

Menurut Wulan Yulians, Team Leader Edwin Bright Property, saat ini ada banyak pilihan rumah seken di kawasan yang sangat berkembang misalnya di daerah Bintaro Jaya, Graha Raya, hingga sebagian kawasan Serpong, Tangerang, Banten. Pilihan rumah seken yang bisa didapat mulai ratusan juta hingga miliaran.

“Untuk gampangnya seperti ini, kalau kita punya modal Rp1 miliar, kita bisa beli rumah tua dengan kavling berukuran 70-an hingga 100 m2 seharga Rp800 juta. Dana Rp200 juta digunakan untuk biaya renovasi atau touch up untuk mempercantik produk yang akan kita pasarkan kembali,” ujarnya.

Bila kita bingung terkait tenaga tukang maupun kontraktor profesional, bisa mencari tahu atau bekerja sama dengan agen properti yang memiliki rekanan kontraktor. Proses renovasi bisa dilakukan cepat atau sekitar sebulan dan dalam waktu 2-3 bulan berikutnya rumah kita bisa terjual kembali dengan meraih keuntungan.

Rata-rata keuntungan penjualan rumah bisa mencapai 20-30 persen bahkan untuk beberapa kasus bisa lebih besar lagi. Keuntungan dari transaksi penjualan rumah pasti lebih besar dibandingkan kita menginvestasikan uang di deposito yang imbal hasilnya semakin kecil dan dipotong aneka pajak. Investasi saham kendati menguntungkan tapi berisiko tinggi.

Wulan menyebut beberapa tip lain untuk memudahkan kita menjadi investor properti dan bisa meraih keuntungan. Pertama, jalin hubungan dengan banyak broker atau agen properti untuk mendapatkan informasi-informasi produk properti yang penjualannya BU. Pilih agen properti yang memiliki jaringan luas dan menguasai satu kawasan dengan detil termasuk hubungan dengan kontraktor, arsitek, maupun konsultan.

Kedua, cari properti dengan harga di bawah pasar biarpun produknya rumah lama dan biasanya broker yang berpengalaman memiliki cukup listing untuk produk-produk seperti ini. Link dengan berbagai kalangan seperti arsitek maupun kontraktor juga memberikan kita saran untuk produk yang potensial dan dibutuhkan pasar.

Ketiga, kita juga bisa meminta saran kepada agen propeti untuk dibuatkan rencana anggaran biaya pembangunan yang dibutuhkan untuk merenovasi produk yang kita beli.  Renovasi bisa diatur sesuai dengan budget yang ada dan dimaksimalkan untuk memberi kesan eye catching sehingga membuat calon konsumen tertarik.

“Terakhir, jangan ragu meminta nasihat kepada broker untuk memberikan perkiraan berapa harga properti nantinya setelah direnovasi. Dengan begitu kita juga memiliki perkiraan berapa akan meraih keuntungan setelah dipotong untuk biaya renovasi, pajak, fee broker, dan lainnya. Sekurangnya 20 persen yang bisa kita dapat dan itu sangat layak untuk investasi di sektor ini dan kita bisa langsung bergerak ke produk yang lain dan meraih keuntungan berikutnya,” beber Wulan.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rp10 Triliun Untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Pemerintah kembali menyalurkan dana kepada Bank BTN yang digunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi nasional. Bank BTN telah mendapatkan penyertaan dana pemerintah hingga empat kal

Lanjutkan membacaJuni 9, 2021

Ini Preferensi Milenial Terkait Pembelian Produk Properti

RumahCom – Milenial menjadi sasaran konsumen yang terus  digarap kalangan pengembang. Berbagai kebutuhan milenial yang lebih spesifik terus diupayakan di berbagai proyek untuk menarik minat kalanga

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Masuk Triwulan Kedua 2021, Anggaran Perumahan Terserap 37 Persenan

RumahCom – Penyerapan anggaran untuk program perumahan terserap 37,36 persen dari total anggaran sebesar Rp7,44 persen dan progres fisik mencapai hampir 34 persen. Ditjen Perumahan akan terus mendor

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Kolaborasi Pengembang-Perbankan Hasilkan Kemudahan Beli Rumah Seperti Ini

RumahCom – Pengembang dan perbankan terus berkolaborasi untuk memberikan berbagai kemudahan seperti yang dilakukan ACP dan Bank Mandiri di proyek Adhi City Sentul. Konsumen bisa mendapatkan kemudaha

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Aplikasi Ini Akan Memudahkan Penentuan Wilayah Yang Tepat Untuk Dikembangkan Kawasan Hunian

RumahCom – PPDPP kembali menjalin kolaborasi dengan Kementerian ATR/BPN untuk menyambungkan aplikasi GIS TARU dengan aplikasi PPDPP. Dengan begitu bisa diketahui lokasi-lokasi yang cocok untuk penge

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Masukan