Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Kementerian PUPR Siapkan Fasilitas Rusun 25 LantaiPasien Covid-19 Terus Bertambah, Kementerian PUPR Siapkan Fasilitas Rusun 25 Lantai

Juni 29, 2021

RumahCom – Fasilitas Rusun Pasar Rumput akan digunakan untuk isolasi maupun perawatan pasien Covid-19. Ini merupakan respon Kementerian PUPR terkait terus meningkatnya penderita Covid-19 dan kamar-kamar rumah sakit yang tidak lagi bisa menampung pasien. Fasilitas Rusun di berbagai daerah juga kerap digunakan untuk tempat perawatan pasien.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersiapkan Rumah Susun Tingkat Tinggi Pasar Rumput, Jakarta Selatan, untuk dijadikan alternatif tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19. Kementerian PUPR terus melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk antisipasi penanganan pandemi Covid-19 yang jumlah pasiennya terus bertambah.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, menjadikan Rusun Pasar Rumput untuk tempat isolasi pasien Covid-19 merupakan instruksi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan telah diterjunkan tim dari Direktorat Rumah Susun dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa.

“Jadi semua sedang disiapkan baik fasilitas pendukung di dalam Rusun tersebut sehingga nantinya pasien yang dirawat di tempat ini bisa merasa nyaman dan meningkatkan imunitas tubuhnya. Kami juga terus mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyiapkan tempat ini dan bisa fungsional secepat mungkin,” ujarnya.

Ketersediaan tempat isolasi pasien Covid-19 yang makin terbatas termasuk perawatan pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran maupun rumah sakit rujukan lainnya yang hampir penuh membuat inisiatif menjadikan Rusun Pasar Rumput sebagai tempat isolasi menjadi hal yang tepat.

Untuk diketahui, Kementerian PUPR telah banyak membangun fasilitas Rusun di  berbagai daerah Indonesia dan saat pandemi ini banyak fasiltas Rusun tersebut yang dijadikan fasilitas isolasi maupun perawatan pasien oleh pemerintah daerah.

Untuk Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sendiri terdiri dari tiga tower dengan total kapasitas kamar yang tersedia mencapai 1.984 satuan rumah susun. Rencana pemanfaatan Rusun ini sebagai tempat isolasi mandiri akan digunakan seluruhnya sebanyak tiga tower dengan penerapan yang bertahan. Satu tower Rusun ini memiliki kapasitas 689 unit yang dimulai dari lantai empat hingga 25.

Untuk fasilitas umum di Rusun Pasar Rumput untuk sementara akan dipindahkan ke lokasi lain bila nanti Rusun ini digunakan untuk perawatan pasien Covid-19. Untuk akses masuknya di Tower 1 akan diatur mulai dari lantai tiga dan ditambahi sekat sehingga tidak mengganggu aktifitas lain yang berada di dua tower lainnya.

“Pemanfaatan Rusun Tower 1 ini rencananya dilakukan pada pekan ini juga sementara untuk Tower 2 dan Tower 3 akan langsung dilakukan saat Tower 1 terisi penuh. Akses masuk ke tempat isolasi  juga akan menggunakan lift yang terpisah dan saat ini tengah dilakukan pemasangan pendingin udara maupun furnitur di seluruh unitnya,” imbuh Khalawi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Klaster keluarga Jadi Klaster yang Mendominasi Penyebaran COVID-19

RumahCom - Kebosanan dan kejenuhan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini berdampak terhadap menurunnya penerapan protokol kesehatan. Banyak masyarakat yang saat ini mulai mengabaikan menggu

Lanjutkan membacaJuni 26, 2021

Pengembangan Toll Coridor Development Yang Kian Menarik

RumahCom – Pengembang anak usaha BUMN jalan tol Jasamarga Related Busniness bersama pengembang swasta Paramount Land berkolaborasi untuk mengembangkan proyek properti  di sepanjang koridor jalan to

Lanjutkan membacaJuni 28, 2021

Diskon Apartemen Ini Setara Bunga Deposito

RumahCom – Pengembang masih terus mengeluarkan berbagai program gimmick marketing yang digabung dengan insentif pemerintah dan bank. Hal ini membuat konsumen yang tidak memiliki dana awal selama mam

Lanjutkan membacaJuni 28, 2021

Proyek LRT Beroperasi Tahun Depan, Unit Apartemen Di Kawasan TOD Ini Kian Diminati

RumahCom – Presiden Joko Widodo memastikan proyek transportasi publik LRT Jabodetabek akan beroperasi pertengahan tahun depan untuk rute Bekasi-Cawang. Hal ini membuat proyek LRT City yang terkoneks

Lanjutkan membacaJuni 28, 2021

Kritik Untuk Desain Rumah Subsidi Yang Minim Inovasi

RumahCom – Pengembangan rumah bersubsidi cenderung monoton dari sisi desain maupun tampilannya. Berbagai aturan terkait pemenuhan syarat administrasi membuat kalangan pengembang minim inovasi untuk

Lanjutkan membacaJuni 29, 2021

Masukan