Presiden Jokowi Resmikan Rusun 25 Lantai Pasar Rumput

September 20, 2021

RumahCom – Rusun Pasar Rumput telah menyelesaikan pembangunannya dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk penataan kawasan kumuh hingga menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat perkotaan. Rusun 25 lantai yang diintegrasikan dengan pasar dan Transjakarta ini juga untuk menampung warga yang terdampak normalisasi Sungai Ciliwung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rumah susun (Rusun) Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan. Rusun ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2016 lalu yang merupakan salah satu rencana strategis pemerintah untuk terus memperbanyak hunian vertikal di pusat-pusat keramaian seperti pasar, terminal, stasiun, dan lainnya.

Rusun Pasar Rumput sendiri dibangun menggunakan dana APBN sebesar Rp970 miliar yang terintegrasi dengan pasar dan sarana transportasi Transjakarta dengan menyediakan banyak fasilitas. Jokowi menyebut Rusun ini akan memudahkan fasilitas hunian masyarakat perkotaan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan hanya berjalan kaki.

“Adanya Rusun Pasar Rumput ini bisa mempermudah masyarakat untuk memiliki hunian yang layak sekaligus melakukan berbagai aktivitas ekonomi seperti berdagang maupun kegiatan ekonomi lainnya. Pemerintah akan terus memperbanyak konsep hunian yang diintegrasikan dengan berbagai sarana lainnya seperti ini untuk memaksimalkan lahan di perkotaan,” ujarnya.

Karena itu, imbuh Jokowi, Kementerian PUPR yang telah membangun Rusun Pasar Rumput ini menjadi hunian yang istimewa karena dibangun berdasarkan konsep mixed use development. Artinya, di dalam kompleks ini bukan hanya ada hunian tapi juga dilengkapi dengan fasilitas hunian yang lengkap dengan pasar serta fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya.

Rusun Pasar Rumput ini dibangun sebanyak tiga tower dengan masing-masing tower setinggi 25 lantai. Setiap lantainya juga diatur untuk memiliki fungs-fungsi properti yang beragam, misalnya di lantai satu untuk pasar dan kios sebanyak 318 kios dann 350 los, lantai dua untuk pasar dengan 649 kios.

Kemudian di lantai tiga digunakan untuk sejumlah fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) seperti pendidikan anak usia dini (PAUD) masjid, dan ruang terbuka. Sementara itu lantai empat hingga 24 diperuntukan sebagai hunian atau unit apartemen dengan jumlah 1.984 unit tipe 36 m2. Setiap unitnya juga telah dilengkapi dengan pendingin udara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Rusun Pasar Rumput ini termasuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) yang dipertuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jakarta dan diharapkan bisa mengurangi kawasan kumuh kota serta menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat.

“Lokasi Rusun Pasar Rumput juga sangat strategis karena dekat ke Terminal Manggarai dan Stasiun KRL Manggarai sehingga akan memudahkan mobilitas masyarakat menggunakan trannsportasi publik. Rusun ini juga bisa digunakan untuk menampung masyarakat di sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai,” bebernya.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ribuan Unit Rusun Dan Ratusan Unit Rusus Dibangun Di Kepulauan Tanimbar

RumahCom – Kementerian PUPR terus mendorong pemerintah daerah untuk mensinkronkan program pembangunan perumahan dengan pemerintah pusat. Di Kabupaten Tanimbar berbagai program perumahan telah dilaks

Lanjutkan membacaSeptember 16, 2021

Gandeng Bank BUMN, Rumah Di Karawang Dapat Banyak Kemudahan

RumahCom – Kolaborasi yang dilakukan kalangan pengembang dan perbankan bisa mengeluarkan banyak kemudahan untuk membeli rumah. Bank BTN berkolaborasi dengan pengembang Citra Swarna Group dengan prod

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Keuntungan Apartemen Di Jakarta, Sudah Berperabot Hingga Ada Yang Mengelola

RumahCom – Saat ini menjadi timing yang tepat untuk membeli produk properti karena ada banyak tawaran kemudahan. Apartemen Ciputra International seharga Rp1,2 miliar, bisa didapatkan dengan uang muk

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Bahu Membahu Pemerintah Pusat-Pemprov DKI Bangun Tanggul Laut

RumahCom – Pembangunan tanggul laut Jakarta terus dikebut oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Tanggul laut ini memiliki banyak fungsi antara lain mengurangi banji

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Potensi Unit Apartemen Di Kawasan CBD Masih Oke

RumahCom – Progres proyek yang baik merupakan komitmen dan bukti nyata yang bisa dilihat konsumen dan itu sangat penting saat situasi pandemi ini. Progres proyek yang baik juga masih menghasilkan ke

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Masukan