Desain Biofilik Untuk Hunian Saat Pandemi, Seperti Apa?

Juni 21, 2021

RumahCom – Berbagai penerapan new normal terkait pandemi Covid-19 terus berkembang termasuk desain hunian untuk menjamin virus tidak mudah berkembang dan penguni rumah tetap sehat. Pengembang Australia Crown Group menerapkan desain biofilik dengan banyak bukaan, taman tropis, hingga air terjun di gedungnya.

Pasar properti di Australia khususnya wilayah Waterloo, New South Wales (NSW), sebuah kawasan sub urban Sydney yang tengah berkembang pesat, mengalami lonjakan penjualan properti dibandingkan wilayah lainnya bahkan dengan kota bisnis Sydney. Hal ini tidak terlepas dari kawasannya yang terus berkembang sementara harga propertinya rata-rata 66 persen lebih rendah dibandingkan rata-rata di Sydney.

Hal ini juga mendorong penjualan unit apartemen yang dipasarkan oleh pengembang Crown Group dengan peningkatan mencapai 200 persen untuk penjualan dalam periode dua bulan terakhir. Crown Group merupakan pengembang Australia yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia Iwan Sunito.

Menurut Direktur Penjualan Crown Group Prisca Edwards, lonjakan permintaan ini tidak terlalu mengejutkan karena pasar hunian di Sydney sudah begitu hot dengan FOMO atau fear of missing out yang artinya ketakukan akan kehabisan stok hunian dan pasokan terbatas sehingga menjadi pemicu meningkatnya harga.

“Lonjakan penjualan yang kami alami merupakan cerminan dari kondisi pasar yang umum dalam siklus properti jenis ini di mana untuk produk rumah tapak telah di luar jangkauan kebanyakan calon pembeli. Karena itu banyak konsumen tertarik dengan manfaat dan keuntungan dari tinggal di apartemen,” ujarnya.

Naiknya harga rumah tapak secara otomatis juga ikut mengerek harga unit apartemen dan untuk pasar di Australia saat ini pasar apartemen tengah dalam mode mengejar rumah tapak. Apartemen yang memenuhi lebih banyak persyaratan akan menjadi yang pertama terjual dan fitur ini tentunya lebih menarik bagi pembeli.

Beberapa kawasan metropolitan di seluruh dunia seperti New York, Hong Kong, Bangkok, dan Sydney memberikan banyak manfaat dan akses tak tertandingi tapi lingkungan yang serba cepat juga dapat merugikan masyarakat jika terus dibiarkan. Penduduk perkotaan juga telah menyadari untuk lebih memperhatikan kesehatan karena sangat terkait dengan kesejahteraan maupun produktivitas.

Sejak pandemi Covid-19 telah terjadi peningkatan permintaan untuk apartemen dengan kamar tidur tambahan. Hal ini sejalan dengan strategi yang dilakukan oleh Crown Group dengan menawarkan unit apartemen yang lebih besar dengan balkon dan area umum yang lebih luas. Untuk itu konsep aprtemen bergaya resort juga menjadi lebih tepat.

Pandemi juga telah mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari seperti penghuni yang mencari komunitas dan kebersamaan tanpa harus keluar atau membuat keramaian. Konsep-konsep seperti ini yang terus diperbanyak dan diwujudkan di berbagai proyek apartemen Crown Groun.

Salah satu penerapannya yaitu hunian yang terintegrasi dengan alam seperti di Waterfall by Crown Group yang banyak menggabungkan fitur desain biofilik yang menenangkan. Era baru kehidupan perkotaan khususnya saat pandemi terus dihadirkan termasuk fasilitas maupun sarana untuk menghubungkan orang dengan lingkungan alam untuk mengusung lifestyle yang fokus pada kesehatan.

Ingin membeli apartemen, siapkan dulu biaya-biaya berikut ini agar pembelian apartemen menjadi lancar. Selengkapnya, yuk nonton video berikut ini.

Iwan Sunito mengatakan, dengan semakin banyak pekerja yang melakukan pekerjaannya secara remote, tren desain bioflik di seluruh dunia terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan setiap anggota keluarga di rumah dan konsep ini lebih dibutuhkan lebih dari sebelumnya.

“Pendekatan baru ini bisa diterapkan dengan sempurna di negara-negara tropis seperti Indonesia atau di kota-kota besarnya seperti Jakarta, Surabata, atau Bandung. Aliran udara dan penghijauan di dalam kompleks apartemen bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan jendela yang lebih besar sehingga memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam interior dan bisa meminimalkan penggunaan listrik,” jelasnya.

Karena itu proyek Waterfall by Crown Group menerapkan konsep ini secara sempurna. Terdapat banyak ruang luar ruangan untuk para penguni bersantai termasuk taman tropis seluas 2.600 m2 dan taman ramah hewan peliharaan seluas 3.600 m2. Selain itu masih ada dinding hijau vertikal yang memamerkan 5.000 tanaman.

Waterfall by Crown Group merupakan proyek hunian senilai Rp4 triliun yang dipasarkan sejak tahun 2020. Terdiri dari 331 unit apartemen dengan desain yang inovatif di Australia dan menghadirkan penghijauan di dalam perkotaan. Proyek yang dirancang Adam Haddow ini juga memiliki air terjuan dengan ketinggian 22 m (7 lantai) dan menjadi yang pertama gedung dengan desain biofilik seperti ini di Australia.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

12.000 Perumahan Bakal Dibangun Di Ibukota Baru

RumahCom – Pemerintah terus mematangkan rencana pemindahan ibukota negara baru ke Pulau Kalimantan. Beberapa target pembangunan tahap pertama antara lain perumahan yang mencapai 12 ribu unit  hingg

Lanjutkan membacaJuni 20, 2021

Hunian Sehat Masih Jadi Andalan Pengembang

RumahCom – Konsep rumah sehat masih terus ditawarkan kalangan pengembang karena memiliki daya tarik yang kuat saat situasi pandemi Covid-19. Ciputra Group kembali meluncurkan klaster rumah kompak ya

Lanjutkan membacaJuni 20, 2021

Township Ini Hadirkan Produk Commercial Business Living

RumahCom – Pengembang SML kembali menggandeng mitra perusahaan asing Mitsubishi Corporation untuk mengembangkan produk yang dikonsep untuk bisnis dan residensial di township BSD City. Permintaan pro

Lanjutkan membacaJuni 20, 2021

Bank Dituntut Aktif Pastikan Program Rumah Subsidi Diterima Kalangan Yang Berhak

RumahCom – Berbagai program perumahan terlebih yang menyangkut dana subsidi harus dipastikan diterima oleh kalangan yang berhak. Karena itu, Kementerian PUPR mendorong perbankan untuk ikut mengawasi

Lanjutkan membacaJuni 21, 2021

Berbagai Proyek TOD Akan Dikembangkan Anak Usaha BUMN Dan BUMD

RumahCom – Anak perusahaan BUMN dan perusahaan BUMD meneken perjanjian kerja sama untuk pengembangan bersama berbagai proyek properti. PT ACP dan Pembangunan Sarana Jaya akan memaksimalkan potensi l

Lanjutkan membacaJuni 21, 2021

Masukan