KPR Subsidi FLPP Dialihkan Ke Tapera, Validasi Debitur Hampir Capai 97 Persen

September 20, 2021

RumahCom – PPDPP terus melakukan persiapan untuk mengintegrasikan berbagai sistem penyaluran KPR subsidi FLPP ke BP Tapera pada akhir bulan Oktober 2021. Validasi debitur FLPP hingga saat ini telah mencapa 96 persenan untuk kalangan MBR yang telah mendapatkan dana FLPP sejak tahun 2010 lalu.

Sehubungan dengan batas waktu penyelesaian penyaluran dana KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) tahun 2021 pada akhir Oktober mendatang, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) terus melakukan berbagai persiapan pengalihan dana FLPP ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Salah satunya untuk memastikan keabsahan data penerima FLPP yaitu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang disalurkan PPDPP sejak tahun 2010 lalu. Hal ini merupakan salah satu upaya memastikan akuntabilitas yang merupakan hal utama dalam mengelola dana FLPP yang dapat dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, hingga saat ini PPDPP telah mengidentifikasi sebanyak 146.410 data nomor induk kependudukann (NIK) debitur FLPP sebagai data anomali. Data ini bersumber dari hasil pencocokan data sejak tahun 2016 yang terdiri dari 84.067 NIK yang telah divalidasi oleh Dukcapil dan 62.343 NIK oleh PPDPP.

“Setelah dilakukan pencocokan data, sebanyak 141.499 data NIK atau sebesar 96,65 persen telah dinyatakan valid. Sisanya sebanyak 4.911 data NIK atau 3,35 persen akan diselesaikan bersama dengan bank pelaksana hingga akhir tahun 2021 nanti sambil pengintegrasian dengan BP Tapera,” ujarnya.

Data-data ini juga bisa menjadi pegangan bagi BP Tapera untuk melanjutkan program FLPP ke depan khususnya terkait akuntabiltas yang sudah diterapkan selama ini sehingga harus dipertahankan. Ke depan, BP Tapera juga harus meemastikan kalau NIK yang digunakan memang dihuni rumahnya oleh debitur.

Sementara itu kriteria anomali yang dimaksud yaitu sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah (PP) No. 40 Tahun 2019 tentang administrasi  kependudukan dan telah diubah dengan UU No. 24 Tahun 2013 atas perubahan UU No. 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

Hal ini juga terus disampaikan ke 39 bank pelaksana termasuk melibatkan pengelolaan informasi administrasi dan kependudukan (PIAK) Ditjen Kependudukann dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Telah dilakukan juga penandatanganan berita acara serah terima (BAST) hasil verifikasi NIK debitur FLPP dari PPDPP kepada bank pelaksana.

“Sejak tahun 2010 lalu PPDPP telah bekerjasama dengan 39 bank pelaksana dalam menyalurkan dana FLPP. Bank-bank ini  memiliki kewajiban untuk melaporkan jadwal angsurannya hingga debitur FLPP itu dinyatakan lunas dan ini juga beberapa hal teknis yang akan diintegrasikan ke BP Tapera,” imbuh Arief.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Keuntungan Apartemen Di Jakarta, Sudah Berperabot Hingga Ada Yang Mengelola

RumahCom – Saat ini menjadi timing yang tepat untuk membeli produk properti karena ada banyak tawaran kemudahan. Apartemen Ciputra International seharga Rp1,2 miliar, bisa didapatkan dengan uang muk

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Bahu Membahu Pemerintah Pusat-Pemprov DKI Bangun Tanggul Laut

RumahCom – Pembangunan tanggul laut Jakarta terus dikebut oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Tanggul laut ini memiliki banyak fungsi antara lain mengurangi banji

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Potensi Unit Apartemen Di Kawasan CBD Masih Oke

RumahCom – Progres proyek yang baik merupakan komitmen dan bukti nyata yang bisa dilihat konsumen dan itu sangat penting saat situasi pandemi ini. Progres proyek yang baik juga masih menghasilkan ke

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Presiden Jokowi Resmikan Rusun 25 Lantai Pasar Rumput

RumahCom – Rusun Pasar Rumput telah menyelesaikan pembangunannya dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk penataan kawasan kumuh hingga menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat perkotaan. Rusun

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

Lockdown Justru Meningkatkan Harga Properti Di Australia 6-9 Persen

RumahCom – Sektor properti tetap akan mengalami kenaikan di tengah berbagai kendala karena pandemi Covid-19. Kota-kota besar di Australia misalnya, akan mengalami kenaikan harga 6-9 persen hingga 12

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

Masukan