Kritik Untuk Desain Rumah Subsidi Yang Minim Inovasi

29 Jun 2021

RumahCom – Pengembangan rumah bersubsidi cenderung monoton dari sisi desain maupun tampilannya. Berbagai aturan terkait pemenuhan syarat administrasi membuat kalangan pengembang minim inovasi untuk membuat tampilan rumah subsidi menjadi lebih baik dan situasi ini bisa membuat pengembang ditinggal konsumennya.

Pandemi Covid-19 tidak membuat perkembangan maupun berbagai inovasi di sektor properti menjadi berhenti. Bahkan saat pandemi ini juga memunculkan berbagai inovasi desain maupun pola-pola mareketing untuk menyesuaikan dengan situasi dan kebutuhan pasar yang berubah.

Di sisi lain untuk konteks rumah bagi segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun rumah bersubsidi, hampir tidak ada perkembangan maupun inovasi dari sisi desain hingga tampilann produknya. Hal ini akhirnya memperkuat kesan rumah subsidi dibangun asal jadi sehingga tidak memerhatikan perkembangan desain sama sekali.

Menurut CEO dan Founder Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, perkembangan produk dan tipe rumah saat ini berkembang sangat cepat khususnya terkait konsep dan pola layout ruangnya dan perkembangan ini seperti tidak direspon untuk segmen rumah murah atau bersubsidi.

“Desain rumah juga berkembang seperti produk fashion karena dalam hitungan bulan telah muncul beberapa produk baru dengan desain yang lebih baru. Hal ini membuat produk lama menjadi terlihat ketinggalan zaman dan pengembang harus jeli melihat hal ini dan membaca situasi pasar,” ujarnya.

Beberapa proyek hunian yang saat ini banyak ditawarkan dengan menyasar khusus segmen milenial misalnya, itu bisa menerapkan desain-desain yang cantik dan up to date yang sangat membaca kebutuhan segmen pasarnya.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Sebut saja produk-produk seperti Waterfront Estate Lippo Cikaranag, Cendana Homes Lippo Village, Rotterdam dan Wimbledon di Jababeka, Duo @Talaga Bestari, O2 Grand Wisata, Myza BSD City, Basel Citra Sentul Raya, Albero Citra Garden Puri, Taman Kuta Indah Citra Maja, Vanadium Intercon, Apple 1 Condo Villa, dan sebagainya.

Ali menyebut produk-produk yang diluncurkan ini seperti saling bersahutan dan menampilkan sederet inovasi dan kreatifitas yang sangat dinamis. Produk-produk ini juga dihasilkan oleh pengembang-pengembang besar sementara pengembang di segmen menengah ke bawah cenderung menggunakan model-model rumah lama tanpa inovasi.

Kurangnya up date di lapangan membuat apa yang diluncurkan menjadi produk yang biasa saja bahkan ketinggalan zaman. Akhirnya pola pikir konsumen khususnya dari kalangan milenial yang telah berubah dan melihat produk-produk baru yang inovatif, membuat produk-produk yang ketinggalan zaman semakin ditinggalkan.

Terlebih lagi untuk produk rumah bersubsidi yang penerapan model desainnya hampir tanpa ada inovasi. Dengan aturan yang ketat dari pemerintah membuat para pengembang yang membangun rumah bersubsidi disibukkan dengan aturan adiministrasi sehingga lupa untuk berkreasi.

Di sisi lain, pasar untuk segmen MBR yang besar ini tidak bisa diabaikan begitu saja khususnya terkait selera desainnya yang juga berubah dan mengikuti perkembangan zaman. Rumah juga bukan sekadar hunian tapi harus bisa menampilkan citra maupun kebanggaan pembelinya.

“Apa margin untuk rumah bersusbdi ini terlalu kecil sehingga tidak bisa berkreasi? Rasanya bukan itu alasan utamanya, pengembang subsidi ini terlalu asyik jualan sehingga lupa dengan persaingan yang semakin ketat untuk bisa merebut hati konsumen yang terus berubah. Pengembang jangan terlena karena kalau tidak bisa mengimbangi nanti ditinggal konsumen,” pungkas Ali.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kolaborasi Pusat-Daerah Maksimalkan Program Perumahan

RumahCom – Kolaborasi pemerintah daerah dan pemerintah pusat terus didorong untuk memaksimalkan program perumahan di daerah-daerah.  Seperti kolaborasi yang dilakukan Kementerian PUPR dan Pemkab Sa

Lanjutkan membaca25 Jun 2021

Klaster keluarga Jadi Klaster yang Mendominasi Penyebaran COVID-19

RumahCom - Kebosanan dan kejenuhan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini berdampak terhadap menurunnya penerapan protokol kesehatan. Banyak masyarakat yang saat ini mulai mengabaikan menggu

Lanjutkan membaca26 Jun 2021

Pengembangan Toll Coridor Development Yang Kian Menarik

RumahCom – Pengembang anak usaha BUMN jalan tol Jasamarga Related Busniness bersama pengembang swasta Paramount Land berkolaborasi untuk mengembangkan proyek properti  di sepanjang koridor jalan to

Lanjutkan membaca28 Jun 2021

Diskon Apartemen Ini Setara Bunga Deposito

RumahCom – Pengembang masih terus mengeluarkan berbagai program gimmick marketing yang digabung dengan insentif pemerintah dan bank. Hal ini membuat konsumen yang tidak memiliki dana awal selama mam

Lanjutkan membaca28 Jun 2021

Proyek LRT Beroperasi Tahun Depan, Unit Apartemen Di Kawasan TOD Ini Kian Diminati

RumahCom – Presiden Joko Widodo memastikan proyek transportasi publik LRT Jabodetabek akan beroperasi pertengahan tahun depan untuk rute Bekasi-Cawang. Hal ini membuat proyek LRT City yang terkoneks

Lanjutkan membaca28 Jun 2021

Masukan