Progres Cepat Pembangunan Perumahan Tidak Boleh Mengurangi Kualitas

Juli 26, 2021

RumahCom – Pembangunan perumahan khususnya untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terus berjalan dengan progres yang sangat baik. Percepatan pembangunan perumahan ini tidak boleh fokus pada kuantitas tapi harus memerhatikan kualitas.

Program pembangunan perumahan terus didorong khususnya saat pandemi Covid-19 ini. Sektor properti di mana perumahan ada di dalamnya telah ditetapkan sebagai lokomotif perekonomian karena besarnya kebutuhan perumahan masyarakat sekaligus untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional saat pandemi.

Di sisi  lain, pesatnya program perumahan juga tidak boleh mengabaikan kualitas khususnya perumahan untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selama ini terkesan program pembangunan sejuta rumah untuk segmen MBR ini hanya mengejar kuantitias dan mengabaikan kualitas.

Menurut Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi dan Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawijaya, Kementerian PUPR terus mendorong agar program bantuan perumahan dari pemerintah tidak hanya mengejar kuantitas tapi juga harus berkualitas.

“Program perumahan tidak cukup hanya mengejar kuantitas sehingga pemerintah juga akan memastikan kualits produk hunian. Hunian yang baik akan menciptakan penghidupan yang baik bagi seluruh penghuninya dan selanjutnya akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas,” ujarnya.

Karena itu kualitas pengembangan rumah subsidi harus menjadi perhatian bersama baik dari sisi pemerintah yang membuat kebijakan maupun dari stakeholder lainnya. Kualitas ini harus diperhatikan khususnya oleh kalangan swasta sebagai pelaku penyedia produk, perbankan yang menyediakan jasa pembiayaan, hingga masyarakat.

Berdasarkan program pembiayaan rumah bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), pada tahun 2020 lalu penyaluran KPR FLPP ini telah melampau target yaitu 106,59 persen. Angkanya mencapai Rp11,23 triliun yang digunakan untuk membiayai sebanyak 109.253 unit rumah.

Untuk tahun 2021 ini anggaran pembiayaan rumah subsidi melalui skema FLPP ini lebih besar lagi dan hingga bulan Juni lalu penyalurannya juga telah melewati 50 persen. Karena itu anggaran FLPP pada tahun ini sebesar Rp19,1 triliun untuk 157.500 unit akan habis pada bulan Oktober sehingga tidak perlua menunggu hingga akhir tahun.

“Gegap gempita pembangunan rumah subsidi untuk kalangan MBR ini sekali lagi jangan hanya mengejar kualitas. Beberapa aplikasi telah diterapkan untuk menjamin rumah yang dibangun telah memenuhi standar yang ditetapkan, tapi intinya kualitas perumahan harus menjadi tanggung jawab kita bersama,” pungkas Endra.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penjualan Apartemen Masih Berat, Rata-Rata Penyerapan 60 Persen

RumahCom – Unit apartemen merupakan salah satu instrumen produk properti yang paling terpukul penjualannya saat pandemi. Dari rata-rata penyerapan mencapai 75 persen, saat ini penyerapannya hanya 60

Lanjutkan membacaJuli 23, 2021

Milenial Terus Disasar Dengan Produk Rumah Dua Lantai

RumahCom – Kalangan pengembang kian percaya diri meluncurkan klaster baru rumah dua lantai untuk menyasar kalangan milenial. Produk rumah yang ditawarkan menawarkan desain hingga layout yang ditunja

Lanjutkan membacaJuli 23, 2021

Ada Yang Lebih Penting Dari Rumah Sebagai Produk Fisik, Apa?

RumahCom – Pembangunan besar-besaran untuk sektor perumahan harus diikuti dengan edukasi pentingnya memiliki rumah dan budaya kehidupan di dalam rumah. Ada banyak pergeseran terkait produk hunian kh

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Pandemi, Saatnya Beli Produk Properti

RumahCom – Di tengah situasi  pandemi Covid-19, produk  properti akan tetap menguntungkan terlebih ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan bila membeli saat ini. Masyarakat bisa memanfaatkan ber

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Rumah Tapak Jadi Penopang Saat Pandemi

RumahCom – Rumah tapak menjadi segmen produk properti yang tetap digemari bahkan mengalami peningkatan penjualan saat situasi pandemi Covid-19. Situasi ini terjadi sejak tahun lalu dan diprediksi ak

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Masukan