Masyarakat Miskin Dan Stunting Jadi Sasaran Program Perumahan

Agustus 26, 2021

RumahCom – Program perumahan akan terus menjadi fokus dan perhatian pemerintah dengan anggaran yang juga terus diperbesar. Untuk program perumahan ke depan, pemerintah akan memberikan fokus lebih banyak pada masyarakat miskin dan penderita stunting.

Dalam berbagai kesempatan pemerintah kerap menyatakan kalau program perumahan masih akan menjadi salah satu prioritas dan karena itu akan terus didorong pelaksanaannya. Namun begitu ada beberapa penekanan khususnya untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun masyarakat yang sangat kekurangan.

Karena itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk pelaksanaan program perumahan di Indonesia harus lebih fokus pada program pengentasann kemiskinan dan penurunan angka stunting. Program perumahan juga harus diikuti dengan penyediaan jaringan aiir bersih, sanitasi, maupun sarana prasarana utilias (PSU) lainnya.

“Program perumahan masih akan tetap menjadi fokus dan perhatian pemerintah tapi di sisi lain kami juga diminta untuk lebih fokus pada pengentasan kemiskinan dan penurunan angka stunting melalui program perumahan. Ini juga tidak terlepas dari program perumahan yang bisa dilakukan secara cash for work sehingga bisa mendorong ekonomi setempat maupun penyerapan tenaga kerja lokal,” kata Basuki.

Pemerintah juga akan terus mendorong pelaksanaan penyediaan perumahan melalui Program Sejuta Rumah dan karena itu Basuki meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang perumahan di seluruh Indonesia untuk bersama-sama saling mendukung dan meningkatkan pembangunan hunian yang layak dan berkualitas bagi masyarakat.

Kementerian PUPR juga akan terus menjalin koordinasi dengan berbagai instansi lain untuk program perumahan dengan fokus pengentasan kemiskinan dan pengurangan angka stunting. Dengan BKKBN dan Kementerian Koordinator PMK serta DPR misalnya, supaya ke depan pelaksanaan program perumahan bisa dilaksanakan di daerah yang memiliki angka kemiskinan dan stunting.

Basuki menyebut, pengentasan kemiskinan dan stunting tidak cukup hanya dengan program bantuan sosial selama huniannya tetap tidak layak. Karena itu akan terus diupayakan program perumahan bisa menyentuh kalangan ini yang juga ditunjang dengan air bersih, sanitasi, dan prasarana sarana umum (PSU) lainnya.

“Saat ini rumah yang sehat sangat penting khususnya untuk melakukan isolasi bagi yang terinveksi virus sambil terus dimonitor kesehatannya. Tapi kalau rumahnya tidak layak huni itu wajib diisolasi di luar karena kalau tidak malah sangat berisiko menular ke seluruh anggota keluarga,” imbuh Basuki.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Diresmikan, Manfaatnya Bukan Hanya Untuk Kendaraan Pribadi Tapi Transportasi Publik

RumahCom – Kementerian PUPR kembali meresmikan ruas jalan tol baru di Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km. Jalan tol ini menjadi bagian dari enam ruas jalan tol dalam kota hingga JIUT dan JOR

Lanjutkan membacaAgustus 25, 2021

Rasio KPR Dari 2,9 Persen Akan Ditingkatkan Jadi 4 Persen Hingga 2024

RumahCom – Sektor properti dan khususnya perumahan telah berhasil menjadi instrumen yang tangguh di saat perekonomian melemah. Untuk itu pemerintah akan memberikan fokus yang lebih besar terhadap se

Lanjutkan membacaAgustus 25, 2021

Anak Muda Harus Lebih Peduli Perumahan

RumahCom – Pentingnya sektor properti khususnya perumahan harus membuat generasi muda lebih perhatian terhadap industri ini. Setiap anak muda harus paham kalau perumahan merupakan kebutuhan pokok da

Lanjutkan membacaAgustus 25, 2021

Sektor Properti Komersial Masih Terpukul

RumahCom – Bisnis properti khususnya sektor komersial terpukul sangat dalam karena pandemi Covid-19. Pusat perbelanjaan dan hotel masih harus menerapkan berbagai adaptasi maupun strategi untuk bisa

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2021

Bank Ini Bersiap Untuk Tambahan Anggaran KPR Subsidi

RumahCom – Anggaran KPR subsidi FLPP kembali ditingkatkan untuk tahun 2022 menjadi Rp28 triliunan untuk membiayai sekitar 200 ribu unit rumah. Skema subsidi masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat d

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2021

Masukan