Penataan Kawasan Kumuh Di Daerah Bisa Disinkronkan Dengan Program Pemerintah Pusat

September 15, 2021

RumahCom – Ada banyak program infrastruktur perumahan yang bisa disinergikan dengan program di daerah untuk meningkatkan kawasan hunian maupun pengentasan kawasan kumuh. Kememteriann PUPR terus mendorong pemerintah daerah dan kota untuk mendata kawasan kumuh di daerahnya dan bersinergi dengan program Kementerian PUPR.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemerintah daerah dan kota untuk fokus pada integrasi program infrastruktur dan perumahan di kawasan kumuh yang ada di daerahnya masing-masing. Selain itu, pemda dan pemkot juga harus terus meningkatkan koordinasi yang ada di daerahnya masing-masing selain koordinasi untuk program perumahan dengan kementerian dan lembaga lainnya.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, berdasarkan arahan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, ke depan seluruh program infrastruktur dan perumahan harus terintegrasi dengan baik dan harus  fokus pada penanganan kawasan kumuh di berbagai daerah.

“Adanya integrasi program dan penetapan lokasi kawasan kumuh di berbagai daerah bisa mempermudah penyaluran bantuan program pembangunan dari pemerintah pusat. Selain itu bisa dipantau dan didata lebih mudah daerah yang telah ditetapkan sebagai kawasan bebas kumuh harus mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakatnya,” ujarnya.

Untuk mempermudah koordinasi program perumahan di daerah, jelas Khalawi, setiap pemda harus bisa berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) serta Satuan Kerja Penyediaan Perumahan yang ada di daerah. Ada banyak program infrastruktur di bidang perumahan yang bisa mengentaskan kawasan kumuh.

“Berbagai program Kementerian PUPR untuk pengentasan kawasan kumuh antara lain program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah, program pembangunan sanitasi dan air bersih, dan sebagainya. Jadi untuk setiap pemda silahkan mengusulkan bantuan yang dibutuhkan sehingga bisa mempercepat penyelesaian kawasan kumuh daerahnya,” imbuhnya.

Walikota Padang Hendri Sapta menyampaikan apresiasinya terkait berbagai program khususnya untuk penataan infrastruktur perumahan di daerah-daerah. Kementerian PUPR juga telah menganggarkan untuk meningkatkan kualitas perumahan sebanyak 300 unit di Kota Padang.

“Berbagai program bantuan untuk sektor perumahan dari pemerintah pusat ini sangat membantu pemerintah daerah khususnya di masa pandemi ini. Hal ini karena terbatasnya anggaran karena berbagai realokasi untuk penanganan pandemi sehingga adanya program dari pemerintah pusat bisa sangat membantu kami. Di Kota Padang sendiri ada sekitar 9.000 unit rumah yang tidak layak huni dan kami akan terus meningkatkan koordinasi dengan Kementerian PUPR supaya penanganannya bisa dilakukan secara bertahap,” katanya.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sosialisasi Hunian Vertikal, Rusun Untuk Milenial Dibangun Di Kota Batam

RumahCom – Kementerian PUPR terus membangun banyak fasilitas Rusun di berbagai wilayah khususnya untuk kalangan mahasiswa. Rusun untuk mahasiswa ini sebagai bentuk dukungan untuk menciptakan SDM yan

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

KPR Subsidi FLPP Tersalurkan Lebih 86 Persen

RumahCom – PPDPP terus menggenjot penyaluran KPR subsidi FLPP hingga Oktober 2021. Hingga medio September ini dana FLPP yang telah disalurkan kepada kalangan MBR telah mencapai lebih dari 86 persen

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Rumah Di Jakarta Timur Ini Dihadirkan Untuk Nostalgia Hunian Masa Lalu

RumahCom – Pengembang APL menghadirkan produk rumah tapak baru di wilayah Jakarta Timur yang dikonsep sebagai hunian kelas atas era zaman dulu. Untuk menghadirkan konsep itu digandeng arsitek, inter

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Pengembang Bisa Raih Lebih Rp1 Triliun Dari Penjualan Produk Yang Dapat Insentif PPN

RumahCom – Rumah tapak telah menjadi penopang bisnis banyak kalangan pengembang. Ciputra Group bisa meraih marketing sales mencapai Rp3,5 triliun pada semester pertama 2021 dan 85 persennya dari pro

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Aplikasi Ini Mencantumkan Listing Rumah Subsidi Hingga Komersial

RumahCom – Pemerintah melalui PPDPP akan menampilkann listing produk hunian komersial yang mendapatkan insentif pembebasan PPN. Hal ini membuat aplikasi SiKumbang bisa diarahkan untuk menjadi big da

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

Masukan