Township Ini Terus Perkuat Konsep Integrated Smart Digital City

Juni 14, 2021

RumahCom – Pengembang SML menggandeng Dana sebuah perusahaan start up di bidang digital payment untuk terus mengembangkan konsep integrated smart digital city di township BSD City dari hulu hingga ke hilir. Kolaborasi ini memungkinkan penghuni di BSD City untuk melakukan transaksi  apapun secara nontunai dan nonkartu.

Teknologi digital terus merasuk ke berbagai bidang termasuk pola-pola pembayaran maupun transaksi  lainnya dengan makin berkembangnya industri teknologi finansial (digital payment). Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pernah mengatakan, transaksi elektronik di Indonesia akan terus meningkat hingga 32,3 persen dari Rp201 triliun tahun 2020 menjadi Rp266 triliun tahun ini.

Hal ini juga akhirnya memotivasi kalangan pengembang seperti Sinar Mas Land (SML) yang menjalin kolaborasi dengan perusahaan rintisan (start up) berbasis teknologi finansial yaitu Dana. Lebih khusus lagi kedua perusahaan akan fokus pada tantangan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital di berbagai wilayah serta langkah strategis yang bisa dilakukan agar sukses di era industri 4.0.

Terkait hal ini, SML kerap melaksanakan webinar yang diikuti ratusan UMKM binaan SML di berbagai township yang dikembangkannya seperti di Pasar Modern Intermode BSD City, Pasar Modern BSD City, Fresh Market Kota Wisata, Fresh Market Grand Wisata, serta pelaku UMKM binaan Dana.

Menurut CEO & Co-Founder Dana Vince Iswara, kerja sama SML dan Dana berfukus pada pengembangan pembayaran digital bagi para pelaku UMKN yang ada di kawasan BSD City sehingga kehadiran UMKM di towship ini bisa mendorong kawasan menjadi percontohan untuk terciptanya ekosistem yang terintegrasi termasuk pembayaran digital.

Sementara itu menurut Chief Ecosystem and Developmetn SML Irawan Harahap, dengan terciptanya ekosistem pembayaran digital di BSD City bisa ikut membantu pergerakan ekonomi kembali dan kolaborasi dengan Dana sejalan dengan upaya pemerintah yang terus memajukan pembayaran digital di tengah para pelaku bisnis dan konsumen.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini yang membuat kita mengurangi tatap muka maupun transaksi tunai. Untuk itulah kami ingin menyebarluaskan teknologi pembayaran digital kepada ribuan UMKM sehingga bisa memperkaya ekosistem digital di BSD City dan membuat warga serta kota kita menjadi lebih smart,” katanya.

Upaya ini, imbuh Irawan, merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk terus mengembangkan kawasannya menjadi integrated smart digital city. Transformasi yang dilakukan dari hulu ke hilir dengan fisik yang telah dimulai dari infrastruktur kawasan Digital Hub sebagai wadah bagi industri teknologi digital dan kreatif dan kini dengan pengembangan yang lebih intagible seperti komunitas dan bimbingan bagi UMKM sehingga bisa menikmati kemudahan usaha dengan teknologi digital.

Sementara itu dipilihnya Dana sebagai perusahaan teknologi finansial karena telah berpengalaman selama tiga tahun dalam menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkan masyarakat melakukan transaksi secara nontunai dan nonkartu. Dana juga memiliki 250 ribu UMKM terdaftar dalam fitur Dana Bisnis dan jumlahnya terus bertambah selain terus melakukan pendampingan berkelanjutan untuk seluruh UMKM yang dibinanya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Kian Pede Lansir Produk Komersial

RumahCom – Pengembang mulai menawarkan jenis produk yang lebih beragam di tengah situasi pandemi. Hal ini tidak terlepas dari berbagai adaptasi maupun penyesuaian di sektor properti sehingga produk

Lanjutkan membacaJuni 11, 2021

Bank Tanah Ditargetkan Operasional Tahun Depan

RumahCom – Bank tanah terus menjadi isu yang hangat sejak beberapa tahun terakhir dan Kementerian ATR/BPN memastikan bank tanah akan efektif mulai tahun depan. Saat ini masih terus disusun berbagai

Lanjutkan membacaJuni 12, 2021

1.805 Unit Rumah Di Kabupaten Bandung Dapat Jatah Program Bedah Rumah

RumahCom – Program bedah rumah kembali dilakukan Kementerian PUPR di wilayah Kabupaten Bandung. Program ini bisa disinkronkan dengan program perumahan pemerintah daerah sehingga bisa lebih banyak la

Lanjutkan membacaJuni 12, 2021

Pengembang Manfaatkan Stimulus PPN Untuk Tingkatkan Penjualan

RumahCom – Kalangan pengembang terus memanfaatkan stimulus pembebasan PPN 10 persen yang membuat produk ready stock-nya bisa dipasarkan lebih murah. Township Harvest City salah satu yang sukses penj

Lanjutkan membacaJuni 14, 2021

Masyarakat Belum Sadar Pentingnya Asuransi Untuk Properti

RumahCom – Perkembangan bisnis properti  khususnya sektor perumahan tidak diikuti dengan kesadaran masyarakat untuk mengasuransikan unitnya. Mindset premi yang mahal bisa disiasati dengan tanggunga

Lanjutkan membacaJuni 14, 2021

Masukan