Ini Target Besar Sektor Pertanahan

Juli 26, 2021

RumahCom – Sektor pertanahan merupakan salah satu instrumen pembangunan yang sangat penting. Untuk masyarakat, legalitas pertanahan juga bisa menjadi akses untuk mendapatkan pembiayaan. Berbagai fungsi penting pertanahan ini terus ditata oleh Kementerian ATR/BPN.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mengupayakan percepatan pendaftaran tanah di seluruh Indonesia. Hal ini juga telah dituangkan di dalam rencana strategis (Renstra) Tahun 2020-2024 yang dirancang untuk mendukung rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJM).

Menurut Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Abdul Djalil, sektor pertanahan sangat penting khususnya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan hal ini disadari betul oleh pemerintah. Karena itu apabila tanah milik masyarakat telah terdaftar dan bersertifikat akan membuka akses permodalan ke perbankan.

“Target besar Kementerian ATR/BPN salah satunya mendaftarkan seluruh bidang tanah di seluruh wilayah Indonesia. Pendaftaran tanah ini sangat penting untuk menghindari sengketa pertanahan khususnya yang diakibatkan karena konflik maupun aktivitas mafia tanah,” ujarnya.

Terjadinya ketidakpastian hukum di bidang pertanahan salah satunya karena masih banyaknya bidang tanah yang belum terdaftar. Karena itu Kementerian ATR/BPN menargetkan program pendaftaran seluruh bidang tanah ini akan selesai pada tahun 2025 termasuk tanah-tanah di kawasan hutan.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 juga berdampak pada  sumber daya di Kementerian ATR/BPN yang menjalankan program pendaftaran tanah. Tidak kurang dua kali anggaran kementerian direlokasi untuk memerangi pandemi Covid-19 dan hal ini justru memunculkan perkembangan untuk menyelesaikann berbagai urusan pertanahan menggunakan aplikasi teknologi.

Pandemi membuat Kementerian ATR/BPN memaksimalkan layanan elektronik pertanahan. Saat ini berbagai layanan pertanahan yang sudah bisa dilakukan secara daring antara lain Hak Tanggungan sehingga pemohon tidak perlu datang ke kantor pertanahan. Layanan lainnya yang sudah online yaitu yaitu Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT), pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), serta pengecekan sertifikat tanah..

Selain aspek pertanahan, Kementerian ATR/BPN juga terus mengupayakan penataan ruang karena hal ini juga penting untuk mendukung investasi. Ada target penyusunan 2.000 rencana detil tata ruang (RDTR) sehingga dengan RDTR ini proses masuknya investasi akan jauh lebih mudah.

“Orang tidak perlu lagi datang ke daerah jika ingin berinvestasi tapi cukup melihat RDTR saja. Kami sangat fokus menjalankan segala upaya untuk menata maupun memudahkan investasi di tengah berbagai kendala karena pandemi. Berbagai hal ini akan terus dilakukan untuk mengejar target besar kementerian,” imbuh Sofyan.

Inilah perbedaan KPR Syariah dengan Properti Syariah yang perlu diketahui!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Yang Lebih Penting Dari Rumah Sebagai Produk Fisik, Apa?

RumahCom – Pembangunan besar-besaran untuk sektor perumahan harus diikuti dengan edukasi pentingnya memiliki rumah dan budaya kehidupan di dalam rumah. Ada banyak pergeseran terkait produk hunian kh

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Pandemi, Saatnya Beli Produk Properti

RumahCom – Di tengah situasi  pandemi Covid-19, produk  properti akan tetap menguntungkan terlebih ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan bila membeli saat ini. Masyarakat bisa memanfaatkan ber

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Rumah Tapak Jadi Penopang Saat Pandemi

RumahCom – Rumah tapak menjadi segmen produk properti yang tetap digemari bahkan mengalami peningkatan penjualan saat situasi pandemi Covid-19. Situasi ini terjadi sejak tahun lalu dan diprediksi ak

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Progres Cepat Pembangunan Perumahan Tidak Boleh Mengurangi Kualitas

RumahCom – Pembangunan perumahan khususnya untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terus berjalan dengan progres yang sangat baik. Percepatan pembangunan perumahan ini tidak boleh foku

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

789 Agen China Siap Pasarkan Proyek Properti Indonesia

RumahCom – Gelaran China Solutions Live Streaming perdana di Indonesia yang berlangsung pada Kamis, 1 Juli 2021 berjalan sukses. Swancity selaku sponsor acara mengaku puas dengan keseluruhan rangkai

Lanjutkan membacaJuli 26, 2021

Masukan