Bukan Hanya Developer, Rumah Subsidi Juga Jadi Penopang Bisnis Bank

Juli 30, 2021

RumahCom – Segmen rumah menengah ke bawah hingga rumah subsidi kebutuhannya sangat besar dan tela menjadi penopang bisnis untuk developer dan perbankan. Bank BTN kinerja bisnisnya meningkat ditopang oleh pembiayaan perumahan segmen ini.

Rumah untuk segmen menengah ke bawah terlebih lagi segmen rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) telah menjadi penopang bisnis bagi banyak perusahaan developer. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan produk hunian yang sangat besar sehingga segmen pengguna (end user) ini dijadikan fokus pasar oleh kalangan pengembang.

Segmen end user khususnya untuk produk rumah bersubsidi ini bukan saja menjadi penopang bisnis kalangan perusahaan developer tapi juga perbankan. Salah satunya Bank BTN yang fokus penyaluran kreditnya memang untuk pembiayaan perumahan dan kinerja bisnisnya tetap tumbuh positif yang ditopang oleh pembiayaan rumah subsidi.

Menurut Direktur  Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, fokus pembiayaan pada kalangan MBR khususnya di masa pandemi ini telah membuat kinerja perusahaan meningkat. Bank BTN mencatatkan pertumbuhan positif dengan KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) menjadi motor utamanya yang meningkat hingga 11,17 persen secara tahunan menjadi Rp126,29 triliunn per kuartal kedua 2021.

“Jadi kendati ada pandemi Covid-19, penyaluran pembiayaan untuk segmen KPR FLPP ini terus meningkat. Hal itu membuat kinerja kredit perumahan Bank BTN tetap kokoh dan tumbuh perlahan di level 0,9 persen secara tahunan menjadi Rp80,59 triilin semetara untuk kredit non perumahan juga meningkat hingga 17,47 persen menjadi Rp5,43 triliun,” ujarnya.

Direktur Consumer & Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar menambahkan, pandemi tidak mengurangi minat masyarakat untuk memiliki dan mengakses perumahan sesuai dengan kemampuannya. Untuk segmen menengah ke bawah mencatatkan pertumbuhan kredit yang paling besar khususnya untuk segmen KPR subsidi.

“Waktu awal pandemi bulan Maret tahun lalu dampaknya memang sangat terasa dan penyaluran KPR kami juga menurun. Tapi masuk bulan Juni hingga Desember 2020 terus meningkat dan awal tahun 2021 periode Januari-Maret hingga Juni terus meningkat dengan angka 11,17 persen,” katanya.

Hingga saat ini Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan untuk sektor perumahan mencapai 78 ribu unit dan itu didominasi oleh KPR subsidi sebanyak 65.400 unit. Pencapaian ini juga belum memasukkan 11 ribu unit yang bekerja sama dengan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Hunian MBR Bisa Dibangun Di Tengah Kota, Seperti Ini Konsepnya

RumahCom – Sebuah kota harus bisa memenuhi dan menampung seluruh segmen masyarakatnya. Karena itu kalangan MBR juga hasur bisa difasilitasi akses hunian sehingga tidak semakin terpinggirkan ke daera

Lanjutkan membacaJuli 29, 2021

Imbal Hasil Properti Tetap Lebih Baik Dibandingkan Deposito

RumahCom – Pengembang terus menunjukan komitmennya terkait progres proyek yang dipasarkannya. Superblok SouthCity berhasil memasarkan satu tower apartemen The Parc saat pandemi dengan peningkatan ha

Lanjutkan membacaJuli 29, 2021

Ini Fungsi Bank Tanah Untuk Perumahan Dan Pemukiman

RumahCom – Pemerintah terus menggodok berbagai aturan dan payung hukum untuk menghadirkan institusi bank tanah. Lembaga ini akan memiliki peran penting untuk menjamin ketersediaan lahan bagi pembang

Lanjutkan membacaJuli 29, 2021

Pengembang Masih Catatkan Peningkatan Bisnis Saat Pandemi

RumahCom – Pengembang Ciputra Group berhasil mencatatkan kinerja bisnis yang baik saat situasi pandemi Covid-19. Sejak tahun 2020 lalu hingga semester pertama tahun 2021, capaian marketing sales ter

Lanjutkan membacaJuli 29, 2021

Saat Pandemi, Properti Tetap Investasi Paling Stabil

RumahCom – Saat pandemi mayoritas masyarakat menahan dananya dan lebih selektif untuk urusan investasi. Berbagai laporan menyebut, produk properti merupakan salah satu instrumen yang stabil dan aman

Lanjutkan membacaJuli 30, 2021

Masukan