12.000 Perumahan Bakal Dibangun Di Ibukota Baru

Juni 20, 2021

RumahCom – Pemerintah terus mematangkan rencana pemindahan ibukota negara baru ke Pulau Kalimantan. Beberapa target pembangunan tahap pertama antara lain perumahan yang mencapai 12 ribu unit  hingga gedung-gedung pemerintahan, infrastruktur jalan, hingga ruang terbuka.

Di tengah berbagai kontroversi, pemerintah terus melanjutkan proyek pemindahan ibukota baru yang ditargetkan akan operasional pada tahun 2024. Untuk sektor perumahan, pemerintah langsung menargetkan akan membangun sebanyak 12 ribu unit perumahan di atas lahan seluas 101 ha.

“Nanti bentuknya bisa perumahan atau apartemen yang akan dibangun dan ini masih diperhitungkan. Hal lainnya lagi yaitu menyediakan fasilitas untuk populasi sebanyak ini dan itu menjadi catatan penting yang terus dibahas untuk pengembangan proyek ibukota negara (IKN),” ujar Boby Ali Azhari, Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pembangunan proyek hunian ini juga tentunya memerhitungkan jumlah populasi di ibukota baru nanti. Yang pasti, pemerintah menargetkan bisa menapung hingga 38 ribu orang pada tahun 2024 nanti namun sekali lagi hal ini masih terus diperhitungkan.

Selain itu untuk berbagai sarana maupun fasilitas yang akan dibangun targetnya akan dibangun di atas lahan seluas 8 ha. Kemudian untuk ruang terbuka atau area hijau akan dibangun juga taman seluas 300 ha.

Pembangunan lainnya yang disiapkan yaitu untuk alun-alun, Bukit Bendera, hingga Sumbu Kebangsaan yang tahap pertama ini akan dibangun di atas lahan seluas 26  ha. Selanjutnya Sumbu Tripraja atau area untuk gedung eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 10 ha.

Selain bangunan, ruang terbuka, dan berbagai fasilitas gedung, yang juga akan dibangun adalah sarana infrastruktur jalan raya dan koneksitas jalan tol. Rencananya koneksi jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 30 km dan jaringan jalan lain di kawasan inti pusat pemerintah (KIPP) sepanjang 44 km.

“Jadi semuanya msih dalam tahap perhitungan dan yang sudah direncanakan yang kami paparkan ini. Untuk pembiayaannya juga masih terus  digodok oleh Kementerian Keuangan termasuk berapa potensi pembiayaan dari APBN dan potensi yang bisa didapat dari swasta,” jelas Boby.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

JKT LIVING STAR Apartemen Bergaya Singapura Resmi Topping Off

Advertorial - Jakarta, 23 April 2021, Perusahaan Fortune Global 500 berusaha melawan Pandemi untuk memenuhi janji. Proyek JKT Living Star yang dikembangkan oleh Pengembang Fortune Global 500 Perusaha

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Pameran Arsitektur, Taman, Hingga Budaya Pun Diselenggarakan Virtual

RumahCom – Teknologi digital dimaksimalkan oleh berbagai kalangan termasuk dari kalangan media masa. Ajang pameran yang biasanya diselenggarakan secara offline kini diadakan secara virtual dengan te

Lanjutkan membacaJuni 17, 2021

Kementerian PUPR Dorong Pengembang Sediakan Sarana Olahraga

RumahCom – Kawasan perumahan harus menyediakan fasilitas dan Kementerian PUPR mendorong pengembang untuk menyediakan lapangan gateball sekaligus memasyarakatkan olahraga baru ini. Ada banyak keuntun

Lanjutkan membacaJuni 18, 2021

Apartemen TOD Jadi Primadona Milenial, Saat Ini Banyak Kemudahan Yang Ditawarkan

RumahCom – Berbagai keunggulan yang ditawarkan di hunian berbasis transportasi masal atau TOD mulai dilirik oleh kalangan milenial. Pemerintah juga terus meningkatkan edukasi dan sosialisasi hunian

Lanjutkan membacaJuni 18, 2021

Program Bedah Rumah Bisa Berbarengan Dengan Program Pengentasan Kawasan Kumuh Daerah

RumahCom – Program bedah Kementerian PUPR bisa disinkronkan dengan program penataan kawasan kumuh di berbagai daerah. Dengan begitu rumah-rumah masyarakat yang tidak layak huni bisa diperbaiki sekal

Lanjutkan membacaJuni 18, 2021

Masukan