Bank Ini Gaet Santri Milenial Untuk Jadi Developer

Juni 17, 2021

RumahCom – Kebutuhan perumahan yang besar saat ini belum bisa dipenuhi oleh kalangan pengembang. Bank BTN secara aktih melaksanakan pelatihan untuk kalangan milenial untuk menjadi wirausaha di sektor properti termasuk kalangan santri dari pondok pesantren untuk memperbanyak kalangan pengusaha developer yang membangun perumahan.

Bank BTN merupakan bank BUMN dengan fokus pembiayaan perumahan khususnya untuk kalangan menengah ke bawah. Bukan hanya menyalurkan pembiayaan, Bank BTN juga melengkapi seluruh infrastruktur perbangkan hingga hal lainnya untuk terus memperbesar bisnis perumahan.

Karena itu sudah sejak lama Bank BTN menyelenggarakan berbagai hal untuk terus mendorong bisnis properti dari hulu ke hilir. Salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan untuk berbagai kalangan guna menjadi pengusaha khususnya di bidang perusahaan properti atau menjadi developer.

Hampir semua kalangan bisa disasar dan dilatih untuk menjadi developer. Bank BTN bahkan menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, dengan menggelar Pelatihan Santri Developer Kebangsaan 2021. Pelatihan ini menjadi salah satu fokus Bank BTN untuk menjadikan santri sebagai pengusaha di bidang pengembangan properti.

Menurut Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, pelatihan yang menyasar kalangan santri ini sebagai bentuk concern perusahaan terhadap generasi milenial yang berminat menjadi developer. Bank BTN telah menyiapkan berbagai materi pelatihan hingga menggandeng banyak institusi untuk melatih kalangan milenial ini.

“Program pelatihan untuk kalangan santri ini telah dilakukan sejak tahun lalu dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang memiliki santri hingga ribuan orang. Program ini juga merupakan sinergi Bank BTN dengan Perkumpulan Masyarakat Profesional Nahdliyin (Nusantara Utama Cita/NU Circle) dann Ikatan Ahli Ekonomi Isalam Indonesia (IAEI),” ujarnya.

Haru berharap, dengan pelatihan ini kelak para santri memiliki pengetahuan dan keterampilan wirausaha di BTN Santri Developer dan menjadi motor ekonomi di wilayah pedesaan maupun kota kecil khsusnya di sektor perumahan. Hal ini untuk terus mendorong program perumahan yang dilakukan oleh pemerintah.

Dalam pelatihan ini ada sekitar 80 peserta yang tidak hanya berasal dari pondok pesantren tapi juga pemuda lintas agama dan masyarakat umum. Untuk yang mendaftar pelatihan secara online pesertanya hingga saat ini telah mencapai 800-900 orang. Tahun lalu, program BTN Santri Developer ini diikuti oleh 1.162 peserta.

Beberapa materi yang akan disampaikan antara lain seputar pertanahan, perizinan, pembiayaan, dan skill set. Materi-materi tersebut akan menjadi bekal awal bagi peserta untuk memahami industri perumahan dan bila dijalani dengan serius bisa menjadi modal untuk terus meningkatkan suplai perumahan.

“Kita tahu kebutuhan perumahan kita sangat besar mencapai 400 ribu per tahun belum angka backlog perumahan yang mencapai 11 juta. Suplai dari pengembang masih belum bisa mengimbangi kebutuhan akan produk perumahan karena itu pelatihan seperti ini bisa mencetak wirausaha di bidang properti,” beber Haru.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tapera Mulai Bergulir, Dana Rp8 Triliunan Masuk Pasar Modal

RumahCom – BP Tapera telah menggandeng KSEI dan Bank BRI untuk mengelola dana Tapera. Kerja sama ini akan memperkuat sistem pencatatan dan pengelolaan dana Tapera dan bisa dipantau setiap saat oleh

Lanjutkan membacaJuni 15, 2021

Siap-siap, Bank Penyalur KPR FLPP Yang Tidak Perform Akan Dikurangi Kuotanya

RumahCom – Lembaga penyalur KPR subsidi FLPP, PPDPP, kembali melakukan evaluasi untuk penyaluran FLPP oleh bank pelaksana. Bank yang tidak perform akan dikurangi kuota FLPP-nya dan dialihkan kepada

Lanjutkan membacaJuni 16, 2021

Masyarakat NTB Dapat Bantuan Program Bedah Rumah 968 Unit

RumahCom – Kementerian PUPR kembali melaksanakan program BSPS atau bedah rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di wilayah Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 968 unit rumah yang dibedah denga

Lanjutkan membacaJuni 16, 2021

Permintaan Rumah Subsidi Meningkat Saat Pandemi

RumahCom – Segmen rumah bersubsidi terus dicari dan diakses oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membuat permintaannya terus meningkat bahkan saat situasi pandemi. Tren work  from home

Lanjutkan membacaJuni 16, 2021

KKPR Segera Diterapkan, Akan Mudahkan Perizinan Bangunan Gedung Hingga Lingkungan

RumahCom – Kementerian ATR/BPN terus mensosialisasikan penerapan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) yang akan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan bisnis. Nantinya setelah KKPR ini be

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Masukan