300 Unit Rumah Instan Sehat Dibangun Di Perbatasan Timor Leste

September 15, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan hunian untuk masyarakat yang berhak di berbagai wilayah. Salah satunya di wilayah perbatasan negara dengan Timor Leste yang dibangun hunian dengan teknologi rumah instan sehat Risha sebanyak 300 unit.

Pembangunan untuk memperbanyak sarana hunian terus dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ada berbagai program dari Kementerian PUPR untuk fasilitas hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) seperti bedah rumah, pembangunan prasarana sarana utilitas (PSU), rumah susun (Rusun), dan sebagainya.

Salah satunya Kementerian PUPR membangun fasilitas hunian berupa pembangunan rumah khusus (Rusus) untuk masyarakat di wilayah perbatasan tepatnya di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupaka  wilayah perbatasan negara Indonesia  dengan Timor Leste. Rusus ini digunakan untuk para WNI eks pengungsi Timor Timur.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan proyek Rusus ini merupakan komitmen pemerintah untuk penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat sekaligus untuk terus mendorong program sejuta rumah. Ini juga bagian dari pemerataan hasil-hasil pembangunan di seluruh pelosok negeri khususnya wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

“Pembangunan sarana hunian khususnya untuk masyarakat di kawasan 3T menjadi bukti dan komitmen pemerintah dalam penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat. Dengan sarana hunian yang baik diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat karena telah memiliki rumah yang layak, sehat, dan nyaman,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Belu sendiri sebelumnya telah mengusulkan untuk pembangunan Rusus ini sebanyak 450 unit. Hunian sebanyak ini sebanyak 400 unit untuk di daerah perbatasan dan 50 unit untuk asrama Brimob. Dari usulan ini telah dilaksanakan proses pembangunan sejumlah 300 unit yang dilakukan bertahap sejak tahun 2020 lalu.

Pembangunan 300 unit Rusus ini dibagi dalam tiga tahap dengan masing-masing 100 unit setiap tahapnya. Ke-300 unit Rusus ini juga dibangun menggunakan teknologi rumah instan sederhana sehat (Risha) hasil pengembangan Kementerian PUPR. Tipe rumahnya 36 m2 dan tahap pertamanya dibangun di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, dan saat ini pembangunannya telah selesai dan sudah mulai dihuni.

Untuk tahap kedua dibangun di lokasi yang sama dan saat ini proses konstruksinya telah mencapai 65,6 persen. Sedangkan tahap ketiga masuk ke dalam paket program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021 dan saat ini masih dalam proses lelang. Pembangunan tahap ketiga ini rencananya dilakukan di Desa Rafae, Kecamatan Raimanuk.

“Pemerintah akan terus mendorong dan memperbanyak program fasilitas hunian baik berupa Rusun, Rusus, bedah rumah, dan lainnya. Pihak pemerintah daerah juga bisa mengusulkan masyarakatnya yang huniannya tidak layak maupun kawasan kumuh untuk disinergikan dengan program perumahan pemerintah pusat,” imbuh Basuki.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pengembang Bisa Raih Lebih Rp1 Triliun Dari Penjualan Produk Yang Dapat Insentif PPN

RumahCom – Rumah tapak telah menjadi penopang bisnis banyak kalangan pengembang. Ciputra Group bisa meraih marketing sales mencapai Rp3,5 triliun pada semester pertama 2021 dan 85 persennya dari pro

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2021

Aplikasi Ini Mencantumkan Listing Rumah Subsidi Hingga Komersial

RumahCom – Pemerintah melalui PPDPP akan menampilkann listing produk hunian komersial yang mendapatkan insentif pembebasan PPN. Hal ini membuat aplikasi SiKumbang bisa diarahkan untuk menjadi big da

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

Penataan Kawasan Kumuh Di Daerah Bisa Disinkronkan Dengan Program Pemerintah Pusat

RumahCom – Ada banyak program infrastruktur perumahan yang bisa disinergikan dengan program di daerah untuk meningkatkan kawasan hunian maupun pengentasan kawasan kumuh. Kememteriann PUPR terus mend

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

Kolaborasi Pengembang-Perbankan Hadirkan Bunga KPR 3 Persenan

RumahCom – Kalangan pengembang dan perbankan terus berkolaborasi untuk menghadirkan berbagai kemudahan membeli rumah. Pengembang Metland bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Bank BSI untuk menghadir

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

Sekarang Saatnya Beli Rumah Dengan Lebih Mudah

RumahCom – Membeli rumah saat pandemi Covid-19 bisa lebih mudah dengan berbagai kemudahan pembiayaan dari perbankan. Bank Mandiri memiliki banyak produk KPR dengan suku bunga mulai 3 persenan dan be

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

Masukan