Ribuan Unit Rusun Dan Ratusan Unit Rusus Dibangun Di Kepulauan Tanimbar

September 16, 2021

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pemerintah daerah untuk mensinkronkan program pembangunan perumahan dengan pemerintah pusat. Di Kabupaten Tanimbar berbagai program perumahan telah dilaksanakan seperti pembangunan rumah khusus, rumah susun, dan berbagai infrastruktur perumahan lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menghimbau kepada seluruh pemerintah daerah agar mensinergikan program perumahan maupun penataan kawasan kumuh di daerah dengan program pemerintah pusat melalui  Kementerian PUPR.

Karena itu sinkronisasi maupun koordinasi perlu terus dilakukan khususnya melalui Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Belum lama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melakukan audensi untuk program pembangunan perumahan di wilayahnya. Ada beberapa program yang akan dijalankan seperti rumah khusus (Rusus), rumah susun (Rusun), penataan kawasan kumuh, dan lainnya.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, pembangunan perumahan bagi masyarakat khususnya di wilayah perbatasan seperti Provinsi Maluku merupakan salah satu upaya Kementerian PUPR yang terus didorong untuk terus meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia melalui program perumahan.

“Kabupaten Tanimbar ini merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan Australia dan merupakan salah satu target kawasan yang pembangunan infrastruktur dan perumahannya terus didorong. Hal in untuk terus memajukan daerah perbatasan supaya bisa meningkatkan kehidupan masyarakat dan menjadi daerah yang berkembang,” ujarnya.

Program pembangunan dari Kementerian PUPR untuk wilayah Maluku sendiri telah dianggarkan dan dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu. Hingga saat ini beberapa program telah dilaksanakan seperti pembangunan Rusus sebanyak 164 unit, rumah swadaya 1.953 unit, satu tower Rusun, dan berbagai infrastruktur perumahan lainnya.

Saat ini juga tengah dibangun satu tower Rusun dalam rangka pemanfaatan lahan supaya lebih efektif dan berdaya guna. Rusun yang dibangun itu berada di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Saumlaki, yang diperuntukan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatolon mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan program infrastruktur dan perumahan dari Kementerian PUPR untuk terus mendorong kelayakan masyarakat dengan hunian yang lebih sehat dan layak huni.

“Kami juga terus meningkatkan koordinasi dengan Kementerian PUPR khususnya untuk penyediaan sarana hunian maupun pengentasan kawasan kumuh dan hunian masyarakat yang tidak layak. Saat ini juga masih banyak pulau-pulau di Maluku yang masih membutuhkan dorongan untuk pembangunan kawasannya,” imbuhnya.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sekarang Saatnya Beli Rumah Dengan Lebih Mudah

RumahCom – Membeli rumah saat pandemi Covid-19 bisa lebih mudah dengan berbagai kemudahan pembiayaan dari perbankan. Bank Mandiri memiliki banyak produk KPR dengan suku bunga mulai 3 persenan dan be

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

300 Unit Rumah Instan Sehat Dibangun Di Perbatasan Timor Leste

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan hunian untuk masyarakat yang berhak di berbagai wilayah. Salah satunya di wilayah perbatasan negara dengan Timor Leste yang dibangun hunian de

Lanjutkan membacaSeptember 15, 2021

Jakarta Permudah Proses Perizinan Sektor Properti, Bisa Bikin Harga Lebih Murah

RumahCom – Pemprov DKI Jakarta memangkas proses perizinan khususnya untuk sektor properti. Pengajuan perizinan untuk sektor properti yang tadinya bisa mencapai 360 hari dipangkas jadi 57 hari bahkan

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2021

Ini Berbagai Upaya Pemerintah Untuk Mengurangi Konflik Pertanahan

RumahCom – Pemerintah terus mendorong pendaftaran tanah melalui PTSL dan redistribusi tanah yang lebih berkeadilan. Tanah yang telah terdaftar akan mengurangi konflik dan bila terjadi sengketa penye

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2021

Bogor Banyak Menawarkan Rumah Untuk Milenial Seharga Rp300 Jutaan

RumahCom – Pengembang terus memenuhi pasar untuk segmen rumah menangah seharga  Rp300 jutaan yang pasarnya sangat besar. Segmen ini cocok untuk pekerja milenial bergaji Rp7 jutaan dengan cicilan KP

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2021

Masukan