Tiga Mekanisme Pengelolaan Dana Tapera

Juni 22, 2021

RumahCom – BP Tapera telah mulai bekerja untuk menyediakan dana murah jangka panjang untuk pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau. Dana Tapera akan dipupuk dengan tiga mekanisme mulai pemupukan, pemanfaatan, dan cadangan yang kredibel dan akuntabel.

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah mulai efektif bekerja untuk memenuhi kebutuhan hunian kalangan pekerja. Saat ini BP Tapera telah menyatakan kontrak pengelolaan dana Tapera (KPDT) yang efektif berlaku pada 14 Juni 2021 untuk menjamin pengelolaan dana secara aman dan kredibel.

Menurut Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana BP Tapera Gatut Subadio, dalam mengelola dana BP Tapera telah meneken perjanjian dengan Bank BRI sebagai bank kustodioan yang akan mengadministrasikan pengelolaan dana peserta Tapera secara profesional.

“Selain itu kerja sama BP Tapera juga melibatkan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang akan menyediakan infrastruktur sistem hingga mekanisme pencatatan sehingga setiap dana milik peserta Tapera bisa tercatat sebagai investor yang memiliki unit penyertaan dan dananya bisa dipantau setiap saat,” ujarnya.

Kerja sama dengan pihak-pihak yang kompeten di bidangnya seperti Bank BRI dan KSEI dengan perannya masing-masing juga akan menjamin keamanan dana, transparansi, akuntabilitas, hingga kredibilitas outcomes masing-masing pihak untuk memperkuat trust peserta dan pemangku kepentingan.

Lebih rinci lagi Gatut menerangkan, melalui sistem layanan S-Multivest, KSEI akan menyediakan sistem untuk menerbitkan single investor identificatioan (SID) atau nomor identitas tunggal investor maupun investment fund unit account (IFUA) pemodal yaitu setiap peserta Tapera.

Dengan identitas SID ini, setiap peserta yang memiliki unit penyertaan bisa memantau setiap saat perkembangan jumlah unit penyertaan saldo simpanan mereka. Dalam waktu dekat peserta akan bisa melihat saldo dananya melalui portal kepesertaan Tapera atau aplikasi milik KSEI.

Dalam pengelolaannya, dana Tapera akan dialokasikan untuk tiga fungsi pengelolaan berdasarkan maturity profile yaitu alokasi dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan pembayaran simpannan peserta berikut hasil pengembangannya ketika nanti berakhir masa kepesertaannya karena pensiun maupun berhenti sebagai pekerja.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Kemudian alokasi dana pemanfaatan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang akan disalurkan melalui kerja sama dengan bank penyalur.

Sementara fungsi pemupukann yaitu alokasi danna untuk kebutuhan menjaga likuiditas dana Tapera dan peningkatan nilai investasi untuk mencapai nilai imbal hasil yang optimal bagi setiap peserta.

Dengan kebijakan alokasi seperti ini maka dana Tapera dikelola secara efektif dan efisien untuk tujuan utama menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang berkelanjutan guna pembiayaan perumahan yang layak dan terjangaku.

“Dengan model seperti ini Tapera bisa menjaga kesinambungan dana Tapera dalam jangka panjang sekaligus memenuhi kebutuhan pembiayaan perumahan kepada para pesertanya. Menyediakann likuiditas atas simpanan pekerja berikut hasil pemupukan yang memadai,” beber Gatut.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tol Cisumdawu Dikebut Untuk Operasional Akhir Tahun Ini

RumahCom – Pemerintah terus mengebut pembangunan jalan tol Cisumdawu yang akan terkoneksi dengan tol akses Bandara Kertajati. Tol Cisumdawu akan memangkas waktu perjalan ke Bandara Kertajati dari Ba

Lanjutkan membacaJuni 21, 2021

19 Bank Berpeluang Mendapatkan Tambahan Kuota KPR FLPP

RumahCom – PPDPP telah melaksanakan evaluasi untuk bank penyalur  KPR subsidi FLPP untuk periode triwulan kedua 2021. Dari 40 bank penyalur, ada 19 bank berkinerja baik sehingga berpotensi untuk di

Lanjutkan membacaJuni 21, 2021

Ada Fasilitas Rusun Untuk Para Atlet

RumahCom – Kementerian PUPR membangun fasilitas Rusun untuk kalangan atlet dayung di Bandung Barat. Fasilitas Rusun ini sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk atlet yang kerap mengharumkan nama b

Lanjutkan membacaJuni 22, 2021

Bukan Hanya Di Jawa, Rumah Tapak Juga Diminati Di Manado

RumahCom – Berbagai kebijakan seperti LTV yang membuat DP rumah bisa nol persen telah merangsang minat pasar. Pandemi juga telah membuat segmen produk rumah tapak lebih dicari dan ini yang dihadirka

Lanjutkan membacaJuni 22, 2021

Rumah Bersubsidi Di Sumatera Selatan Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Salah satu program perumahan Kementerian PUPR yaitu prasarana, sarana dan utilitas (PSU) yang diberikan untuk kalangan pengembang. Dengan program PSU ini rumah bersubsidi untuk MBR bisa m

Lanjutkan membacaJuni 22, 2021

Masukan