Kementerian PUPR Dorong Pengembang Sediakan Sarana Olahraga

Juni 18, 2021

RumahCom – Kawasan perumahan harus menyediakan fasilitas dan Kementerian PUPR mendorong pengembang untuk menyediakan lapangan gateball sekaligus memasyarakatkan olahraga baru ini. Ada banyak keuntungan dengan meningkatkan minat penghuni perumahan untuk berolahraga selain kesehatan juga keakraban sesama warga.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong kalangan pengembang untuk menyediakan fasilitas umum berupa lahan untuk sarana olahraga di setiap proyek yang dikembangkannya. Lebih khusus lagi, Kementerian PUPR mendorong untuk menyediakan cabang olahraga yang juga dikembangkan di Kementerian PUPR yaitu gateball.

Menurut Dirjen Perumahan Khalawi Abdul Hamid, gateball merupakan cabang olahraga baru yang ingin terus diperkenalakn dan diperluas di tengah masyarakat salah satunya dengan dibangun sebagai fasilitas oleh pengembang sehingga lebih cepat memasyarakatkan olahraga ini.

“Kami ingin di setiap perumahan ada lapangan gateball walaupun hanya satu lapangan sehingga bisa mendorong semangat masyarakat untuk lebih mengenal olahraga ini. Dengan semakin banyak olahraga ini dimainkan oleh masyarakat, kami yakin cabang olahraga ini bisa meraih prestasi dan sejajar dengan cabang olahraga lainnya,” ujarnya.

Perkembangan olahraga ini perlu mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat termasuk kalangan pengembang. Untuk itu, Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) yang juga baru dibentuk, bisa bekerja sama dengan kalangan pengembang maupun asosiasi pengembang seperti REI, Apersi, Himperra, dan lainnya.

Saat ini beberapa pengembang seperti Sinar Mas Land (SML), Alam Sutera, dan beberapa pengembang lainnya telah menyediakan sarana olahraga ini. Masyarakat di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, bahkan telah menyelenggarakan kompetisi untuk olahraga ini.

Gateball, jelas Khalawi, merupakan olahraga yang memiliki kemiripan seperti olahraga golf namun tidak memerlukan biaya yang mahal. Olahraga ini merupakan modifikasi dari olahraga croquet dan dikembangkan pertama kali di Jepang dan mulai menyebar luas ke seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Lapangan gateball berbentuk persegi panjang dengan ukuran garis dalam panjang 20-25 meter dan lebar 15×20 meter. Lapanagnnya dikelilingi dengan garis dalam (inside line) dan gars luar (outside line) di mana kedua garis tersebut berjarak 50-100 centimeter. Lama waktu permainan ini berlangsung selama 30 menit dan bisa dimainkan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, dan lima lawan lima.

“Olahraga gateball nuansanya seperti golf tapi sangat murah sehingga sangat cocok diterapkan di area perumahan dan cocok untuk orang tua maupun anak muda. Dengan bermain secara tim selama 30 menit kegiatan ini juga sangat menyenangkan untuk meningkatkan sosialisasi antar masyarakat dan bisa membuat otak fresh karena ada strategi untuk mengatur permainan,” beber Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mahasiswa Di Aceh Dapat Fasilitas Rusun Setara Bintang Tiga

RumahCom – Kementerian PUPR terus memperbanyak program pembangunan Rusun untuk kalangan mahasiswa. Rusun untuk mahasiswa Uniki di Aceh lebih istimewa karena telah dilengkapi dengan berbagai fasilita

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Ada Sejutaan Listing Rumah Bersubsidi Yang Bisa Dipilih Di Aplikasi Ini

RumahCom – Aplikasi  SiKumbang memudahkan pengembang menampilkan listing produk rumah bersubsidi dan memudahkan masyarakat melihat hingga memilih rumah yang akan dibelinya. Hingga saat ini SiKumban

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Pengembang Mulai Panen Laba Saat Pandemi

RumahCom – Kalangan pengembang mulai menemukan pola maupun strategi yang tepat untuk menjalankan usaha di tengah berbagai kendala karena pandemi Covid-19. Pengembang Lippo Karawaci berhasil mencatat

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

JKT LIVING STAR Apartemen Bergaya Singapura Resmi Topping Off

Advertorial - Jakarta, 23 April 2021, Perusahaan Fortune Global 500 berusaha melawan Pandemi untuk memenuhi janji. Proyek JKT Living Star yang dikembangkan oleh Pengembang Fortune Global 500 Perusaha

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Pameran Arsitektur, Taman, Hingga Budaya Pun Diselenggarakan Virtual

RumahCom – Teknologi digital dimaksimalkan oleh berbagai kalangan termasuk dari kalangan media masa. Ajang pameran yang biasanya diselenggarakan secara offline kini diadakan secara virtual dengan te

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Masukan