Demi Kelancaran Pembangunan, Sektor Pertanahan Dan Tata Ruang Harus Lebih Baik

Juni 11, 2021

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus melakukan sosialisasi terkait pengendalian dan penertiban tanah dan ruang khususnya untuk kelancaran program pembangunan dan mengurangi potensi konflik pertanahan. Setiap pembangunan pasti membutuhkan tanah dan karena itu harus diatur supaya sustainable dan maksimal menyejahterakan masyarakat.

Masih banyaknya persoalan yang terjadi seputar permasalahan tata ruang dan pertanahan di Indonesia dibutuhkan inovasi dalam pelaksanaan pengendalian dan penertiban tata ruang sesuai dengan karakteristik dan permasalahan yang berkembang dalam suatu wilayah. Hal ini dibutuhkan untuk mewujudkan kualitas ruang dan tanah yang terjaga dan berkelanjutan.

Karena itu Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Ditjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (PPTR) terus melakukan sosialisasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) bidang pertanahan. Hal ini untuk terus meningkatkan sinergitas pelaksanaan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta meningkatkan pemahaman terkait NSPK pengendalian dan penertiban tanah dan ruang.

Menurut Sekretaris Ditjen PPTR Shafik Ananta Inuman, sosialisasi dan edukasi mesti terus dilakukan sebagai langkah memperkenalkan peraturan pemerintah (PP) baru terkait pengendalian pemanfataan ruang dan tanah sebagai bagian dari muatan PP No. 20 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan penataan ruang.

“Untuk itu perlu disusun NSPK bidang pengendalian dan penertiban tanah dan ruang dan perlu terus disebarluaskan kepada khalayak luas melalui berbagai kegiatan sosialisasi. Dengan begitu ke depan penataan pertanahan maupun tata ruang kita bisa terus membaik dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan daya saing Indonesia ke level yang lebih tinggi dan itu semua harus ada upaya pengendalian yang terukur,” ujarnya.

Mengambil contoh banyaknya permasalahan sektor pertanahan di wilayah Sumatera Utara, menurut Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Afifi Lubis, dilaksanakannya NSPK ini sangat penting karena banyaknya persoalan pertanahan dan itu pasti terjadi di banyak wilayah Indonesia.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

 

“Begitu banyak persoalan pertanahan di Sumatera Utara dan pastinya di wilayah yang lain. Dengan adanya sosialisasi diharapkan bisa menjadi pedoman untuk tugas-tugas ke depan sehingga berbagai persoalan pertanahan maupun tata ruang bisa mulai diurai dan diselesaikan satu per satu,” katanya.

Tanah tidak bisa dilepaskan dari pembangunan dan ruang maka upaya pembangunan yang baik harus terpadu serta melibatkan kerja sama dari berbagai pemangku kepentingan yang tujuan akhirnya untuk menyejahterakan masyarakat. Sumatera Utara, Provinsi Aceh, dan Provinsi Sumatera Barat juga menjadi klaster pertama yang menjadi pilot project untuk meningkatkan kemampuan daerah dalam melaksanakan pengawasann teknis ruang di daerah.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Preferensi Milenial Terkait Pembelian Produk Properti

RumahCom – Milenial menjadi sasaran konsumen yang terus  digarap kalangan pengembang. Berbagai kebutuhan milenial yang lebih spesifik terus diupayakan di berbagai proyek untuk menarik minat kalanga

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Masuk Triwulan Kedua 2021, Anggaran Perumahan Terserap 37 Persenan

RumahCom – Penyerapan anggaran untuk program perumahan terserap 37,36 persen dari total anggaran sebesar Rp7,44 persen dan progres fisik mencapai hampir 34 persen. Ditjen Perumahan akan terus mendor

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Kolaborasi Pengembang-Perbankan Hasilkan Kemudahan Beli Rumah Seperti Ini

RumahCom – Pengembang dan perbankan terus berkolaborasi untuk memberikan berbagai kemudahan seperti yang dilakukan ACP dan Bank Mandiri di proyek Adhi City Sentul. Konsumen bisa mendapatkan kemudaha

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Aplikasi Ini Akan Memudahkan Penentuan Wilayah Yang Tepat Untuk Dikembangkan Kawasan Hunian

RumahCom – PPDPP kembali menjalin kolaborasi dengan Kementerian ATR/BPN untuk menyambungkan aplikasi GIS TARU dengan aplikasi PPDPP. Dengan begitu bisa diketahui lokasi-lokasi yang cocok untuk penge

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Mau Investasi Properti Dengan Mudah, Bisa Dimulai Dari Rumah Seken

RumahCom – Tidak perlu ragu untuk memulai investasi properti, salah satunya dengan mencari rumah seken yang harganya murah, renovasi kecil, dan dijual kembali. Keuntungan 20-30 persen bisa diraih da

Lanjutkan membacaJuni 10, 2021

Masukan