Aplikasi Ini Mencantumkan Listing Rumah Subsidi Hingga Komersial

September 15, 2021

RumahCom – Pemerintah melalui PPDPP akan menampilkann listing produk hunian komersial yang mendapatkan insentif pembebasan PPN. Hal ini membuat aplikasi SiKumbang bisa diarahkan untuk menjadi big data perumahan karena bukan hanya rumah subsidi yang ditampilkan tapi juga produk komersial sehingga pemerintah mendapatkan data yang akurat terkait sebaran perumahan maupun basis untuk menyusun kebijakan.

Pemerintah mengeluarkan stimulus untuk sektor properti berupa insentif pembebasan produk properti yang sudah jadi (ready stock) seharga maksimal Rp2 miliar dan diskon PPN 50 persen untuk yang harganya maksimal Rp5 miliar. Insentif yang diberikan sejak bulan April 2021 ini akan berlaku hingga akhir tahun yang berlaku untuk rumah tapak maupun unit apartemen siap huni.

Ini merupakan upaya pemerintah untuk mempertahankan daya beli masyarakat di sektor perumahan sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sehingga dikeluarkan stimulus ini. Insentif PPN ini bisa didapatkan untuk orang yang belum memiliki properti dan berlaku hanya untuk satu produk.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah ditugaskan untuk melakukan pendataan berita acara serah terima dan registrasi kode identitas rumah melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

BLU PPDPP telah mengembangkan aplikasi Sistem Kumpulan Pengembang (SiKumbang) untuk mengakomodir data atau listing produk perumahan yang dibangun kalangan pengembang sehingga memudahkan masyarakat, perbankan, maupun stakeholder lainnya mengecek stok produk hunian yang dibangun pengembang di berbagai wilayah.

Untuk mengakses SiKumbang, pengembang terlebih dulu harus melalui tahapan Sistem Registrasi Pengembang (Sireng) yang dimiliki Kementerian PUPR dengan menyertakan asosiasi perumahan yang diikutinya. Dengan adanya stimulan insentif PPN ini, Kementerian PUPR membuka akses bagi para pengembang untuk langsung mendaftar ke SiKumbang tanpa perlu melalui aplikasi Sireng.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, untuk menunjang kemudahan program pembebasan dan diskon PPN yang ditanggung pemerintah, aplikasi SiKumbang telah ditingkatkan fungsinya dengan mendata juga nomor registrasi produk hunian komersial, jadi yang terdaftar bukan hanya produk maupun listing rumah subsidi.

“Dengan memasukan data produk komersial, aplikasi SiKumbang ini bisa terus diarahkan untuk menjadi big data hunian sehingga bisa menjadi acuan para stakeholder di bidang perumahan. Konsep big data hunian ini terus kami matangkan sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih besar lagi untuk masyarakat maupun pemerintah terkait regulasi yang akan dikeluarkan di sektor perumahan,” ujarnya.

Pembebasan pengenaan PPN melalui insentif dari pemerintah dan disinergikan dengan registrasi unit rumah pada aplikasi SiKumbang bisa menjadi acuan data untuk melakukan kajian lebih lanjut maupun mengukur berbagai dampak yang bisa terjadi pada industri perumahan.

Bahkan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebut, potensi dari insentif ini bisa memberikan kontribusi pertumbuhan produk domerstik bruto (PDB) mencapai 0,6-1,4 persen dengan potensi penyerapan tenaga kerja mencapai 4,23 juta orang khususnya melalui 174 industri multiplayer effect dari sektor properti.

“Insentif ini jugga telah memberikan dampak pada pergerakan pasar yang mulai bergeser ke segmen menengah ke atas dalam dua kuartal pada tahun 2021 ini. Saat ini realisasi pemberian insentif PPN bila dihitung dalam data penerimaan pajak  hingga akhir Agustus 2021 mencapai 12,4 persen,” imbuh Arief.

Statusnya sebagai karyawan lepasan mengganjal pengajuan KPR untuk miliki rumah. Lalu bagaimana cara ia bisa mewujudkan rumah idamannya? simak video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kerja Sama Pengembang-Perbankan Ini Hadirkan Bunga Ringan Dan Kemudahan Lain

RumahCom – Kolaborasi antar pengembang dan perbankan terus dilakukan. Township Modernland Cilejit menggandeng Bank BRI untuk memberikan program pembiayaan KPR dan layanan perbankan lainnya dengan be

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Sosialisasi Hunian Vertikal, Rusun Untuk Milenial Dibangun Di Kota Batam

RumahCom – Kementerian PUPR terus membangun banyak fasilitas Rusun di berbagai wilayah khususnya untuk kalangan mahasiswa. Rusun untuk mahasiswa ini sebagai bentuk dukungan untuk menciptakan SDM yan

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

KPR Subsidi FLPP Tersalurkan Lebih 86 Persen

RumahCom – PPDPP terus menggenjot penyaluran KPR subsidi FLPP hingga Oktober 2021. Hingga medio September ini dana FLPP yang telah disalurkan kepada kalangan MBR telah mencapai lebih dari 86 persen

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Rumah Di Jakarta Timur Ini Dihadirkan Untuk Nostalgia Hunian Masa Lalu

RumahCom – Pengembang APL menghadirkan produk rumah tapak baru di wilayah Jakarta Timur yang dikonsep sebagai hunian kelas atas era zaman dulu. Untuk menghadirkan konsep itu digandeng arsitek, inter

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Pengembang Bisa Raih Lebih Rp1 Triliun Dari Penjualan Produk Yang Dapat Insentif PPN

RumahCom – Rumah tapak telah menjadi penopang bisnis banyak kalangan pengembang. Ciputra Group bisa meraih marketing sales mencapai Rp3,5 triliun pada semester pertama 2021 dan 85 persennya dari pro

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Masukan