KPR Subsidi FLPP Tersalurkan 123.705 Unit

Agustus 31, 2021

RumahCom – Hingga akhir bulan Agustus 2021 PPDPP telah menyalurkan KPR subsidi FLPP mencapai Rp13 triliunan untuk membiayai 123.705 unit rumah bagi kalangan MBR. Capaian ini telah membuat PPDPP memenuhi target penyaluran hingga 78,54 persen dari target tahun ini.

Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melaporkan capaian penyaluran KPR subsidi fasilitas likuiditas  pembiayaan perumahan (FLPP) hingga menjelang periode akhir bulan Agustus 2021.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, hingga 26 Agustus 2021, dana KPR FLPP yang telah disalurkan telah mencapai Rp13,505 triliun untuk membiayai sebanyak 123.705 unit rumah bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). KPR FLPP ini masih sangat diminati masyarakat dan tidak mengurangi minat itu kendati ada pandemi.

“Penyaluran hingga menjelang akhir bulan Agustus ini telah mencapai 78,54 persen dari target penyaluran tahun ini yang sebesar 155 ribu unit. Dengan capaian ini, total PPDPP telah menyalurkan KPR FLPP senilai Rp69,103 triliun untuk sebanyak 888.560 unit rumah sejak tahun 2010 lalu,” ujarnya.

Arief juga kembali menginformasikan penyaluran dana KPR FLPP ini yang harus segera habis pada bulan Oktober sebelum nantinya PPDPP dilebur ke institusi baru yaitu Badan Pengelola (BP) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Karena itu seluruh bank penyalur maupun perusahaan developer agar mempercepat proses pengajuan aplikasinya.

Tanggal 27 Oktober 2021 akan menjadi batas akhir pengajuan dana FLPP dan pada tanggal 29 Oktober 2021 merupakan batas akhir pencairan dana FLPP untuk tahun 2021. Setelah periode ini maka akan ada masa transisi pemindahan PPDPP ke BP Tapera yang ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun ini.

PPDPP juga kembali melakukan evaluasi kepada bank penyalur terkait kinerja penyaluran KPR subsidi ini kepada kalangan MBR. Dari 41 bank penyalur yang terdiri dari 10 bank nasional dan 31 Bank Pembangunan Daerah (BPD), ada 17 bank pelaksana yang terdiri dari empat bank nasional dan 13 BPD yang akan mengalami pengurangan kuota karena tidak mencapai target penyaluran yang telah disepakati.

“Sementara itu ada tiga bank dengan performa terbaik yang akan mendapatkan tambahan kuota sehingga bisa menyalurkan KPR FLPP lebih besar lagi. Ketiga bank itu yaitu Bank BTN, Bank Nagari, dan Bank Jambi Syariah. Kami juga terus mendorong bank pelaksana untuk mempercepat layanannya karena saat ini rata-rata layanan membutuhkan waktu 100 hari dan itu terlalu lama,” jelas Arief.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Petakan Wilayah Prioritas Untuk Penyelesaian Konflik Pertanahan

RumahCom – Kementerian ATR/BPN telah menetapkan lokasi prioritas reforma agraria (LPRA) untuk dilakukan reforma agraria dan penyelesaian konflik pertanahan. Hingga saat ini sudah ada enam lokasi  y

Lanjutkan membacaAgustus 30, 2021

265 Unit Rumah Tidak Layak Di Danau Toba Diperbaiki dan Dijadikan Homestay

RumahCom – Kementerian PUPR terus menjalankan program Sarhunta dengan memperbaiki rumah-rumah kumuh sekaligus dibuat untuk homestay di kawasan wisata. Program ini menjadi memiliki banyak fungsi yait

Lanjutkan membacaAgustus 30, 2021

Banyak Kemudahan Dari Bank, Bunga Ringan Hingga Bebas Pinalti

RumahCom – Kalangan pengembang cukup gencar mengeluarkan berbagai promo kemudahan untuk memudahkan masyarakat membeli rumah. CCB Indonesia memberikan bunga ekstra ringan dengan jangka waktu lebih pa

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2021

Setahun Dipasarkan, Township Ini Sukses Pasarkan Ribuan Rumah

RumahCom – Kebutuhan masyarakat akan perumahan masih sangat tinggi dan itu yang membuat penjualan rumah tapak masih bisa berjalan cukup baik di tengah berbagai kendala karena pandemi. Kota Podomoro

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2021

Terowongan Silaturahmi Hampir Selesai, Seperti Ini Penampakannya

RumahCom – Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan dua rumah ibadah Masjid Istiqlal dann Gereja Katedral dipastikan akan selesai pada tanggal 20 September 2021. Wakil Presiden Mar’ruf Amin dan M

Lanjutkan membacaAgustus 31, 2021

Masukan