Seribuan Unit Rumah Tidak Layak Huni Di Gorontalo Dibedah

23 Agu 2021

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong program bedah rumah untuk memperbaiki hunian kalangan MBR menjadi lebih sehat dan layak huni. Program ini memiliki banyak fungsi selain merevitlasi hunian masyarakat hingga menggerakkan perekonomian saat pandemi.

Sebanyak 250 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan mendapatkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Setiap unit RTLH atau disebut jug program bedah rumah ini, nantinya akan mendapatkan bantuan senilai Rp20 juta untuk dibedah dan ditingkatkan kualitasnya sehingga lebih layak huni. Hunian yang sehat dan layak huni menjadi sangat penting untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kementerian PUPR terus mendorong peningkatan penyediaan rumah layak huni untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di seluruh Indonesia melalui Program BSPS ini. Kami ingin masyarakat bisa tinggal di hunian yang layak huni sehingga bisa ikut menjaga kesehatannya di masa pandemi,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid.

Dana sebesar Rp20 juta ini bukan diberikan secara tunai tapi untuk belanja material bahan bangunan dari kawasan rumah yang dibedah senilai Rp17,5 juta. Sementara sisa Rp2,5 juta digunakan untuk biaya upah tukang. Untuk pelaksanaan program ini juga diterjunkan Tenaga Pendamping Masyarakat untuk memberikan pendampingan dalam pelaksanaan program BSPS sehingga bisa terus didorong pelaksanaan program dengan pola gotong royong seperti ini.

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Ditjen Perumahan Alwi Mahdali menambahkan, jumlah bantuan Program BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 250 unit rumah sehingga total alokasi program BSPS di Provinsi Gorontalo untuk tahun 2021 mencapai 1.260 unit yang tersebar di beberapa wilayah.

“Total bantuan Program BSPS di Kabupaten Gorontalo Utara senilai Rp5 milyar. Kami ingin Program BSPS yang dilaksanakan dapat memenuhi persyaratan layak huni terutama dari segi keselamatan bangunan, meminimalisir kerusakan bangunan, dan keselamatan penghuni terhadap dampak bencana gempa,” katanya.

Alwi juga mengatakan, program BSPS ini bersifat stimulan yang melibatkan penerima bantuan untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan program. Selain itu program BSPS ini juga bertujuan unutk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah di masa pandemi ini sehingga bisa menggerakkan perekonomian. Program ini juga untuk terus memenuhi target Sustainable Development Goals (SDGs).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara Roni Imran mengatakan, program BSPS merupakan program yang sangat baik dari pemerintah pusat dengan manfaat yang sangat nyata untuk masyarakat. Kendati besaran bantuan tidak besar, tapi dengan skema stimulan yang menggerakkan masyarakat penerima bantuan program ini bisa dilaksanakan dengan maksimal.

“Makanya kami sangat mendukung program BSPS ini karena ini bisa menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat bawah. Kami berharap program ini ke depannya terud ditingkatkan mengingat untuk wilayah Kabupaten Gorontalo Utara ini masih ada 6.000 rumah yang tidak layak dan perlu disentuh dengan program ini,” pungkasnya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Perubahan Pola Pasar Di Segmen Properti Ini Saat Pandemi

RumahCom – Ada banyak perubahan dan adaptasi baru terkait lifestyle hingga kebutuhan produk properti saat pandemi Covid-19. Pandemi membuat pasar melihat lebih spesifik segmen produk yang dipasarkan

Lanjutkan membaca19 Agu 2021

Kolaborasi Bank-Developer Bisa Berikan Bunga Mulai 2 Persenan

RumahCom – Kerja sama perbankan dan perusahaan pengembang terus dilakukan untuk mengeluarkan promo bersama sehingga makin memudahkan masyarakat membeli rumah. Bank CIMB Niaga misalnya, menggandeng b

Lanjutkan membaca20 Agu 2021

Harga Properti Residensial Turun, Ini Penyebabnya

RumahCom – Survei BI terkait properti residensial mencatatkan penurunan untuk periode kuartal kedua 2021. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor seperti masih tingginya pengenaan uang muka, suku

Lanjutkan membaca20 Agu 2021

Minat Masyarakat Ke Produk Residensial Juga Mendorong Penjualan Produk Komersial

RumahCom – Penjualan rumah tapak yang terus meningkat saat pandemi ini juga mendorong penjualan produk komersial seperti ruko. Karena itu Metland Cyber City menghadirkan Ruko Northbend Sky Garden un

Lanjutkan membaca20 Agu 2021

Pasar Besar, Pengembang Tetap Optimistis Luncurkan Produk Baru Saat Pandemi

RumahCom – Segmen rumah subsidi memiliki pasar yang besar dan karena itu terus digarap oleh pengembang seperti Greenwoods Group yang kembali menghadirkan produk rumah subsidi di Bogor. Greenwoods ju

Lanjutkan membaca20 Agu 2021

Masukan